Interviews

Memanfaatkan Perkembangan Teknologi, Razordistro Menjadi Bisnis Online yang Selalu Dicari

 

   

Lulusan sarjana teknik, Riza Habibie(26) tidak menghambat kreatifitas dan keinginannya untuk membangun sebuah bisnis miliknya sendiri. Bermula dari berjualan secara sederhana, saat ini Razordistro yang menjadi toko online miliknya telah sukses memasarkan produknya hingga ke daerah Papua. Kerja keras dan pantang menyerah adalah salah satu kunci kesuksesan dari Bapak Riza sendiri. Lalu bagaimana cerita beliau bersama dengan bisnis Razordistro selanjutnya?

Halo Bapak Riza, bisa diceritakan bagaimana awal Bapak Riza masuk sebagai seorang enterpreneur?

Cerita berawal dari coba-coba menjual kaos ke tetangga, kerabat dan kawan lainnya, dengan harga yang bersahabat dan kualitas yang tentu saja bisa bersaing. Ternyata kaos yang dijual, banyak peminatnya. Sehingga kita mulai mengembangkan bisnis ini ke penjualan secara online untuk ke seluruh Indonesia, sehingga dibuatlah website www.razordistro.com.

Pengorbanan terbesar ialah modal yang dikeluarkan dalam memulai bisnis ini, karena tidak sedikit yang harus dikeluarkan unutk memulai bisnis kaos seperti ini.

Lalu apa sebenarnya Razordistro ini? Apa memang toko online yang khusus menjual kaos, atau bagaimana?

Bisnis ini bergerak di bidang fashion, dengan tujuan pemasaran ke seluruh Indonesia. Adapun penjualan kita bisa system dropship. Harga yang kita tawarkan juga murah, dimulai dari Rp 35000 untuk paket Usaha.

Bisnis Razordistro ini sendiri dilatarbelakangi oleh perkembangan industry fashion yang semakin pesat, khususnya kaos yang makin lama makin banyak diminati oleh seluruh kalangan, dan juga desain-desain yang selalu update setiap saatnya.

Kami juga melakukan pemasaran melalui iklan berbayar seperti Google Adwords dengan tujuan pasar Indonesia. Penjualan kita pun bisa eceran dan grosiran. Untuk pengiriman kita yang paling jauh yaitu ke daera Wamena, Papua.

Nah, lalu produk apa saja yang paling sering dipesan pelanggan Pak?

Karena yang kita jual hanya kaos distro, jadi secara keseluruhan ramai dipasaran. Hanya saja motif desain tiap kaos yang membedakan. Jika desain bagus, maka kaos dengan desain tersebut akan cepat habis.

Untuk harga jual kita bisa bersaing dengan kualias kaos, bagi pelanggan yang mencoba kualitas kaos kita, kita tawarkan dengan hanya membeli 1 pcs saja terlebih dahulu sehingga pelanggan kita yang menilai produk kaos kita.

Lalu apa yang Anda berikan sebagai sentuhan agar Razordistro terlihat berbeda dari toko yang serupa?

Paket usaha yang kita tawarkan hanya Rp 35000/pcs untuk minimal 1 lusin dimana pelanggan bebas memilih motif yang mereka sukai. Ini yang menjadi salah satu daya tarik pelanggan terhadap toko online Razordistro.

Prestasi apa yang Bapak rasa sudah mampu dicapai sejauh ini?

Penjualan kaos yang semakin meningkat setiap periodenya, itu menjadi prestasi paling membanggakan bagi kami, sehingga kamipun terus berusaha untuk mencapai target yang selanjutnya.

Tantangan apa yang pernah Bapak alami selama menjalani bisnis ini?

Persaingan dengan pebisnis lain yang juga menawarkan produk yang tidak kalah kualitasnya, kendala yang sering kita hadapi ialah susahnya memenuhi desain kaos yang diminta para pelanggan kita. Oleh sebab itu kami ingin selalu up to date terhadap perkembangan desain yang terbaru dan tentunya dengan motif – motif yang berkualitas.

Menurut Bapak, siapa tokoh yang menjadi motivasi dalam menjalani bisnis ini?

Yang paling memotifasi adalah orang tua dan istri saya. Karena mereka yang selalu mendukung dan memberikan ide-ide terbaik untuk pemasaran produk kaos kita. Itu sebabnya saya sangat berterimakasih terhadap mereka.

Nah, untuk yang terakhir nih Pak. Saran apa yang dapat Bapak sampaikan seputar bisnis online kepada para pebisnis online lainnya?

Jangan pernah menyerah meskipun pernah gagal, selalu coba ide yang lain jika ide yang pernah kita coba gagal mencapai tujuan.

Wah, memang benar Pak. Yang pasti untuk bisa sukses adalah jangan pantang menyerah. Nah, terimakasih ya Pak untuk waktunya sudah menyempatkan waktu kami wawancarai. Semoga Razordistro semakin dan selalu sukses.

           

Artikel Terkait

1 komentar

  • 2 December 2014 - pukul 17:39

    mantep gan.. semoga jaya selalu (V)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *