Running A Business

Membuat Newsletter Lebih Bersahabat

 
  • 2
    Shares

   

Newsletter menjadi salah satu media untuk mempromosikan sebuah bisnis secara online. Pembuatan newsletter biasanya dikirimkan dalam kurun waktu tertentu yang sudah ditentukan. Isi dari newsletter memang berisikan tentang sebuah promosi atau penawaran khusus atas produk atau layanan yang diberikan. Tapi pembaca akan mudah bosan jika apa yang dibahas hanya seputar penawaran dan penawaran saja. Maka penting bagi kita untuk bisa membuat sebuah newsletter yang bersahabat dan mudah diterima oleh pembaca. Bagaimana caranya?

1. Libatkan pelanggan untuk membuat konten

Anda bisa saja berfikir, bahwa seluruh pelanggan menyukai konten yang selalu Anda buat. Tapi apa benar itu terjadi pada mereka. Anda dapat mengumpulkan lebih banyak cerita atau pengalaman pelanggan Anda saat menggunakan bisnis Anda. Anda bisa mulai melakukan ini dengan survei pada sosial media bisnis Anda. Kemudian Anda bisa mencantumkan setiap cerita atau pengalaman pelanggan Anda pada newsletter yang akan Anda kirimkan. Ini akan memberikan sebuah pandangan berbeda pada pelanggan yang menerima newsletter Anda.

2. Variasikan konten newsletter Anda

Pelanggan yang menerima newsletter Anda akan menyukainya apabila ada variasi yang tidak membosankan pada kontennya. Anda bisa membuat sebuah konten yang bisa membantu pelanggan untuk melihat diri mereka yang dibantu oleh bisnis Anda. Cobalah buat format sederhana yang seperti ini:

  • Ungkapkan masalah umum pelanggan dan bagaimana solusi yang diberikan oleh bisnis Anda. Anda bisa berbagi pengetahuan dan share saran secara bebas di setiap konten yang Anda buat.
  • Anda bisa mengajak pelanggan atau siapapun yang membaca newsletter Anda untuk ikut dalam suatu diskusi sederhana. Ini akan menciptakan sudut pandang atau perspektif yang akan mengumpulkan banyak komentar.
  • Profil pelanggam, kisah sukses mereka, hingga testimonial pelangganpun bisa Anda cantumkan dalam newsletter yang Anda buat. Anda bisa menyertakan foto, video atau lainnya untuk membuat isi konten lebih bervariasi.
  • Coba ulas atau studi kasus yang dialami pelanggan dengan lebih mendalam dan buatlah sebuah deskripsi rinci dari setiap masalah atau tantangan, produk dan layanan, serta solusi dan juga hasil.
  • Anda bisa mengundang pelanggan untuk ikut mengirimkan cerita sukses mereka terkait penggunaan produk atau layanan yang diberikan bisnis Anda. Anda bisa memberikan mereka tawaran untuk setiap cerita yang terbaik menurut bisnis Anda.
  • Dan lain sebagainya.

3. Buat pelanggan ingin membagi konten Anda kepada orang lain

Konten newsletter yang Anda buat bukan hanya semata – mata untuk berjualan, tetapi lebih untuk mendekatkan bisnis Anda dengan pelanggan. Maka usahakan untuk membuat sebuah konten yang mampu menarik perhatian pelanggan saat membacanya. Buat mereka menyukai tulisan Anda, dan biarkan mereka membagikan konten yang Anda berikan. Dengan begitu akan ada banyak orang yang tahu tentang bisnis Anda dengan lebih mudah.

4. Bagikan konten pada banyak sosial media

Sosial media masih memiliki peranan penting dalam marketing sebuah bisnis. Tidak ada salahnya, ini Anda jadikan sebuah jalan untuk membagikan konten newsletter yang Anda buat. Cobalah untuk memanfaatkan sosial media seperti, Facebook, Twitter, Youtube dan lain sebagainya. Ini akan membuat Anda juga mendapatkan masukan dari setiap komentar ataupun tweet yang ditinggalkan pada Anda.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Tips Agar Email Anda Dibaca Customer

Bagaimana Mencegah Email Anda Dianggap Spam

8 Tips Menulis & Mengirim Email Secara Efektif

                              

Loading...

  • 2
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *