Running A Business

Trik Memikat Pengunjung Toko Online menjadi Customer

 
  • 3
    Shares

Loading...

Bagi pemilik toko online, mungkin anda seringkali menjumpai pengunjung yang banyak bertanya, tetapi pada akhirnya tidak melakukan pembelian. Nah, kali ini saya akan mengulas mengenai cara efektif mengkonversikan mereka menjadi pembeli. Dalam prakteknya nanti, peran CS akan sangat dibutuhkan. Semoga bermanfaat ;-)

1. Ikuti alur pembicaraan mereka

komunikasi-pelanggan

Jika si penanya adalah orang yang suka bercerita, maka ikuti dulu alur ceritanya. Anda harus menjadi pendengar atau teman curhat yang baik. Tahan diri dulu untuk mengatakan “tidak”, namun ikuti terus alur ceritanya dan dukung dengan kata-kata yang menguatkan argumen si penanya. Setelah si penanya selasai, baru anda boleh tawarkan produk Anda yang ada hubungannya dengan cerita si penanya. Misalnya apabila Anda berjualan kerajinan kulit, dan si penanya tersebut sedang curhat tentang pertengkaran dengan pasangannya, maka kemudian anda bisa tawarkan sepatu kulit yang elegant dengan alasan sebagai hadiah rujuk paling pas bagi sang pasangan.

2. Bandingkan mereka dengan customer lain

compare

Jika si penanya tidak begitu yakin dengan toko online Anda dan kekeuh bertanya, Anda bisa yakinkan si penanya tersebut dengan membuat perbandingan dengan client yang puas dengan produk Anda. Contohnya: “Kemarin ada orang pekanbaru pesan produk sepatu kulit yang sama persis dengan yang ibu inginkan. Hari ini beliau sms kalau produknya pas dan berkualitas bagus. Jadi Anda tidak perlu ragu dengan produk yang kami jual”. Terlepas dari benar / tidaknya cerita tersebut, yang penting anda harus bisa meyakinkan si penanya. Kalaupun cerita tersebut rupanya hanya karangan belaka (white lie), maka saya harap produk anda kualitasnya memang benar-benar bagus dan anda yakin bahwa customer tersebut nantinya puas dengan produk Anda, atau anda harus siap dengan konsekuensinya.

3. Cari kesamaan dengan si penanya

Hampir sama dengan point nomor 2, Jika si penanya masih belum yakin dengan toko online Anda, carilah persamaan antara anda dengan si penanya. Atau, anda bisa sedikit mengarang. Contohnya: “Saya juga orang yang suka pergi ke mall seperti Anda, dan ketika saya memakai sepatu kulit yang sama seperti yang Anda pesan, tanggapan dari teman-teman saya sangat positif. Bahkan ada yang langsung beli ke saya dengan model yang sama”. Tetapi sekali lagi saya tekankan, kualitas produk anda memang harus benar-benar bagus di sini.

4. Sedikit gertakan tidak akan menyakitkan

berikan-offer

Gertakan disini bukan berarti membentak si penanya tersebut. Gertakan disini berarti iming-iming yang bisa anda berikan agar si penanya segera membeli saat itu juga. Bisa berupa diskon, merchandise, atau hal lain yang bisa membuat si penanya tersebut interest untuk segera melakukan pembayaran. Contoh: “Jika Anda membayar hari ini sebelum jam 4 sore, barang bisa dikirim langsung hari ini juga.”

Jadi, bagaimana dengan cara Anda?

Loading...

  • 3
    Shares

5 komentar

  • 19 Januari 2013 - pukul 5:52

    Infonya sangat membantu saya dalam menjalankan bisnis online

  • 19 Januari 2013 - pukul 13:28

    Ini sangat membantu yang sedang berbinis di dunia maya

  • 19 Januari 2013 - pukul 20:16

    Terimakasih banyak, semoga bermanfaat bagi semuanya.
    dan salam sukses selalu..

  • 21 Januari 2013 - pukul 9:48

    Wah tips yang menarik dan bermanfaat bagi saya yang sedang merintis toko Online

  • 6 April 2013 - pukul 19:58

    info dan tips nya kenak bgt ke toko online yang bru ane buat dari faziostore

    konsumen berbelit2 ujung2 nya gk beli ..

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *