Interviews

“Mempersiapkan Diri Sebelum Mempersiapkan Bisnis”, Motto yang Membawa Monika Sukses Bersama NomorCantik.org

 
  • 67
    Shares

   

Dewasa ini sudah tidak asing lagi kita menemui berbagai jenis nomor telepon selular yang menggunakan nomor unik. Biasanya orang yang memiliki nomor cantik ini terlebih dahulu memesan atau bahkan rela membeli dengan harga yang mahal. Lulusan S1 Sistem Informasi di salah satu STMIIK terbesar di Kota Medan, mengantarkan Monika(25) sukses berbisnis bersama NomorCantik.org. Dia berani melangkah dan melaju di area yang masih terlihat jarang peminatnya. Namun siapa sangkat, bisnis yang baru dirintis kirang lebih 2 tahun ini, sudah mampu mencapai peringkat pertama urutan pencarian di search engine terbesar dunia yaitu Google. Dengan menyediakan apa yang dibutuhkan customer, seperti pelayanan yang cepat serta request yang selalu dilayani. Lalu bagaimana Monika menitih karir bersama nomor cantik ini? Berikut ini penuturannya:

Halo Ibu Monika, bisa diceritakan bagaimana awal mula Ibu berkecimpung di dunia bisnis ini?

Awal Masuk ke dunia enterpreneur khususnya di dunia bisnis online ini sesungguhnya dimulai sejak tahun 2011. Namun web NomorCantik.org mulai fokus sejak tahun 2012. Dalam menjalankan bisnis ini saya juga pernah mengorbankan sesuatu untuk bisa menjadi seperti saat ini. Waktu untuk belajar menjalankan dan mengembangkan (learn & growth) bisnis online menurut saya adalah pengorbanan terbesar untuk menjadi online enterpreneur.

Lalu bisa diceritakan mengenai bisnis Anda saat ini?

Bisnis saya saat ini bergerak di bidang jual beli nomor telepon selular. Melalui NomorCantik.org, kami menjual berbagai macam nomor handphone cantik, kartu perdana cantik, nomor super di Indonesia. Jadi boleh dibilang seperti website portal jual beli khusus nomor cantik.

Awalnya ide bisnis ini dilatarbelakangi oleh cukup banyaknya teman yang menghubungi saya di bbm. Ada yang menawarkan jual beli nomor cantik ini, sehingga terpikirlah untuk menyediakan suatu wadah perkumpulan tempat para pemain, kolektor dan bos nocan (nomor cantik). Disamping itu sejak awal kita sudah ada kerjasama/afiliasi dengan para pengusaha nomor cantik sehingga dapat saling membantu (simbiosis mutualisme).

Produk nomor cantik yang paling populer adalah nomor cantik dengan harga kisaran Rp.200.000 s/d Rp.500.000 dan kebanyakan operator Telkomsel dan XL yang banyak dicari. Produk nomor cantik 10 Digit dengan harga Rp.500.000 s/d Rp.1.000.000 juga kadang cukup banyak yang buru.

Bagaimana Anda memasarkan produk Anda ini?

Produk nomor cantik sebenarnya marketnya tidak begitu besar namun cukup niche dan dapat merangkul potensi seluruh wilayah di Indonesia, jadi untuk strategi pemasaran kita lebih mengutamakan online/digital marketing antara lain seperti: SEO (Search Engine Optimization) website NomorCantik.org, Social Media Activation melalui FB, Twitter, BBM Buzz Marketing, Pasang Iklan Baris Gratis Online (contoh ke : tokobagus, iklanBareng.com, dll).

Jika dibandingkan dengan bisnis online lainnya, jual beli nomor cantik memang sangat jarang, namun tentu ada saja pesaingnya. Lalu apa sentuhan yang membuat bisnis Anda beda dengan bisnis lain dengan konsep serupa?

Diferensiasi kami adalah bagi visitor calon pembeli nomor cantik apabila tidak/belum menemukan nomor cantik sesuai dengan yang diinginkan maka dapat me-request nomor cantik yang diinginkan tersebut dengan submit ke menu request nomor cantik. Sedangkan bagi member penjual NomorCantik.org dapat menikmati fasilitas menerima info pesanan/request nomor cantik dari para visitor calon pembeli itu. Disamping itu, member tahunan para penjual juga mendapatkan fasilitas banner premium di website kami.

Selama hampir 2 tahun ini, prestasi apa saja yang kiranya sudah pernah didapatkan oleh bisnis Anda?

Prestasi eksternal belum ada, tapi website NomorCantik.org sejak didirikan sampai dengan saat ini selalu menduduki peringkat halaman 1 Google untuk keyword/kata kunci pencarian nomor cantik. Hal ini membuktikan bahwa NomorCantik.org akan selalu menjadi opsi utama sebagai wadah perkumpulan bagi para penjual dan pembeli nomor cantik.

Untuk memajukan NomorCantik ini kami juga memiliki visi dan misi. Visi misi NomorCantik.org kedepannya adalah dapat menjadi magnet/wadah perkumpulan para penjual dan pembeli Nomor Cantik No.1 di Indonesia. Kami juga melayani Co-Sponsor/Branding terhadap website Bisnis Online lain yang mau Menayangkan iklan banner premium di NomorCantik.org asalkan barang/jasa tersebut tidak bertentangan dengan market Nomor Cantik dan Bisnis Stake-Holder tentunya.

Menurut Anda, pengalaman apa yang paling berkesam bagi Anda selama menjalankan bisnis ini?

Terkadang ada pembeli yang salah menanyakan harga dari item nomor cantik yang sebenarnya bukan milik kita, hal ini disebabkan karena dalam NomorCantik.org terdiri dari banyak penjual nomor cantik. Disamping itu kita pernah juga menghadapi calon pembeli yang merajuk karena menuntut untuk segera direspon SMSnya saat itu juga (maklum pada saat itu kita sedang keluar dan tidak membawa HP contact person di website kita) namun setelah kita loby dan negosiasi kembali akhirnya terjadi deal.

Lalu bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang? Dan tantangan dan kendala apa yang pernah Anda hadapi selama ini?

Ruang lingkup market saat ini boleh dibilang cukup membantu kembali pamor dari Nomor Cantik karena dengan banjirnya smartphone Android dan meningkatnya pengguna WhatsApp serta para pelaku online shop dan boomingnya middle class person dapat menjadi pendongkrak jumlah calon customer Nomor Cantik. Hal ini karena sebagian besar pembeli nomor cantik tidak begitu mempermasalahkan harga, namun harga kita harus dapat bersaing juga.

Untuk tantangan dan kendala mengenai teknis pelu diantisipasi juga seperti sebelumnya server website pernah down beberapa kali namun tim Jagoan Hosting pelayanannya sangat cepat respon dan memuaskan. Jadi jangan salah pilih server untuk website Anda.

Siapa tokoh yang menjadi motivasi Anda dan apa Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai Enterpreneur?

Tokoh yang menjadi motivasi adalah Mark Zuckerberg dan (Alm) Steve Jobs. Mark dikarenakan diputuskan oleh pacarnya, ia jadi Bilyuner. Sedangkan Steve meskipun didepak dari perusahaan yang dia bangun, namun ia dapat bangkit kembali dan kembali masuk menyelamatkan perusahaan yang hampir terpuruk itu. Untuk Quotes “Do What You Love and Love What You Do” harusnya dapat membimbing kita menuju penemuan passion sejati kita dan mensyukuri hidup yang kita dapatkan tapi syukur tidak dalam arti berpuas diri tapi harus “Stay Foolish.. Stay Hungry”

Nah, untuk yang terakhir nih Ibu Monika, saran terbaik apa yang kira – kira dapat Ibu share ke semua pembaca Mebiso seputar dunia enterpreneur ini?

Sebelum terjun ke dunia enterpreneur dan membangun bisnis, pastikan kita sudah siap membangun diri kita sendiri terlebih dahulu. Karena hasil pembelajaran dan pengalaman dari orang sukses lainnya,  kebanyakan orang gagal dalam dunia bisnis bukanlah dikarenakan hal teknis, modal maupun sisi di bisnis mereka, akan tetapi komitmen dan passion yang kuat darifounder terhadap bisnis merekalah yang akan membawa kesuksesan jangka panjang. Hal ini dapat dilihat pada Mark Zuckerberg yang mana Facebook telah ditawari oleh Microsoft dengan harga super tinggi, akan tetapi Beliau menolak tawaran tersebut dan hingga saat ini Facebook sudah Go International dan terus semakin berkembang. Jadi, pastikan dengan “Menyiapkan Diri” terlebih dahulu sebelum “Mempersiapkan Bisnis” Kita dengan banyak pembelajaran dan pengembangan diri.

Terimakasih banyak Bu untuk sudah mau berbagi cerita seputar kesuksesan bersama Nomorcantik.org. Semoga selalu dan semakin sukses :-)

           

  • 67
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *