Start A Business

Mengapa Enterpreneur Harus Memiliki Sikap Berani?

 
  • 2
    Shares

Loading...

Berani? Bukan hanya sikap yang harus dimiliki oleh seorang petualang atau pengembara. Sikap berani harus dimiliki oleh setiap orang, termasuk para pebisnis atau enterpreneur. Akan ada banyak alasan mengapa enterpreneur harus memiliki keberanian dalam menjalankan bisnisnya. Karena bisa dibayangkan jika enterpreneur hanya memiliki banyak mimpi dan rencana yang indah tapi tidak berani bertindak, itu tidak akan berarti apapun untuk dirinya. Maka dari itu, keberanian sangatlah dibutuhkan saat kita memutuskan untuk menjadi seorang enterpreneur. Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa enterpreneur harus memiliki keberanian:

1. Keberanian menentukan sikap

Seorang pebisnis atau enterpreneur yang memiliki tanggungjawab yang besar terhadap bisnis, karyawan, produk, dan konsumen tentu harus memiliki keberanian yang besar. Dari keberanian ini, sikap sebagai pebisnis yang tegas dan bertanggungjawab akan dengan mudah terbentuk. Tegas disini bukan berarti keras, tetapi berani mengambil sikap terhadap suatu keadaan dan keputusan, terlebih yang sangat mendadak.

2. Membentuk pribadi

Keberanian yang dimiliki oleh enterpreneur juga akan membentuk pribadi yang kuat dan pantang penyerah. enterpreneur harus memiliki keberanian dalam bertindak dan terus melakukan perubahan atau inovasi dalam bisnisnya. Keberanian juga akan membuat enterpreneur mampu bersikap mandiri dan siap untuk jatuh dalam setiap proses bisnisnya.

3. Tegas dalam memutuskan sesuatu

Berani dalam bertindak adalah salah satu yang dibutuhkan untuk bisa membuat bisnis menjadi lebih sukses. enterpreneur atau pemilik bisnis harus berani tegas dalam memutuskan sesuatu. Sekalipun keputusan yang dibuat terkadang merugikan bagi dirinya atau bahkan perusahaan. Keberanian ini juga ditunjukkan ketika enterpreneur berada pada titik dimana bisnis mengalami keterpurukan dan semisal harus mengorbankan karyawan yang sangat dibutuhkannya. Ini akan menjadi sangat membingungkan bagi pebisnis jika tidak memiliki keberanian dalam memutuskan dengan tegas, cepat dan tepat.

4. Tidak mudah tergoda

Pemilik bisnis harus memiliki sikap konsisten yang tinggi. Keberanian untuk mengatur emosi dan keinginan yang tidak perlu harus benar – benar ditunjukkan jika memang ingin bisnisnya berjalan dengan lancar. Ada kalanya emosi yang timbul mampu membuat Anda tergoda atau bahkan bertindak diluar kendali. Tapi berani bersabar dan berani bertindak tegas terhadap diri sendiri akan menghalangi keinginan tersebut. Cobalah ajak diri Anda agar lebih konsisten pada satu hal dan menghalangi diri untuk tidak tergoda dengan hal – hal yang tidak perlu dan berpotensi merugikan bisnis Anda.

5. Selalu yakin dengan langkahnya

Yang terakhir adalah, seorang pebisnis haruslah memiliki sikap berani yakin terhadap apa yang telah ia ambil. Rasa berani dan percaya diri haruslah diiringi dengan kerja keras dalam mencapai segala tujuan dari setiap langkah yang diambil. Jika pebisnis tidak memiliki rasa berani dan percaya diri saat mengambil langkah, bisa dipastikan ia akan bingung dan sering ragu terhadap sikap yang harus diambilnya. Itu sebabnya, berani yakin dengan langkah yang diambil haruslah dimiliki oleh semua pebisnis.

Baca juga:

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *