Community

Menduniakan Bisnis dengan Komunitas

 

Loading...

Menjadi masyarakat Indonesia yang mudah bergaul, beradaptasi dan bersosialisasi membawa banyak keuntungan bagi setiap orang, salah satunya yaitu terbentuknya banyak komunitas baik dari kalangan anak muda hingga kalangan profesional. Komunitas dikenal sebagai wadah atau media dimana setiap orang dapat saling berkumpul dan bertukar pikiran dengan orang lain. Membahas satu permasalahan dan mencari solusi atau jalan keluar untuk masalah tersebut. Komunitas yang ada bahkan mampu membawa orang – orang yang ada di dalamnya menjadi dikenal oleh orang yang jauh dari mereka. Kemampuan sebuah komunitas untuk membangun sebuah solusi dan menjadi sebuah wadah berkomunikasi inilah yang dimanfaatkan juga oleh berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan pertumbuhan industri yang cukup pesat. Bukan hanya industri skala besar dengan jumlah pabrik dimana – mana, tapi industri rumahan yang lebih dikenal dengan UKM juga telah mengenal dan memanfaatkan komunitas sebagai media mereka memperkenalkan dan mendapatkan banyak calon pelanggan. Para pebisnis banyak yang turut serta dalam membangun, mengikuti dan juga menjadi sukarelawan dalam komunitas tertentu.

Komunitas menjadi sebuah tempat yang nyaman untuk sebuah bisnis merangkul pelanggan mereka, memperkenalkan siapa mereka, produk apa yang mereka miliki dan inovasi apa yang ingin mereka luncurkan. Komunitas yang dibentuk juga bukan hanya berupa komunitas offline tapi juga komunitas online, seperti yang dibangun oleh Jagoanstore Indonesia melalui sebuah komunitas yang dinamakan Diskusitokoonline.com.

Ketika sebuah bisnis sudah mampu membangun komunitas mereka sendiri, dan mereka juga mampu menarik dan merangkul pelanggan untuk menjadi anggota komunitas, maka dengan mudah juga mereka akan direkomendasikan oleh pelanggan kepada orang lain. Sebuah komunitas dibentuk untuk mendekatkan diri dengan pelanggan dan yang jelas lebih menduniakan produk mereka.

Sebuah komunitas yang sudah besar tidak akan repot – repot untuk mencari orang untuk ikut masuk menjadi anggota komunitas, karena mereka akan mencari Anda dan mengikuti komunitas Anda. Komunitas yang besar dibangun dari komunikasi yang baik setiap pelanggan dengan sebuah bisnis. Ketika pelanggan merasa nyaman berada di bawah naungan bisnis Anda, mereka akan dengan mudah kembali dan membawa orang lain untuk ikut mempercayai bisnis Anda.

Sebuah komunitas akan mampu membawa bisnis Anda untuk dikenal banyak orang. Melalui apa? Jelas melalui rekomendasi anggota di dalam komunitas Anda. Maka dari itu ketika Anda berencana membuat sebuah komunitas dari bisnis yang Anda miliki, maka cobalah untuk memberikan kenyamanan bagi setiap anggota yang ada di dalamnya. Buatlah mereka layak menjadi pelanggan prioritas yang Anda miliki dalam sebuah komunitas yang Anda buat.

Baca juga:

Pentingnya Rekomendasi Bagi Bisnis Anda

Cara Mendapatkan Merek yang Besar untuk Usaha Kecil

Biarkan Pelanggan Berkata “WOW” saat Promosi Word of Mouth Bisnis Anda

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *