Running A Business

Memenangkan Hati Wanita dalam Bisnis Menjadi Lebih Mudah dengan 10 Fakta ini

 
  • 4
    Shares

Peran wanita dalam perekonomian Indonesia memang tidak bisa dipisahkan. Mulai dari para penjual dan pembeli bisnis yang dominan dari kaum hawa. Produk di dalam rumah kita juga lebih banyak yang merupakan pilihan dari para wanita di dalam rumah kita. Begitu besar peran seorang wanita dalam kehidupan masyarakat.

Menurut Majalah Marketeers edisi bulan Oktober 2014, MarkPlus Insight secara konsisten sejak tahun 2010 melakukan studi komprehensif mengenai anxieties and desires, lifestyle dan behavior perempuan di Indonesia Sebagai salah satu dari tiga substruktur, yaitu Youth, Women dan Netizen, kaum perempuan telah mempengaruhi roda perekonomian Indonesia.

Perempuan memang dinilai memiliki sudut pandang dan sifat yang sulit dipahami. Kaum adam mengatakan bahwa wanita itu sulit untuk dimengerti apa maunya dan apa yang mereka butuhkan. Bahkan terkadang, apa yang diinginkan tidak sama dengan usaha yang dilakukan untuk mencapainya.

Berdasarkan studi kuantitatif terhadap lebih dari 9000 responden di 18 kota di Indonesia,telah ditemukan beberapa fakta menarik tentang bagaimana perempuan Indonesia berpengaruh terhadap perekonomian.

Berikut ini 10 temuan utama dari perempuan Indonesia yang dirangkum oleh MarkPlus Insight:

1. Multiperan: Sebagai diri sendiri, bagian dari keluarga, dan lingkungan sosial

Perempuan bisa dikatakan sebagai 1 orang yang mampu melakukan banyak peran. Seorang perempuan bisa menjadi diri mereka sendiri, Ibu rumah tangga, Wanita karir atau pekerja dan juga bagian dari masyarakat di sekitar ia tinggal. Itu sebabnya seorang perempuan menjadi salah satu yang berpengaruh besar terhadap pengambilan sebuah keputusan. Sebab mereka selalu berusaha menyeimbangkan peran – peran ini.

Misalnya seorang wanita berusia 25 tahun, yang merupakan seorang karyawan swasta, ia memutuskan untuk menikah dan menjadi seoran ibu rumah tangga, ia juga menjadi bagian dari masyarakat dimana ia tinggal. 3 peran sudah ia miliki, tidak mudah memang tapi bukan hal yang tidak mungkin ketika seorang perempuan akan menjadi seorang pekerja sekaligus menjadi ibu rumah tangga. Bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan hidupnya, maka semua akan berjalan dengan baik.

2. Menjadi bermakna dengan tetap produktif adalah hal yang penting

Bagi sebagian peremuan, maka produktif kian berkembnag mulai dari memiliki keturunan hingga pencapaian aktualisasi diri mereka. Aktualisasi diri dapat berupa memiliki kesibukan di rumah tangga, bekerja kantoran atau berbisnis. Namun, demi menyeimbangkan ketiga perannya, perempuan lebih fleksibel dalam mengejawantahkan aktualisasi diri merkea. Isu memperjuangkan mimpi bisa saja berimprovisasi di tengah jalan sesuai kondisi yang dialami selama target tercapai.

3. “produk yang praktis itu AKU banget!”

Perempuan itu identik sebagai makhluk yang selalu peduli terhadap penampilannya. Tapi mereka juga tidak selamanya mau repot mengurus segala yang mereka butuhkan. Produk yang simple, praktis dan tetap stylish menjadi kata kunci produk yang akan digandrungi oleh kaum hawa. Seperti produk sepeda motor matic yang simple, praktis dan tetap stylish.

Mereka juga identik dengan melakukan transaksi via online. Alasannya adalah karena mereka enggan atau malas untuk berlama – lama mencari barang yang mereka inginkan. Saat mereka bisa menemukannya di rana online, maka mereka akan memilih untuk berbelanja online.

4. Perempuan itu ribet yang teratur

Banyaknya hal yang harus diurus oleh kaum perempuan, terkadang membuat mereka terlihat seperti makhluk yang palng ribet. Salah satu yang sering diurus oleh mereka adalah keuangan keluarga. Selain mereka yang sudah berkeluarga, bagi para perantau yang masih mengenyam bangku kuliah juga merupakan menu wajib untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran yang mereka lakukan.

Lain halnya dengan pria, yang cenderung cuek sekalipun diri mereka tidak terbilang boros dalam membelanjakan uangnya. Dalam hal ini produk tabungan berjangka dianggap produk yang dpaat membantu perempuan untuk secara konsisten menabung dalam jumlah tertentu setiap bulanya. Persyaratan tabungan mulai dari tidak bisa diambil sebelum masa jatuh tempo dianggap sebagai sistem kontrol yang baik.

5. Perempuan itu pecinta kedamaian

Sekeras apapun watak seorang perempuan, mereka akan memperhatikan dan mempertimbangkan suatu keputusan berdasarkan pendapat dari orang lain terutama dari significant others-nya(orang tua, pasangan, tema dan anak). Tidak jarang seorang perempuan identik dengan rasa bingung, bimbang ataupun galau. Karena mereka harus banyak mempertimbangkan suatu hal berdasarkan peran yang ia miliki, seperti bagian dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Mereka juga tidak segan untuk mengalah demi orang yang mereka sayangi. Mereka juga selalu membutuhkan dukungan dari sekitarnya. Karena itu sangat mempengaruhi berbagai keputusan perempuan, salah satunya keputusan dalam melakukan pembelian. Produk yang melibatkan orang – orang di sekitar perempuan akan lebih mudah memenangkan hati mereka.

6. Beli satu dapet tiga!

Perempuan mana yang tidak suka ketika melihat promo atau diskon. Mereka akan cenderung berburu dan rela berebut untuk mendapatkan barang dengan harga yang miring. Tapi, ternyata terlalu banyak promo yang monoton membuat mereka cepat bosan. Gimmick promo yang unik namun tetap memperhatikan desires perempuan aan lebih efektif untuk mendekati hati mereka.

7. Perempuan senang diperlakukan spesial

Perempuan itu makhluk yang sennag bila ia diperlakukan secara spesial. Beberapa produk sudah berhasil menangkap desires perempuan yang ingin dianggap spesial ini. Misalnya saja PT Kereta Ap Indonesia (Persero) yang menyediakan gerbong khusus bagi perempuan di Commuter Line. Kitapun bisa menciptakan produk yang memang dikhususkan untuk perempuan. Sekalipun produk yang kita jual juga menyediakan produk bagi kaum adam. Tapi cobalah untuk memberikan wadah khusus dan istimewa bagi target pasar perempuan Anda.

8. Perempuan ingin selalu didengar

Perempuan dan curhat, dua ha yang tidak dapat dipisahkan. Dimana ada perempuan yang lebih dari 1 berkumpul, maka mereka akan saling bertukar pikiran pendapat dan juga pengalaman. Jika dulu kita masih mengenal apa itu buku diary, yang menemi mereka dalam menuliskan kisah dan cerita setia harinya. Maka saat ini setiap perempuan sudah bisa saling curhat baik secara langsung atau menggunakan media.

Di era new wave seperti sekarang ini, perempuan makin menuntut didengar dengan menyalurkan kebutuhan tersebut melalui sosial media. Selain di dunia maya, perempuan juga tidak sungkan untuk menghubungi langsung setiap customer service suatu brand atau bisnis tertentu, jika mereka menemukan masalah terkait produk yang dibelinya. Nah, jika ingin menangkap hati perempuan, sebuah brand tidak boleh mengabaikan perempuan yang sudah mau bersusah payah mengeluarkan keluh kesahnya ini. Mereka harus lebih sigap baik secara offline ataupun online menghadapi situasi seperti ini.

Jangan sampai perempuan merasa tidak didengarkan!

9. Perempuan mencari rasa aman

Perempuan tidak suka melakukan transaksi dengan hal yang tidak pasti, itu membuat mereka merasa tidka aman. Adanya uang perempuan yang seringkali tidak diketahui pasangan juga ada hubungannya dengan hal ini. Perempuan akan selalu mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk kondisi yang tidak terduga.

10. Perempuan membutuhkan real inspiration role model

Seorang perempuan akan mencari atau mencontoh seseorang yang lain untuk memperbaiki apa yang ia miliki saat ini. Mulai dari tampilan hingga perilaku. Mereka lebih membutuhkan role model ketimbang hanya sebuah tulisan dan ucapan. Seperti ketika seorang ibu rumah tangga yang juga sibuk menjadi seornag pekerja kantoran. Ia sering memposting aktivitasnya dan cara menangani masalahnya di media sosial. Dengan begitu ada banyak yang melihat dan tidak sedikit yang juga mengikuti tips yang ia berikan itu.

Sumber: Majalah Marketeers Edisi Oktober 2014

Baca juga:

Tips dan Trik Berbisnis dengan Target Pasar Perempuan

Jenis Usaha yang Populer Dijalankan Wanita

5 Tips Menggaet Konsumen Wanita dengan Mudah


  • 4
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *