Technology

Membaca Email cPanel melalui Gmail Anda

 

Loading...

Tutorial ini akan menunjukkan cara mendownload email dari akun hosting ke alamat Gmail anda melalui POP3. Proses ini tidak menghapus isi email di hosting melainkan hanya mengcopy semua email yang ada ke inbox Gmail anda.

Apa bedanya dengan Google APPS? Jika dengan Google APPS, anda memindahkan server email anda ke server Google. Sedangkan dengan langkah-langkah di atas, anda tetap menggunakan server hosting anda sebagai jalur routing berkirim dan terima email.

1. Silakan login ke Gmail anda. Klik ikon Gear -> Pilih Settings

2. Pilih tab Accounts / Accounts and Import -> Add a POP3 mail account you own

3.  Masukkan alamat email yang  sudah anda buat melalui cpanel (caranya silakan dicek disini: Create Email Account cPanel). Kemudian Klik Next Step

4. Isikan form seperti pada gambar (ganti dengan nama domain anda sendiri). Kemudian klik Add Account

5. Pilih opsi “Yes, i want …”, Kemudian Klik Next Step. Opsi ini akan memungkinkan anda untuk membalas email tanpa melalui webmail hosting, melainkan bisa langsung lewat email Gmail anda (bisa dilihat pada langkah terakhir).

6. Isi Name sesuai keinginan anda, kemudian klik Next Step

7. Pilih opsi pertama (Send Trough Gmail), kemudian klik Next Step

8. Klik Send Verification, kemudian pop up akan berganti seperti pada langkah 9. Email verifikasi fungsinya untuk memastikan anda merupakan pemilik sah dari akun email yang ingin anda gunakan.

9. Biarkan pop up seperti gambar dibawah. Silakan lanjutkan ke step 10

10. Buka email melalui webmail cpanel anda untuk menemukan email verifikasi yang  dikirim ke email cpanel anda. Klik link seperti gambar di bawah.  Jika email belum masuk gunakan pop up (step 9) untuk melakukan Resend email.

11. Selanjutnya akan masuk email konfirmasi kedua yang masuk ke alamat Gmail anda, email verifikasi yang satu ini fungsinya agar akun email dari cPanel bisa digunakan dengan Gmail.

12. Untuk mulai mendownload email anda. Gunakan menu Check mail now. Tunggu beberapa saat hingga email yang ada di cPanel masuk ke Gmail anda.

Sekarang, selain membaca email yang masuk melalui cPanel, Anda juga bisa mereply email tersebut dengan alamat sender pilihan anda.

Selamat mencoba :-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *