Headline Insider Inspirasi Start A Business

6 Tips Memulai Bisnis Startup Ala Drakor ‘Start-Up’

 

Memulai Bisnis Startup – Hayo, siapa disini yang masih ribut antara Tim Han Ji Pyeong dengan Nam Do San? Meskipun drama ini sudah selesai tayang, namun perdebatannya masih ramai loh diperbincangkan di berbagai sosial media.

Drama yang berkisahkan tentang perjuangan bisnis anak muda ini, memang sangat erat kaitannya dengan dunia kerja ya. Apalagi, jika Anda terinspirasi dan ingin memulai sebuah bisnis startup.

Nah, dari jalan ceritanya drakor ‘Start-Up’, Mebiso sudah merangkum beberapa tips memulai bisnis startup yang bisa Anda terapkan. Di bawah ini, 6 hal yang patut masuk ke dalam rancangan memulai bisnis startup Anda.

1. Mau memulai bisnis startup? Siapkan model dan strategi bisnisnya dulu!

Model dan strategi sangat penting saat memulai bisnis startup. Sumber: Freepik.com

Secanggih apapun teknologi yang diberikan sebuah startup, semua akan percuma jika tidak memiliki model bisnis yang menarik.

Anda bisa membuat model bisnis yang berisi rencana produk/jasa apa yang akan ditawarkan, cara membuat, strategi marketing, serta rincian biaya yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis tersebut.

Jika Anda sudah memiliki model dan strategi bisnis yang terarah, investor pun bisa mudah tertarik. Hal ini dibuktikan dengan scene Nam Do San yang kesulitan mencari investor karena tidak memiliki model bisnis yang matang.

Experience is a master teacher, even when it’s not our own!

2. Ikut program akselerator atau inkubator ya

Akselerator atau inkubator merupakan program pemerintah ataupun investor untuk membantu dan mempercepat pertumbuhan startup.

Biasanya, inkubator memakan waktu selama 6 bulan atau lebih. Sebab, bukan hanya startup yang sudah memiliki bisnis, startup yang produknya masih berbentuk gagasan atau konsep juga turut serta.

Berbeda dengan inkubator, akselerator biasanya berlangsung lebih cepat antara 3 bulan atau lebih. Hal ini dikarenakan akselerator lebih cenderung menangani startup yang sudah memiliki produk.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa program akselerator dan inkubator yang bisa Anda ikuti, seperti:

  1. Indigo Incubator
  2. Koloborasi
  3. IDX Incubator
  4. Binus Startup Accelerator
  5. Remake City Jakarta

3. Kunci keberhasilan startup : bangun teamwork Anda

Bangun teamwork yang solid adalah langkah tepat dalam memulai bisnis startup. Sumber: Freepik.com

Uang bukanlah segalanya ketika Anda berbisnis. Ada beberapa hal yang tak bisa dibayar dengan uang, seperti kepercayaan, relasi, dan teamwork yang solid.

Sangatlah penting bagi Anda untuk mengenal karakter dari teamwork itu sendiri. Jangan melihat kemampuan seseorang hanya dari latar pendidikannya saja, cobalah untuk melihat dari segi potensinya.

Seperti di drakor ini, walaupun CEO Samsan Tech hanya sebatas lulusan SMA, kemampuan bekerja, public speaking, dan leadership-nya perlu diacungkan jempol.

4. Pelajari kontrak investasi dengan hati-hati

Ketika investor tertarik untuk menanamkan modalnya ke startup Anda, pelajari kontraknya dengan baik.

Sebab dokumen inilah yang menjadi acuan dan aturan bagi kedua pihak untuk meminimalisir terjadinya sengketa. Selain itu, Anda juga dapat mengatur batas perjanjian apabila terjadi ketidakcocokan.

Jangan sampai Anda mengalami hal sama dengan Samsan Tech. Bukannya mendapatkan model investasi, ide mereka justru hampir saja loh dicuri oleh sekelompok penipu.

5. Jangan takut tantangan, berani ambil risiko!

Baru memulai bisnis startup, bukan berarti membuat Anda takut mencoba. Sumber: Freepik.com

Sama dengan kisah Seo Dal Mi, Han Ji Pyeong, Nam Do San, serta Seo In Jae yang tidak takut mencoba. Modal berani dan tidak takut ini sangatlah dibutuhkan pebisnis, sebab kesempatan tidaklah datang dua kali.

Misalnya saja, Anda bisa mengikuti kompetisi untuk memberikan solusi yang ditawarkan. Kalau menang, imbalannya bukan hanya mendapatkan perhatian, tapi Anda juga bisa mendapatkan calon investor potensial!

6. Memulai bisnis startup dengan memilih mentor yang tepat

Sosok Ji Peyong tak bisa dipungkiri memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan Samsan Tech. Meskipun kerap kali mendapat kritikan pedas, Samsan Tech ternyata bisa menjuarai berbagai kegiatan program Sandbox.

Untuk itu, sosok mentor yang ahli sangatlah berpengaruh dalam memulai bisnis startup. Pengalaman yang mereka miliki, bisa menjadi pelajaran berharga untuk Anda dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, Anda jadi bisa mengeksekusi ide dengan lebih baik, bahkan bisa mendorong dan menjadi tantangan bagi Anda untuk mewujudkan ide-ide tersebut.

Itulah beberapa tips memulai bisnis startup ala drakor ‘Start-Up’ yang bisa Anda terapkan. Ikuti terus pembahasan menarik lainnya di Mebiso ya untuk membantu Anda mengembangkan bisnis.

Hal terpenting adalah mulai wujudkan ide bisnis Anda hari ini ya.

Ideas are easy, but implementation is hard!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *