Interviews

Menemukan Keunikan Hadiah dari Toko Online parcel Bayi Unik ala Babyku.co.id

 

   

Menjadi seorang karyawan dengan penghasilan dan fasilitas memadai di luar negeri ternyata tidak membuat Bapak Juki(29) puas dengan apa yang ia peroleh. Bersama istri beliau lebih memilih melepas zona nyaman yang selama kurang lebih 4 tahun digelutinya demi visi yang ia buat untuk jalan suksesnya sendiri. Dan lulusan Sarjana Ekonomi Management, Universitas Tarumanegara ini memilih untuk menjadi seorang enterpreneur online dan membuka ladang keuntungan untuk dirinya sendiri. Dan kemampuannya melihat pasar yang sebelumnya tidak ada, kini membawanya sukses mengembangkan toko online Babyku.co.id. Dan berikut ini adalah cerita selengkapnya:

Bisa diceritakan terlebih dahulu Pak bagaimana awal mula Anda masuk ke dunia enterpreneur ini?

4 tahun saya dan istri tinggal dan bekerja di Singapura sebagai karyawan dan di satu titik saya merasa jenuh dengan rutinitas zona nyaman dan terdorong untuk kembali ke Indonesia, disitulah saya mulai memikirkan untuk memulai usaha di Indonesia. Mengapa saya lebih memilih jadi pengusaha? Karena saya mau membawa dampak perubahan bagi Indonesia, yang dapat dikenal dari ‘keunikan’ usaha sewa kostum anak ini. Ada visi yang bisa saya ekspresikan.

Pengorbanan apa yang menurut Anda sudah pernah Anda berikan untuk bisnis ini?

Ketika saya merasa yakin akan keinginan untuk kembali ke Indonesia, saya tidak lagi mau melihat masa lalu. Fasilitas “kenyamanan” di Singapore seperti income yang besar dan Permanent Residence (atau sering disebut green card) saya lepaskan demi memenuhi visi saya.

Nah, selanjutnya bisa dijelaskan bisnis Bapak ini apa dan menawarkan produk apa saja?

Bisnis kami bergerak di area kebutuhan ibu dan anak, tetapi juga terbuka untuk perusahaan dan instansi seperti Sekolah, Yayasan, Event Organizer dll. Produk-produk yang ditawarkan yaitu sebagai berikut:

  • Pembuatan parsel bayi sesuai dengan budget dan selera client.
  • Pembuatan boneka tangan dari bahan flannel sesuai dengan design apapun yang diinginkan client.
  • Pembuatan souvenir/gift untuk perayaan acara, seperti 1 bulanan bayi atau yang dikenal dengan “manyue” dalam adat timur (Chinese).
  • Penyewaan dan penjualan kostum anak – anak.

Lalu apa latar belakang Bapak mendirikan dan membangun bisnis ini sampai dengan sekarang?

Berawal dari diskusi kasual dengan kakak ipar saya di sebuah restoran mengenai keputusan saya kembali ke Indonesia dan apa yang akan saya kerjakan, dimana ternyata kami memiliki misi yang sama yaitu bisnis online, sehingga akhirnya diskusi berlanjut sampai berjalannya usaha ini.

Bagaimana cara Bapak dalam memasarkan produk yang dijual disini?

Saat ini kami memasarkan produk kami melalui website, social media, dan business networking seperti dengan sekolah – sekolah (produk kostum), dan perusahaan – perushaan (penyediaan parcel dan boneka tangan). Jangkaun pemasaran produk kami saat ini mencakup seluruh wilayah di Indonesia seperti NTT, Irian, Balikpapan, dan sebagainya yang dapat dijangkau oleh agen pengiriman paket seperti JNE, TIKI, dan POS Indonesia.

Lalu bagaimana kiat Anda dalam menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang dijual?

Setelah menentukan target pasar yang dituju, kami berusaha memenuhi kebutuhan mereka dengan menyediakan produk dan jasa dengan harga dan kualitas yang relevan.

Sampai dengan saat ini produk apa nih yang paling populer di toko online Bapak? 

  • KostumKarakter Import
  • Bonekatangan custom made

Nah apasih yang membuat bisnis Anda ini berbeda dari yang lainnya? Bisa dijelaskan sedikit Pak

  • Sewa kostum online dan offline

Penyewaan kostum tanpa harus datang kebutik. Client cukup memberikan informasi ukuran anak dan kostum yang dikehendaki. Penyewaan dan pengembalian dilakukan secara online. Disamping itu kami juga melayani client yang berkunjung kebutik bagi anak – anak yang ingin memilih kostum kesukaan mereka.

  • Private fitting session @school

Melayani penyewaan exclusive di sekolahan. Semua proses dari pemilihan, fitting, dan pembayaran kostum dilakukan di sekolah.

  • Kostum karakter

Visi kami adalah membawa perubahan bagi dunia bisnis Indonesia yang berintegritas dan terstandarisasi. Kami tidak menjual barang palsu, KW, tiruan, dll yang banyak dijual di pasaran. Semua produk yang terlihat di butik dan website kami, diimport langsung dar ipemilikli cense  (hak paten), sehingga sesuai dengan produk aslinya.

  • BonekaTangan Custom Made

Kami berusaha membuat design boneka tangan yang paling mendekati dari contoh yang diberikan kepada kami. Sehingga karakter apapun yang dibutuhkan, dapat kami buat menjadi boneka tangan.

Sampai saat ini adakah prestasi yang sudah pernah diraih oleh bisnis Bapak ini? 

Menjawab kebutuhan program sekolah – sekolah di seluruh Indonesia dalam pengadaan kostum untuk event – event tahunan dan bulanan.

Nah adakah pengalaman berkesan yang pernah Bapak dapatkan selama menjalani bisnis Babyku.co.id ini?

Kami dapat mendukung program inventarisasi kostum di salah satu sekolah internasional di daerah Serpong dengan memproduksi kostum sebanyak 400-an pcs.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang, dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Di era percepatan teknologi dan informasi, setiap unit bisnis dituntut untuk memenuhi kebutuhan pasar. Selama ini masih banyak orang Indonesia yang belum mengerti bertransaksi secara online, bahkan belum mengetahui bahwa penyewaan dan penjualan kostum bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke butik. Secara spesifik produknya adalah kostum anak dan perlengkapan bayi, dimana biasanya mereka lebih nyaman belanja langsung ke toko untuk melihat bahan, fitting dan sebagainya.

Kami hadir di tengah maraknya bisnis online dengan membangun sistem penyewaan dan penjualan kostum yang excellent service plus mengedukasi mereka bagaimana caranya bertransaks tanpa harus datang ketoko/butik. Prosedur yang kami jalani selama ini adalah:

  • Menghubungi kami melalui telepon, BBM atau WhatsApp. Saling berkomunikasi tentang produk yang dibutuhkan oleh klien, misal kostum dokter. Ada 2 pilihan: dikirim atau datang ke butik. Jika dikirim, kami minta data tinggi anak, berat badan anak dan ukuran lingkar dada anak untuk menentukan ukuran yang sesuai dengan si anak.
  • Setelah itu, kami tunggu konfirmasi pembayaran.
  • Kirim kostum sesuai dengan tanggal yang disepakati.

Lalu apanih tantangan dan kendala yang dihadapi selama menjalani bisnis ini?

Mengubah paradigma sebagian pasar khususnya para orang tua untuk menerima dan membangun kepercayaan pada sistem penyewaan kostum secara online. Cara mengatasinya adalah dengan setia memberikan pelayanan transaksi offline yang excellent dan memberikan edukasi yang konsisten mengenai sistem penyewaan kostum online.

Nah apa rencana kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

  • Menjadi perusahaan konveksi kostum anak pertama di Jakarta.
  • Bekerjasama dengan rumah sakit dan instansi – instansi lain untuk pengadaan parcel bayi dan boneka tangan.

Selanjutnya nih, adakah orang yang membuat Bapak termotivasi untuk membangun dan mengembangkan bisnis ini?

Toh Teguh Budianto (Direktur Utama PT. Channel Of Blessing www.sewamobilbox.co.id). Orang yang tegas, berani ambil resiko, tidak takut rugi, dan selalu memberikan motivasi dan semangat pada saya selaku entrepreneur muda dan baru. Quote yang paling berkesan dan menjadi pegangan saya adalah hikmat yang berkata “apa saja yang kamu perbuat, perbuatlah itu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia”.

Yang terakhir nih Pak. Adakah saran yang ingin Bapak sampaikan kepada para pembaca sekalian?

Bisnis sesungguhnya adalah memenuhi kebutuhan dan menjadi solusi bagi orang lain, menjadi pemimpin yang berjiwa besar, setia dalam perkara kecil, excellent, cerdik tidak licik, berintegritas,  tidak fokus dengan uang (hanya alat tukar), dengan tujuan menjadi teladan bagi generasi berikutnya.

Wah terimakasih Banyak Pak atas kesempatannya berbagi cerita dan pengalaman membangun Babyku.co.id bersama kami. Semoga toko online Bapak semakin dan selalu sukses ya :)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *