Technology

Memilih Nama Domain melalui Teknik Domain Hack

 

   

Tahukah anda? Jika domain .tv yang seringkali dipakai oleh website-website video streaming dan pertelevisian awalnya adalah ccTLD milik kepulauan Tuvalu. Nah, penggunaan dari ccTLD .tv sebagai alternatif untuk website pertelevisian dan video streaming inilah yang dinamakan “Domain Hack”.

ccTLD sendiri merupakan singkatan dari country code Top Level Domain. Contohnya TLD .id untuk Indonesia, .in untuk India, .us: United States, .au: Australia, .jp: Japan, .tv: Tuvalu, dst (lengkapnya di sini). Masing-masing negara yang berdaulat punya jatah satu buah ccTLD yang sesuai dengan inisial negaranya. Dan ccTLD tersebut bebas dipergunakan untuk berbagai kepentingan. Negara berhak memanfaatkannya untuk kepentingan masyarakatnya sendiri (contohnya domain .id dan mayoritas ccTLD lain) atau memberikan izin agar lisensi ccTLD tersebut dipegang pihak ketiga untuk diperjualbelikan ke publik (seperti ccTLD .us, .in, dsb)

ccTLD yang lisensinya sudah bebas diperjualbelikan ke publik inilah yang bisa digunakan untuk bermain “Domain Hack”.

Misalnya Domain Hack untuk membentuk kata-kata, seperti schokola.de (bahasa Jerman dari cokelat), ecriva.in (bahasa Perancis dari penulis), dst. Contoh lainnya disini. Atau membentuk nama brand anda; misalnya Apple dengan itun.es (.es adalah ccTLD dari Espain), Google dengan goo.gl (gl =  Greenland), Yahoo dengan blo.gs dan del.icio.us, Facebook dengan instagr.am.

Domain Hack bisa juga dikembangkan melalui teknik subdomain. Misalnya del.icio.us. Joshua Scachter (pencipta ide del.icio.us) membuat subdomain “del” setelah membeli domain “icio.us”. Kreatifitas ini masih bisa terus dikembangkan dengan teknik subdomain dalam subdomain, contohnya please.do.not.disturb.me (anonymous).

Sejarah Singkat Domain .tv

VeriSign yang melihat besarnya potensi ccTLD .tv kemudian memutuskan mengikat kontrak dengan pemerintahan Tuvalu agar memberikan izin untuk memasarkan domain .tv.  Dari perijinan tersebut, Tuvalu mendapat 50 juta dolar selama 12 tahun (4 juta dolar setiap tahun atau 18% dari total income Tuvalu). Revenue yg didapat bukan berarti tanpa kontroversi. Sebab royalti dari domain .tv dianggap haram oleh masyarakat Tuvalu yang mayoritasnya merupakan penganut ajaran yang taat. Terutama karena statistik penggunaan domain .tv sendiri yang menyatakan bahwa sekian persennya justru digunakan untuk situs porno.

Bagaimana dengan Domain .ID?

Domain .id adalah ccTLD dari negara kita tercinta, Indonesia. Seperti halnya .tv, domain .id bisa dikatakan punya nilai jual tinggi. Karena bisa membentuk brand-brand seperti andro.id, stark.id, freeb.id, dan berbagai kata dalam bahasa Inggris berakhiran “id” (kalau tidak percaya, coba anda urutkan dari A sampai Z). Sampai sekarang domain .id merupakan satu dari sekian banyak ccTLD yang sifatnya eksklusif. Meskipun seringkali saya dengar wacana penjualan ccTLD ini, namun kabar ini ditepis pada pertemuan PANDI (Lembaga Pengelola Nama Domain Indonesia) bulan Februari 2012 yang lalu. Jika berkaca pada domain .tv, bagaimana menurut anda?

Di luar ccTLD .id, anda bisa menikmati ccTLD berikut untuk mengkreasikan domain hack: .us, .in, .me, .cc, .tv, .mn, .bz, .eu, .ws, .co. Anda bisa memanfaatkan alat pencarian seperti xona.com/domainhacks untuk mendapatkan ide-ide domain hack yang memungkinkan. Menarik bukan?

           

Artikel Terkait

3 komentar

  • 29 May 2012 - pukul 14:59

    wah boleh juga nie berkreasi seperti ini.
    Saya coba untuk mencarinya terlebih dahulu.
    Thanks utk infonya.

  • 10 August 2012 - pukul 12:24

    yang ane heren, kenapa domain INDONESIA >> co.id ??
    india aja >> .in
    gak pake >> co.
    padahal keren kan kalo domainnya .id aja gak pake co. di depannya

    contoh soul.id

  • 21 March 2013 - pukul 16:49

    Abeoners…domain indonesia co.id,, artinya ya co id,,,hehhe
    Thx Taufik sharenya

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *