Interviews

Memanfaatkan Internet Secara Maksimal untuk Membangun Mentrend.com ala Tondi Nugraha

 

   

Menjadi seorang enterpreneur muda bukanlah lagi sebuah impian dari seorang Tondi Nugraha Siregar(24). Sejak memulai bisnis saat masih menjadi seorang mahasiswa di Teknik Geodesi dan Geomatika ITB, ia sudah mulai mempelajari apa dan bagaimana berbisnis melalui internet. Dari mulai membuat website, menaikkan traffic, SEO dan lain sebagainya. Dan ternyata itu berimbas pada kesuksesan yang ia capai saat ini. Kini produk yang ia tawarkan sudah dikenal hampir ke seluruh wilayah di Indonesia. Fokus pada produk fashion pria, ia akan selalu berusaha untuk bisa memenuhi setiap kebutuhan pria melalui Mentrend.com.

Halo Bapak Tondi, Sebelumnya apa sih Mentrend itu?

MenTrend memiliki visi menjadi “one stop shop” untuk segala produk fashion pria. Namun saat ini kami masih fokus pada penjualan sepatu pria. Sesuai dengan nama yang kami gunakan yaitu mentrend, kami memang merancang platform ini menjadi sebuah “curated commerce” untuk para pria yang ingin up to date dengan tren masa kini. Untuk menunjang hal tersebut kami bekerjasama dengan banyak brand lokal yang memiliki produk berkualitas dan selalu update dalam setiap desain produk yang mereka hasilkan. Sekarang ini sepatu jenis boot sedang banyak dicari oleh pelanggan kami.

Untuk ide awal saya mendirikan Mentrend ini sendiri, karena saya bukan berasal dari kota besar, sehingga di kota asal saya sangat sulit untuk memperoleh produk yang bagus dan berkualitas, seperti sepatu, baju, dan lain-lain. Sehingga, dengan memanfaatkan internet, saya ingin menjangkau orang-orang yang tidak tinggal di kota besar agar bisa turut menikmati produk yang berkualitas dengan design dan model terbaru.

Lalu bagaimana Bapak memasarkan produk di Mentrend ini sendiri?

MenTrend.com fokus pada digital marketing terutama lewat SEO. Karena memang dari awal saya terjun ke dunia internet, SEO adalah hal pertama yang saya pelajari. Impact dari media pemasaran ini cukup terasa untuk MenTrend.com. Dari yang tadinya tidak ada yang mengenal, kini kami memiliki brand yang cukup dikenal di dunia internet, khususnya untuk produk sepatu pria. Kami juga memanfaatkan media pemasaran lainnya seperti facebook marketing dan juga email marketing.

Pelanggan kami sudah cukup menyebar ke seluruh Indonesia. Bahkan ada beberapa orang yang berasal dari Papua. Inilah mengapa saya memilih internet sebagai fokus utama dalam pemasaran. Karena internet bisa meminimalisir kendala dalam hal lokasi. Kita bisa memasarkan kemana saja yang kita mau.

Wah benar – benar memaksimalkan internet untuk bisnis berarti ya Pak. Dan jika bicara harga, bagaimana Bapak menyeimbangkan antara harga produk dengan kualitas yang diberikan?

Kami bekerjasama langsung dengan supplier resmi untuk beberapa produk, sehingga bisa dipastikan produk yang dijual adalah produk asli dan sudah melalui proses quality control terlebih dahulu sebelum sampai ke pembeli. Hal ini sudah menjadi keharusan karena kami harus menjaga nama baik MenTrend.com.

Harga produk yang ditawarkan tentu saja disesuaikan dengan daya beli pelanggan. Karena kami saat ini fokus untuk pasar mid-end jadi harga produk yang diberikan juga tidak terlalu jauh dari daya beli target pasar tersebut. Sebelum menentukan harga, kami pun menyesuaikan dengan jenis dan spesifikasi produk yang ditawarkan. Sepatu dengan bahan kulit misalnya, harganya akan sedikit lebih tinggi daripada sepatu dengan bahan kanvas. Tapi, apapun produk yang ingin dibeli pelanggan, kami tetap memberikan pelayanan maksimal.

Lalu sebenarnya bagaimana dengan latar belakang Bapak saat mulai bisnis ini?

Saya terjun ke dunia entrepreneur karena sewaktu kuliah saya ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk mengisi kantong karena saya mahasiswa rantau dengan uang bulanan yang pas-pasan. Saya lalu berniat membuat usaha kecil-kecilan. Karena modal minim saya lalu cari info bagaimana membuka usaha dengan modal terbatas, dan akhirnya terjun ke bisnis internet.

Langkah awal yang saya lakukan adalah mempelajari hampir semua hal yang berkaitan dengan bisnis internet mulai dari belajar membuat website, mendatangkan traffic, dan lain sebagainya. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk konsisten di bisnis e-commerce produk fashion pria, khususnya sepatu.

Sebenarnya, saya awalnya tidak ada cita – cita untuk berbisnis e-commerce seperti sekarang ini, karena saya sama sekali tidak mengenal hal ini sebelumnya. Tapi akhirnya saya menyadari bahwa bisnis internet merupakan passion saya dan saya memutuskan untuk mendalaminya sampai saat ini.

Adakah pengorbanan yang menurut Bapak pernah dilakukan untuk menjadi seorang enterpreneur seperti saat ini?

Sebenarnya saya tidak pernah merasa berkorban, karena saya menjalani semua hal tersebut dengan senang hati dan enjoy. Mungkin yang bagian yang terberat adalah pada saat awal saya membangun usaha orangtua saya kurang setuju karena mereka mengharapkan saya berkarir di instansi pemerintahan. Tapi karena jiwa saya bukan disana, saya berusaha memberikan pengertian kepada orangtua saya.

Lalu apa yang membuat bisnis Bapak berbeda dengan bisnis lain yang serupa dengan ini?

MenTrend.com selalu menghadirkan produk baru hampir setiap minggu. Karena itulah produk kami selalu fresh dan selalu menyesuaikan dengan trend saat ini. Dan hampir 80% brand yang ada di MenTrend.com merupakan brand lokal karena kami memang ingin tumbuh besar bersama mereka. Kami terus memberikan yang terbaik dan melakukan perbaikan setiap hari, demi memberikan pelayanan terbaik ke customer bukan ke persaingan.

Jika begitu, berarti Mentrend sendiri sudah memiliki banyak prestasi ya Pak? Lalu apa saja prestasi yang sudah pernah diraih?

Semua achievement yang saya peroleh saya anggap sebagai prestasi. Karena saya memulai semuanya dari tidak mengetahui apapun tentang entrepreneur apalagi digital marketing. Semua perjalanan itu merupakan prestasi bagi saya.

Jadi begitu Pak. Dan bagaimana dengan pengalaman paling berkesan menurut Bapak?

Ketika saya bisa berjualan ke seluruh Indonesia kepada orang yang sama sekali tidak saya kenal. Tapi yang paling berkesan bagi saya adalah ketika mulai banyak brand lokal yang mengajak saya bekerjasama untuk turut memasarkan produk mereka.

Lalu bagaimana Bapak menilai ruang lingkup market untuk bisnis Bapak ini?

Pasar untuk produk yang kami tawarkan masih sangat luas. Dan juga minat terhadap brand lokal sudah mulai meningkat. Dengan memanfaatkan digital marketing, MenTrend.com akan semakin meningkatkan awareness masyarakat terhadap brand lokal ke seluruh wilayah Indonesia sehingga industri fashion lokal dapat terus tumbuh.

Dalam sebuah bisnis tentu saja akan ada banyak tantangan dan kendala yang harus dihadapi. Lalu bagaimana dengan bisnis yang Bapak sedang jalani saat ini?

Tantangan yang paling berat bagi saya adalah bagaimana meyakinkan orang tua saya agar mau merestui keinginan saya untuk berbisnis. Meskipun sampai sekarang mereka belum sepenuhnya rela. Saya tetap melaporkan kemajuan bisnis saya setiap bulannya.

Banyak tantangan lain selain itu, tapi semuanya saya anggap sebagai kesempatan untuk terus belajar. Karena kalau tidak ada tantangan saya jadi malas berpikir. Ketika dihadapkan dengan suatu masalah saya jadi bisa belajar lebih cepat dan bekerja lebih cepat untuk menemukan solusi.

Lalu apa rencana Bapak untuk kedepannya?

Wah, ada banyak sekali rencana saya ke depannya. Pasti sangat panjang kalau ditulis semuanya. Tapi intinya tetap bagaimana saya bisa terus memajukan MenTrend.com menjadi lebih besar lagi dan menjadi one stop solution untuk segala kebutuhan fashion pria.

Siapa sih orang atau adakah quote yang paling memotivasi Anda untuk menjadi enterpreneur ini?

Ada dua quote yang berkesan menurut saya, yang pertama adalah “Repetition is the mother of all skill” dan yang kedua adalah “Work hard, it always pays off”. Seorang entrepreneur haruslah tahan banting dan terus bekerja keras untuk mencoba dan mempejari suatu hal secara konsisten. Hanya dengan cara tersebut kita bisa mengusai suatu bidang sampai kepada detilnya dan bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Wah benar sekali itu Pak. Dan yang terakhir nih Pak, adakah pesan yang ingin Anda sampaikan untuk pembaca atau enterpreneur lain di luar sana?

Kemajuan teknologi khususnya di dunia internet adalah harta yang tak ternilai bagi siapapun yang bisa memanfaatkannya secara maksimal. Pelajari hal tersebut dengan serius maka Anda bisa menjual apapun. Dan jangan pernah takut gagal, Anda justru sudah 100% gagal dengan tidak mencoba sama sekali.

Terimakasih untuk kesempatannya berbagai bersama kami Pak. Semoga Mentrend akan dan selalu sukses :)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *