Running A Business

Membangun Trust dengan Merangkul Pihak Ketiga

 

   

Trust (kepercayaan) pelanggan adalah hal yang mutlak harus dimenangkan oleh pelaku bisnis. Selain sebagai alasan agar calon pelanggan anda bersedia menjadi pelanggan baru anda, trust harus dibina agar pelanggan baru bersedia bertahan menjadi bagian dari bisnis kita.

Namun seringkali kita jumpai pebisnis yang kesulitan membangun trust ketika mereka akan terjun / ekspansi dari brand offline mereka agar go online. Mungkin bagi mereka, membangun trust secara offline lebih mudah dibandingkan bisnis online. Pernyataan ini tidak ada salahnya. Sebab pada bisnis offline, kepercayaan pelanggan bisa mengalir begitu saja. Misalnya setelah melihat display toko, lokasi kantor, meraba kualitas barang, dsb.

Sedangkan pada media online, anda mungkin harus menyusun strategi-strategi tambahan dan beberapa adaptasi untuk menciptakan trust dari calon pelanggan anda. Kabar baiknya adalah, tidak ada yang membatasi penyusunan strategi dan adaptasi anda. Boleh dikatakan rencana anda terbentang seluas imajinasi anda. Makanya, mari kita jadikan tantangan ini sebagai upaya menyalurkan kreatifitas kita dalam mengembangkan bisnis pada medium yang berbeda.

Salah satu contoh yang menarik mengenai kreatifitas adalah kerjasama antara stasiun TV swasta dengan NTMC Korlantas POLRI yang menayangkan liputan lalu lintas ibu kota. Berdasarkan opini-opini yang beredar di internet, tayangan yang dirilis pada September 2010 ini bisa dikatakan cukup berhasil. Di mana kedua belah pihak bisa saling menguntungkan. Selain naiknya rating acara, pemirsa jadi semakin tertarik dengan sosok polisi yang ternyata bisa berkecimpung di dunia broadcasting. Hal ini sesuai dengan target POLRI untuk jadi lebih dekat dengan masyarakat.

Dari contoh ini bisa kita simpulkan bahwa keterlibatan pihak di balik layar (bahkan kombinasi yang tak terduga sekalipun) BISA jadi salah satu bahan yang efektif untuk menarik perhatian publik.

Semoga ulasan ini bisa jadi bahan pertimbangan yang menarik untuk membantu upaya mengembangkan bisnis anda ;-)


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *