Content Marketing e-Marketing & Sales Sosial Media

5 Langkah Membangun Brand Awareness: Penting untuk Diketahui!

 

Brand awareness merujuk pada kemampuan yang dimiliki konsumen untuk mengingat sebuah brand, termasuk nama, logo, slogan, apa yang dijual, dan bagaimana konsep dari brand itu sendiri. Membangun brand awareness adalah hal yang perlu Anda lakukan untuk mengenalkan produk Anda ke masyarakat luas. Ini dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk Anda.

Lantas, bagaimana cara membangun brand awareness agar masyarakat lebih mengenal produk Anda?

Mengapa brand awareness itu penting?

Mempersiapkan strategi untuk membangun brand awareness dapat membuat calon konsumen tidak hanya sekedar mengenal brand Anda, namun juga berpotensi untuk melakukan transaksi pembelian.

Konsumen cenderung membeli produk atau menggunakan jasa dari brand yang sudah mereka kenali. Apabila Anda dapat mempersiapkan konsep bisnis yang tepat, logo, serta tagline yang mudah diingat oleh konsumen, maka brand Anda akan menjadi hal pertama yang muncul pada pikiran mereka jika hendak membeli atau menggunakan sesuatu.

Apabila konsumen merasa puas dengan bisnis Anda, kemungkinan mereka akan merekomendasikan brand Anda kepada orang lain. Maka dari itu, menyiapkan strategi membangun brand awareness dapat diibaratkan sebagai investasi bisnis karena dapat mengundang lebih banyak konsumen untuk mengenali dan berpotensi untuk membeli produk Anda.

Langkah yang perlu Anda lakukan

membangun brand awareness
Sumber: https://www.freepik.com/

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda aplikasikan untuk memperkenalkan brand Anda ke masyarakat yang lebih luas:

1. Menyiapkan logo dan tagline yang menarik dan mudah diingat

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah logo yang ikonik dan eye-catching. Logo yang ikonik dapat menarik perhatian calon konsumen, bahkan berpotensi untuk selalu diingat dalam sekali pandang. Logo juga akan sering muncul di berbagai kegiatan pemasaran Anda, misalnya di poster, website, media sosial, kartu nama, dan lain sebagainya.

Selain mempersiapkan logo, jangan lupa untuk sediakan tagline yang sederhana namun mudah diingat oleh konsumen. Sehingga saat mereka sedang melihat suatu hal yang berkaitan dengan bisnis Anda, mereka dapat dengan mudah mengasosiasikannya dengan brand Anda.

2. Membuat website yang informatif

Selanjutnya, Anda bisa memulai menyiapkan website yang berisi informasi-informasi penting mengenai produk maupun jasa Anda. Usahakan untuk membuat tampilan yang user-friendly agar pengguna tidak merasa kesulitan saat menggunakannya.

Website tersebut dapat Anda jadikan sebagai e-commerce maupun blog yang berisi informasi edukatif mengenai bisnis yang Anda jalankan.

3. Aktif di media sosial adalah kuncian agar brand Anda lebih dikenal

Yang tak kalah penting adalah seberapa aktif Anda menggunakan media sosial bisnis Anda untuk menyebarkan brand awareness pada calon konsumen.

Masyarakat Indonesia setidaknya menghabiskan 3 jam 26 menit setiap harinya untuk berselancar di media sosial. Ini membuktikan bawah media sosial merupakan platform yang tepat untuk menyebarkan brand awareness.

Jika Anda aktif menggunakan media sosial, maka calon pembeli akan lebih sering melihat akun Anda ‘seliweran’ di linimasa mereka. Makin sering mereka terpapar dengan brand Anda, maka makin mereka makin terbiasa dengan nama brand Anda.

Agar dapat menjangkau lebih banyak pengguna yang sesuai dengan karakteristik target pasar bisnis Anda, Anda dapat memanfaatkan fitur promosi. Untuk belajar mengenai digital marketing, baca selengkapnya di sini.

4. Melakukan kolaborasi

Apabila melakukan langkah di atas masih tak kunjung membuat bisnis Anda lebih diketahui banyak orang, mungkin Anda merlu melakukan kolaborasi bersama pihak yang memiliki tujuan dan ranah yang sama dengan bisnis Anda.

Misalnya saja berkolaborasi dengan brand lain untuk menciptakan sebuah produk baru, berkolaborasi dengan influencer media sosial untuk mempromosikan brand Anda, atau melakukan paid promote dengan akun-akun berfollowers banyak yang memiliki pengaruh besar ke masyarakat.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai paid promote, bisa cek artikelnya di sini.

5. Memberi reward secara gratis

Semua orang pasti menyukai hal yang berbau gratis. Manfaatkan fenomena ini untuk menarik perhatian calon konsumen dengan cara memberikan reward seperti freebies atau give away secara cuma-cuma ke pengikut Anda.

Selain memberikan reward secara gratis, Anda juga dapat menggunakan strategi diskon seperti potongan harga, promo bundle, buy 2 get 1 free, atau voucher agar dapat menarik perhatian.

Bagaimana, sudah tahu kan langkah-langkah untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda ke masyarakat luas? Kunjungi website Mebiso untuk membaca lebih banyak informasi mengenai bisnis online lainnya. Semoga artikel ini membantu!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *