Technology

Membuat Download Button Pada WordPress

 

Loading...

Blog atau situs mengenai panduan dan tutorial pasti tidak lepas dari ebook atau file dokumentasi yang membuat file tersebut bisa dipelajari dan diakses secara offline dan kapan saja baik dari desktop maupun dari mobile, pada kali ini kita akan memberikan tutorial untuk memberikan download button pada blog wordpress Anda. Jadi dengan sekali klik pengunjung bisa memperoleh file dokumentasi yang telah Anda Bagi.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Login ke Dashboard admin wordpress Anda.

2. Kemudian masuk ke menu plugin dan klik add new untuk menambahkan plugin baru.

3. Pada kolom search ketikan “simple download monitor”, lalu kita klik Install Now.

button1

4. Kemudian setelah kita install kita aktifkan plugin tersebut, dan setelah aktif maka akan muncul menu baru dashboard dengan nama Download.

button2

5. Setelah itu kita masuk ke menu Download tersebut lalu kita klik add new untuk menambahkan file untuk bisa di download oleh pengunjung.

button3

6. Kita Berikan judul untuk file downloadnya, lalu kita upload file dokumentasi/ebook yang sudah kita punya dengan cara drag’n drop file. Dan setelah terupload kita bisa tambahkan deskripsi pada kolom description, jadi saat pointer diarahkan ke button downloadnya maka akan muncul deskripsi yang telah kita masukan.

button4

7. Kemudian pada kolom link url kita copy link tersebut yang kemudian kita paste pada kolom link url yang Ada di menu download tadi, kemudian kita klik save all changes.

button5

button6

8. Kemudian kita klik publish lalu saatnya kita buat post artikel mengenai panduan/tutorial yang akan kita bagi. untuk caranya sama seperti saat posting artikel seperti biasa, cuma untuk menambahkan tombol download, berikut langkahnya:

  • Setelah kita isikan post dengan artikel kita, kita arahkan pointer ke bagian Bawah post supaya download buttonnya nanti muncul di bagian bawah akhir artikel. kemudian kita klik ikon Download yang ada di bagian toolbar.

button7

  • Setelah itu pada form download title kita pilih link download yang telah kita buat tadi. Setelah itu kita klik “Insert SDM Shortcode”.

button8

  • Lalu setelah itu pasti akan muncul sebuah code script, kode tersebut adalah script untuk menampilkan button download pada post kita nanti.

button9

  • Lalu kita publish/update postnya dan kita coba untuk button downloadnya apakah sudah tampil sempurna atau belum.

button10

Voila!!! button download sudah muncul dan bisa di download file yang telah kita upload.

Baca juga:

Cara Membuat Toko Online WordPress Dalam Beberapa Menit

Tutorial Penggunaan “WordPress Backup to Dropbox”

Backup Buddy, Solusi Backup Blog WordPress Anda

Loading...

2 komentar

  • 1 November 2017 - pukul 14:15

    sip gan tutorialnya sangat membantu dan sangat praktis

  • 9 November 2017 - pukul 0:38

    Terima kasih infonya, dicoba dulu

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *