Content Marketing e-Marketing & Sales Insider Sosial Media

Memulai Bisnis Baru di Instagram dengan 7 Langkah Mudah Ini

 

Loading...

Memulai Bisnis Baru di Instagram – Memulai bisnis baru di Instagram sebenarnya cukup mudah. Namun yang menjadi persoalan, apakah langkah yang dilakukan akan efektif untuk membangun bisnis?

Agar tidak salah langkah, Anda bisa memulai bisnis baru di Instagram dengan 7 langkah mudah ini!

Optimalkan bisnis baru di Instagram dengan akun khusus bisnis

Tidak hanya Facebook yang memiliki fitur khusus untuk pelaku usaha. Di Instagram, Anda juga bisa menemui fitur yang dirancang untuk mengoptimalkan para pelaku usaha dalam memasarkan produknya.

Tak perlu khawatir apabila Anda terlanjur membuat akun Instagram personal, karena Anda bisa mengubahnya secara gratis ke akun bisnis seperti yang diinginkan.

Caranya mudah, klik tanda titik 3 pada bagian kanan atas akun Instagram, pilih menu pengaturan, lalu klik menu akun, kemudian pilihlah menu beralih ke akun pribadi. Akun Instagram bisnis siap digunakan!

Tentukan target pembeli atau audiens

Sebelum membuka usaha baik offline maupun online, langkah awal yang bisa Anda lakukan yaitu menentukan target pasar. Target pasar ini bertujuan untuk mengetahui siapakah yang akan menjadi calon pembeli Anda nantinya.

Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan produk yang cocok untuk dipasarkan berdasarkan target audiens atau pembeli.

Posting produk secara berkala

Sumber gambar : thehungryjpeg

Langkah penting saat memulai bisnis baru di Instagram dengan memposting produk secara berkala. Tujuannya agar audiens mengetahui bahwa toko Anda aktif dalam memasarkan produk.

Selain itu, Anda juga bisa membuat jadwal posting produk yang tepat sesuai dengan target audiens. Untuk mengetahui jadwal yang tepat, Anda bisa menganalisis dengan fitur insight yang tersedia di profil depan Instagram bisnis.

Fitur insight berguna untuk mengetahui kapan audiens sedang online, dan berapa jumlah audiens yang mengunjungi profil toko.

Unggah gambar produk semenarik mungkin

Sumber gambar: endgadget

Kunci sukses memulai bisnis baru di Instagram berikutnya dengan mempromosikan produk menggunakan foto sebaik mungkin. Dengan kualitas foto yang baik, calon konsumen akan mengetahui detail dari produk asli toko Anda.

Tidak hanya gambar produk yang menarik, penting untuk Anda mendeskripsikan produk secara jelas agar calon konsumen tidak keliru dengan produk yang Anda pasarkan.

Optimasi postingan dengan menggunakan hashtag yang relevan

Sama halnya dengan search engine atau mesin pencari, hashtag sangat berpengaruh untuk menambah jumlah viewers pada postingan. Tujuan penggunaan hashtag agar jangkauan produk yang Anda pasarkan semakin luas.

Pakailah hashtag yang sekiranya relevan dengan produk yang dipasarkan. Misalnya Anda menjual pakaian wanita, Anda bisa menggunakan hashtag, seperti #pakaianwanita #jualpakaianwanita #bajuwanitamurah dan lain-lain.

Kunci memulai bisnis baru di Instagram yaitu bangun komunikasi yang baik dengan audiens

memulai bisnis baru di Instagram
Sumber gambar: unsplash.com/@hansvivek

Sebagai pelaku bisnis, tugas utama Anda yaitu membangun citra baik pada semua calon konsumen. Calon konsumen akan lebih nyaman bertanya-tanya apabila Anda melayaninya dengan ramah.

Jika ada konsumen yang mengkritik toko Anda baik dari segi pelayanan maupun dari segi produk, Anda jangan marah dan jadikan kritikan tersebut sebagai masukkan ke depannya.

Selain itu, Anda juga bisa berinteraksi dengan para konsumen menggunakan fitur live Instagram. Melalui live Instagram, Anda bisa memperkenalkan dan memasarkan produk toko.

Sesekali adakan promo atau giveaway

Langkah selanjutnya yaitu menarik perhatian audiens dengan mengadakan promo potongan harga. Dengan begitu, antusiasme audiens akan meningkat.

Tak ada salahnya sesekali adakan event giveaway bersyarat. Misalnya, audiens bisa mendapatkan produk toko Anda secara cuma-cuma hanya dengan me-repost salah satu postingan produk toko Anda dan tak lupa untuk mengajak pengguna Instagram lainnya mengikuti akun toko Anda.

Cara ini efektif untuk memperkenalkan toko Anda ke jangkauan yang lebih luas.

Itu dia 7 langkah mudah yang bisa Anda coba saat memulai bisnis baru di Instagram. Sudah siap untuk memulai bisnis baru?

Masih ada banyak strategi marketing yang wajib dicoba untuk Anda yang baru memulai bisnis di Instagram. Simak ulasan dari Mebiso di bawah ini ya!

Baca artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *