Leadership

Menemukan DNA Perusahaan dari Dalam Diri Karyawan

 
  • 7
    Shares

DNA perusahaan?

Seperti halnya manusia, setiap dari yang memiliki DNA pasti memiliki jenis dan karakter yang membentuk pribadi yang jelas berbeda satu dengan lainnya. DNA dari setiap diri manusia akan membentuk sebuah kata yang disebut dengan sifat. Ini jelas membuktikan bahwa sifat manusia yang satu dengan yang lain jelas berbeda.

Begitulah yang sebenarnya terjadi di dalam dunia bisnis. Tidak ada bisnis yang jelas memiliki pondasi hingga pilar dan menara yang sama. Setiap bisnis atau perusahaan pasti memiliki perbedaan yang sekalipun itu kecil untuk terlihat oleh mata. Tapi perbedaan itulah yang dapat membangun sebuah penilaian dari setiap mereka yang mengetahui dan mengenal bisnis tersebut.

DNA dari setiap perusahaan akan membentuk dan membangun sebuah sifat dan kebiasaan dari dalam diri perusahaan itu sendiri. Ini yang juga menjadi pembeda antara satu perusahaan dengan lainnya. DNA setiap perusahaan adalah karyawan yang bekerja sama dalam membangunnya.

Bagaimana karyawan menjadi DNA bagi sebuah perusahaan?

Ini jelas terjadi saat karyawan melakukan suatu kegiatan hingga menciptakan suatu kebiasaan, yang nantinya akan menjadi pembeda terhadap perusahaan lainnya. Karyawan menjadi nyawa dari sebuah perusahaan. Dari karyawanlah perusahaan mampu mengumpulkan berbagai macam ide kreatif untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan karyawan kita juga mampu mencapai setiap target bisnis yang kita inginkan. Karyawan memegang peranan penting dalam membangun dan menciptakan kesuksesan bagi bisnis kita.

Lalu bagaimana membangun DNA perusahaan dari karyawan?

DNA atau kebiasaan yang bisa menggapai sebuah kesuksesan memang tidak muncul dan tumbuh secara instan. Untuk sebuah perusahaan, DNA yang berasal dari seorang karyawan juga harus dibangun melalui sebuah proses pembentukan karakter masing – masing karyawan. Karyawan tidak akan bisa membentuk karakter yang sesuai dengan kebiasaan perusahaan tanpa adanya bimbingan dari perusahaan itu sendiri.

Ajak dan pandu setiap karyawan untuk bisa beradaptasi dan tumbuh bersama dengan budaya perusahaan yang sudah ada sebelumnya. Perusahaan dan karyawan bisa berjalan beriringan untuk mencapai kesuksesan bersama melalui cara yang sama, yaitu pembentukan karakter.

Ketika karyawan sudah tahu dan mengenal bagaimana budaya perusahaan, mereka akan mudah untuk tahu tentang target dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai itu semua. Saat suatu perusahaan bisa membentuk SDM yang unik dan sesuai dengan DNA perusahaan atau culture perusahaan, itu yang akan menyulitkan kompetitor untuk menjiplak dan memiliki karakter yang sama dengan yang kita miliki.

Nah, begitulah yang saya pahami setelah membaca sebuah buku yaitu “Branding with Character” tentang sebuah DNA perusahaan. Bagaimana, sudah pahamkah Anda dengan penjelasan tentang DNA perusahaan yang sebenarnya berada pada diri karyawan yang kita miliki saat ini. Perusahaan dan karyawan bisa berjalan beriringan membentuk sebuah DNA yang kuat dan yang mampu membedakan dirinya dengan yang lain. :)

Sumber: Buku Branding with Character

Baca juga:

7 Point Singkat Memberi Penghargaan untuk Membangun Komitmen Karyawan

Mengukur Tingkat Kemakmuran Karyawan Anda dengan Teori Kebutuhan Maslow

Tips Merekrut Karyawan Baru Untuk Bisnis Anda


  • 7
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *