Start A Business

Menentukan Harga untuk Produk di Toko Online

 

   

Mendirikan bisnis akan banyak yang harus diperhatikan, dari rencana pendirian, produk yang ingin dihasilkan, lokasi bisnis, media promosi dan juga harga jual produk. Ada sedikit perbedaan antara menentukan harga jual produk toko offline dengan toko online. Dari media yang digunakan untuk berjualan juga sudah berbeda. Dan berikut ini adalah kiat untuk membantu Anda dalam menentukan harga jual untuk produk di toko online Anda:

1. Modal

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menentukan harga jual produk untuk sebuah toko online adalah modal awal Anda. Modal awal yang besar tidak akan memungkin Anda untuk menaruh harga rendah demi menarik perhatian dan minat calon pelanggan pertama Anda. Namun berbeda jika Anda berani menaruh rugi cukup besar untuk bisnis Anda. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu harga produk yang akan Anda beri dari modal yang Anda keluarkan.

2. Material atau bahan baku

Setelah bicara mengenai modal, selanjutnya adalah harga bahan baku atau material yang Anda gunakan. Jika Anda menjual produk buatan sendiri atau handmade, tentunya bahan baku menjadi bagian terpenting dari terciptanya produk yang Anda jual. Harga bahan baku harus Anda fikirkan juga sebelum menentukan harga jual produk tersebut. Ini akan mejadi sedikit rumit ketika Anda dihadapkan pada harga bahan baku yang terus naik. Menjadi pilihan adalah mempertahankan kualitas produk dengan menaikkan harga atau menurunkan harga demi menarik banyak pelanggan dengan menurunkan kualitas dari produk.

3. Pembayaran tenaga kerja

Apakah bisnis atau toko online Anda memiliki tenaga kerja atau karyawan lain? Jika iya, maka perlu kembali Anda pertimbangkan untuk menentukan harga dari produk yang Anda jual. Jika pada awal berjualan Anda hanya sendiri, bisa saja Anda memberikan harga yang sedikit lebih rendah dari pesaing Anda, namun bagaimana jika ditengah jalan Anda membutuhkan tenaga seseorang untuk membantu Anda berjualan online. Tentu saja Anda membutuhkan biaya untuk membayar mereka, dan ini akan sedikit banyak berpengaruh terhadap harga produk yang Anda jual.

4. Pengeluaran lain – lain

Nah, sebuah bisnis bukan hanya akan berkutat pada membeli bahan baku, membayar tenaga kerja, namun lebih dari itu. Bisnis tentu saja akan mengeluarkan banyak baiya khusus untuk hal – hal lain, seperti buaya operasional, biaya rutin, biaya tidak rutin, dan pengeluaran lain – lainnya. Ini juga yang harus menjadi perhatian bagi Anda pemiliki bisnis terutama bisnis online sebelum menentukan harga produk jual. Jangan biarkan Anda lupa memperhatikan biaya pengeluaran lain – lain ini.

5. Kelebihan produk

Saat berjualan tentu saja Anda berharap produk yang Anda hasilkan akan terjual semua dan mendapatkan untung banyak. Namun ada kalanya Anda akan memiliki kelebihan produk saat proses produksi atau proses penjualan. Dan ini akan menjadi perhitungan untuk penentuan harga jual produk selanjutnya. Akan menjadi sangat merugi, ketika Anda menjual produk seperti produk makanan yang tidak bisa bertahan lama. Ketika ada kelebihan produk, Anda harus dipaksa untuk tidak menggunakan atau menjualnya lagi. Dan ini akan menjadi salah satu kerugian bagi Anda. Maka dari itu, jangan abaikan masalah kelebihan produk ini.

6. Persentase profit

Keuntungan, menjadi bagian terpenting dari saat Anda berencana untuk menentukan harga suatu produk. Anda harus memperhatikan dan memperhitungkan persentase profit atau keuntungan penjualan produk Anda sebelumnya. Ini akan menjadi evaluasi dan acuan bagi Anda menentukan harga jual produk selanjutnya. Ini berlaku untuk toko online yang harus selalu memperhatikan persentase keuntungan dan kerugian dari toko online. Mereka harus melihat apa yang membuat toko onlinenya untung dan rugi dari waktu ke waktu. Ini yang akan menjadi acuan bagi kenaikan harga produk selanjutnya.

 Baca juga:


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *