Running A Business

Memberi Dampak pada Perusahaan dari Diri Sendiri

 

Sebuah perusahaan dapat berdiri dan bertahan hingga bertahun – tahun karena mereka memiliki sebuah kebudayaan perusahaan. Apapun jenis bisnis dan usaha Anda, tentu Anda ingin siapapun yang membantu Anda memberikan dampak besar bagi bisnis Anda. Budaya perusahaan harus dibentuk sejak perusahaan itu didirikan. Setiap karyawan yang ada di dalamnya juga berperan besar dalam menciptakan dan melestarikan budaya perusahaan. Lalu bagaimana sebenanrya cara setiap karyawan dalam melestarikan budaya perusahaan dari diri sendiri?

1. Ciptakan budaya diri sendiri

Sebagai seorang karyawan tentu Anda memiliki cara dan kebiasaan bekerja yang Anda ciptakan sendiri. Dengan cara ini biasanya Anda mampu bekerja dan menghasilkan karya dengan mudah, nyaman dan tentu saja maksimal. Dan cara ini juga yang dapat membantu Anda memberikan dampak besar bagi perusahaan tempat Anda bekerja. Dengan kata lain, melalui apa yang biasa Anda lakukan, Anda bisa berperan dan memberi dampak besar bagi perusahaan. Anda hanya perlu melatihnya dan terus mengembangkannya.

2. Gunakan budaya diri Anda untuk mengubah lingkungan

Budaya yang sudah Anda miliki dala diri bisa membantu Anda mengubah lingkungan. Anda bisa mulai dari hal yang kecil, seperti membersihkan meja kerja sebelum mulai bekerja. Hal sepele seperti ini jika Anda lakukan rutin, secara otomatis teman kerja Anda juga akan tertarik untuk melakukannya untuk diri mereka. Bukan tidak mungkin jika ini akan memberikan banyak pengaruh bagi perusahaan tempat Anda bekerja.

3. Terbuka, tranparan dan adil

Konflik, perselisihan dan masalah akan selalu ada dalam sebuah perusahaan. Entah itu antara karyawan dengan karyawan, karyawan dengan perusahaan dan bawahan dengan atasan. Jika Anda berada dalam sebuah perselisihan seperti ini, cobalah untuk bersikap adil dan transparan. Tidak memihak siapapun sekalipun Anda menjadi salah satu teman dekat dari mereka. Anda hanya harus mendengarkan mereka dan memberikan solusi ketika diminta. Tanpa bermaksud menggurui, Anda hanya harus berusaha untuk membantu semampu Anda tanpa merugikan pihak siapapun.

4. Jangan takut menegur atasan

Siapapun yang salah harus sadar dan disadarkan. Tidak terkecuali atasan Anda. Jika Anda menemukan sebuah kesalahan kecil pada atasan Anda baik dari persentasi mereka, penyampaian mereka sampai sikap mereka. Tegurlah dengan cara yang benar dan cara yang sopan. Ucapkan kata teguran dengan cara yang santai sehingga mampu diterima dengan baik.

5. Evaluasi diri

Sebaik – baiknya usaha Anda pasti pernah melakukan salah. Itu sebabnya ketika Anda berusaha memberikan dampak besar bagi perusahaan, jangan lupakan untuk mengevaluasi setiap cara yang Anda lakukan. Keinginan untuk memberi dampak baik bagi lingkungan tidak akan bebas dari kesalahan. Untuk itu penting bagi kita tahu apa yang salah dan benar dari cara kita.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Kesalahan saat Mempertahankan Kredibilitas Diri di Depan Relasi Bisnis

9 Hal yang Diharapkan oleh Bawahan Anda

7 Pelajaran Hidup dari Sebuah Perjalanan Wirausaha


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *