Insider

Mengapa Tidak Ada Kata Terlambat untuk Memulai Pekerjaan di Dunia Digital?

 

Profesi internet untuk segala usia

Ada berbagai cara berpikir tentang digitalisasi dan transisi kehidupan online. Tapi kini orang yang bekerja secara online dengan salah satu cara atau cara lainnya lebih diminati di pasar tenaga kerja. Kabar baiknya adalah Anda dapat menguasai profesi internet tidak peduli berapa usia Anda untuk memilih pekerjaan yang tepat sesuai dengan keterampilan dan keinginan Anda.

Mengapa Perlu Menguasai Profesi Online

Saat ini sudah banyak orang yang telah menggunakan internet dan teknologi. Kita menggunakan internet untuk mencari informasi, membayar pesanan dan layanan online, menonton film di bioskop online atau video di YouTube, berkomunikasi di jejaring sosial dan pengirim pesan instan.

Perusahaan secara aktif menggunakan digitalisasi dan teknologi untuk membuat pekerjaan manual dan rutinitas mereka menjadi otomatis. Dengan demikian, orang-orang dapat menghemat upah dan meningkatkan produktivitasnya.

Oleh karena itu, beberapa profesi menjadi tidak lagi diperlukan dan hilang. Menurut penelitian, pada tahun 2030, 57 profesi, termasuk akuntan, agen perjalanan, penasihat hukum, penjaga keamanan, kurir, penjahit, mungkin akan hilang, tetapi 186 profesi yang baru akan muncul sebagai gantinya.

Pandemi virus corona juga memberikan dampak tersendiri. Perusahaan dan karyawan yang pekerjaannya tidak ada dilakukan secara online menjadi terpengaruh. Demi berjalannya bisnis, mereka memindahkan karyawannya ke lokasi terpencil dan proses kerjanya menjadi online. Mereka yang tidak berhasil beradaptasi harus menutup diri.

Calon tenaga kerja dengan keterampilan yang dapat bekerja menggunakan teknologi informasi, alat digital dan kemampuan untuk melakukannya dari jarak jauh menjadi sangat diminati. Menurut Kemenko Perekonomian, sebagian besar profesi digital termasuk dalam dua puluh profesi teratas yang paling diminati di masyarakat, termasuk programmer dan developer junior, manajer produk, dan analis data.

Penataan kembali kekuatan ini telah menciptakan permintaan yang kuat untuk diadakannya pelatihan menguasai profesi internet. Begitu pula dengan kampus online “Genius Education” mencatat peningkatan signifikan dalam pendaftaran untuk semua kursus online, yakni pada bulan Maret sebesar 345%, pada bulan April sebesar 112%, pada bulan Mei sebesar 118%, dan pada bulan Juni sebesar 115%. Menariknya, peserta berusia 45-54 tahun meningkat hingga sebesar 104%, sedangkan peserta berusia 35-44 tahun hanya meningkat sebesar 80%.

Semua tren ini mendapatkan momennya tersendiri setiap tahun. Oleh karena itu, para spesialis perlu mempelajari hal-hal baru agar tetap diminati sebagai pekerja dalam 5-10 tahun ke depan.

Bagaimana memulai profesi digital atau TI

Menguasai profesi internet jauh lebih cepat dan mudah daripada harus kuliah lagi. Anda hanya perlu “mendigitalkan” pengetahuan dan keterampilan yang ada.

Misalnya, jika Anda memiliki latar belakang teknis dan pernah bekerja di lembaga penelitian, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk terbiasa dengan pemrograman atau analisis data. Jika Anda seorang dari bidang humaniora dan pernah bekerja sebagai guru di sekolah, Anda bisa menguasai profesi copywriter atau content manager.

Saat merekrut pekerja, pengusaha sangat mementingkan keterampilan profesional (hard skills) dan karakteristik pribadi (soft skills). Teknologi dan layanan dapat dikuasai dengan cukup cepat melalui kursus online. Dalam beberapa keterampilan profesional dan pribadi, Anda harus dapat lebih kompetitif daripada generasi muda dan lulusan mahasiswa di bidang ini. Memiliki wawasan luas, kemampuan literasi, dan kebijaksanaan adalah keuntungan utama Anda.

Syarat utama untuk dapat bekerja di dunia digital adalah kemauan untuk terus belajar dan update terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Apa Profesi Online yang Paling Mudah Dipelajari?

Pemrograman

Bidang ini cocok untuk mereka yang tekun yang dapat meneliti tugas secara terus-menerus dan bertanya pada diri sendiri tentang “bagaimana cara kerjanya?”, tidak takut untuk memecahkan masalah dan tetap tenang, memperbaiki kesalahan dalam pekerjaan mereka.

Untuk memulainya, tidak perlu memiliki pengetahuan matematika yang baik, harus memiliki pendidikan teknis dan bisa berbahasa Inggris secara fasih. Pemrograman dapat dipelajari oleh pria dan wanita.

Penguji dari perusahaan akan memastikan kualitas produk IT di semua tahap pengembangan.

Skill yang harus dikuasai:

  • dapat melakukan dan mendokumentasikan pengujian dan prosedur “manual”;
  • memiliki pengetahuan tentang penyimpanan kasus uji;
  • dapat penyusunan laporan masalah dan kesalahan pada produk;
  • memiliki pemahaman tentang metode pengembangan dan organisasi kerja pada suatu proyek;
  • memahami UNIX, Linux dan Windows;
  • memiliki kemampuan komunikasi yang baik;
  • memiliki pengetahuan dasar bahasa pemrograman dan framework, seperti Java/JavaScript/C# atau C++/SQL/Python/PHP.

Seorang pembuat kode HTML dan CSS harus dapat melakukan pengeditan pada kode HTML halaman web, mengetik blok teks, mengubah desain dan gaya setiap elemen situs.

Skill yang harus dikuasai:

  • memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar HTML dan CSS,
  • dapat melakukan pengeditan pada kode HTML halaman web,
  • dapat membuat tata letak blok teks,
  • dapat melakukan penataan elemen secara terpisah,
  • dapat membantu menyiapkan konten untuk publikasi di situs.

Dimana belajar?

Genius Education memiliki kursus Web Development, yang akan sangat cock bagi Anda, jika Anda baru memulai karier dalam digital. Lagipula, pusat karier mereka menjamin bantuan untuk perekrutan ke perusahaan dunia yang terbesar! Silakan ikuti link dan dapatkan tempat di kursus dengan diskon!

https://hubs.li/H0YpHMq0

Analitik (data science)

Analisis data diperlukan untuk membuat perkiraan dan rekomendasi berdasarkan data, memecahkan masalah bisnis perusahaan dan membuat produk. Pekerjaan ini cocok untuk mereka yang menyukai matematika, algoritma dan memiliki minat penelitian.

Bidang ini memang cukup sulit untuk dimasuki bagi mereka yang benar-benar pemula. Tetapi bidang ini dapat terus dipelajari dan diperdalam seiring dengan pengalaman dan tempat kerja saat ini.

Analis BI adalah bidang pengembangan untuk akuntan, pemodal, pedagang, ekonom, programmer, cocok bagi orang-orang yang cenderung melakukan otomatisasi pekerjaan harian. Mereka memiliki pengalaman di dunia bisnis, mereka harus tahu bagaimana bekerja dengan angka dan memiliki keterampilan Excel dasar. Analis BI mengumpulkan data mentah dan memvisualisasikannya sehingga bisnis dapat membuat keputusan terbaik berdasarkan data tersebut.

Skill yang harus dikuasai:

  • membuat pengembangan persyaratan untuk instrumen analisis yang dibuat oleh programmer, mendukung implementasinya di perusahaan;
  • membuat persiapan bahan analisis untuk keputusan strategis;
  • menjaga relevansi dan pengembangan sistem pelaporan manajemen;
  • mampu mentransfer kebutuhan bisnis dalam bentuk tugas-tugas khusus untuk peserta proyek lainnya.

Dimana belajar?

Genius Education memiliki kursus Data Science juga! Pelajaran akan diberikan oleh para spesialis yang terbaik dari perusahaan yang terkemuka di seluruh dunia, yaitu Facebook, Amazon, Gojek! Silakan beralih pada kerja online guna menjamin masa depan yang nyaman dana man untuk Anda dan keluarga Anda.

https://hubs.li/H0YpHV40


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *