Keuangan

4 Cara Mengatur Keuangan Untuk Milenial

 
  • 1
    Share

Mengatur keuangan mungkin terdengar mudah namun sulit untuk diterapkan. Mungkin Anda kerap kali kehabisan uang di akhir bulan, dan ini menjadi salah satu indikasi bahwa upaya Anda dalam mengatur keuangan belum baik.

Generasi Milenial dalam Mengatur Keuangan

Lahir di era perkembangan teknologi membuat generasi yang juga sering disebut sebagai generasi Y menjadi generasi paling adaptif dengan perkembangan teknologi.

Namun generasi seperti ini pula lah yang dianggap rentan untuk melakukan pemborosan dilihat dari gaya hidupnya. Generasi yang hidup di masa review produk pada berbagai media sosial dan cashback yang menggiurkan.

Istilah konsumtif menjadi begitu lekat pada generasi milenial. Tak jarang, perilaku konsumtif hanya berujung penyesalan karena membeli barang yang tidak fungsional.

Untuk Anda generasi milenial, Mebiso akan membantumu memberikan 4 cara agar mengatur keuangan semakin mudah dilakukan!

1. Buat Rencana Pengeluaran Bulanan

Mengatur keuangan
Sumber: unsplash.com

Generasi milenial mungkin jarang atau bahkan belum mengerti pentingnya membuat perencanaan pengeluaran setiap bulan dan cenderung berjalan begitu saja dengan dana yang dimiliki.

Padahal, membuat perencanaan di awal bulan dapat membantu Anda untuk terhindar dari pengeluaran yang sia-sia. Anda bisa membagi kebutuhan dalam dua bagian, jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk jangka pendek, Anda bisa mulai dengan membuat daftar kebutuhan Anda setiap bulannya. Anda pun dapat menyisihkan dana untuk hangout.

Untuk jangka panjang, Anda bisa mulai mengalokasikan dana khusus untuk keperluan tertentu. Seperti jika Anda memiliki rencana berlibur pada Juli, Anda bisa mulai menyisihkan sebagian dana sejak bulan Januari.

2. Anggarkan untuk Tabungan Investasi

Sudahkah di antara Anda generasi milenial berpikir untuk melakukan investasi? Sebagian kecil mungkin sudah mulai untuk menginvestasikan sebagian dari penghasilannya karena telah mengatahui manfaatnya.

Namun jika kamu menjadi golongan yang belum berinvestasi, simak baik-baik ya.

Investasi jika didefinisikan secara simple, berarti Anda akan memiliki simpanan dana yang terus meningkat setiap tahunnya. Berbeda dengan tabungan yang bisa saja tergerus oleh inflasi.

Bentuk Investasi pun beragam, seperti saham, obligasi, atau investasi pada bisnis tertentu. Mulailah mencari tahu agar segera merasakan manfaatnya.

3. Catat Pengeluaran Sehari-hari

Mendengarnya saja mungkin sudah terbayang malasnya bukan? Tapi tenang, karena kini banyak aplikasi pencatatan keuangan yang tersedia gratis baik di Playstore atau pun Appstore.

Mencatat pengeluaran menjadi poin penting karena akan mengontrol pengeluaran Anda perlahan. Lewat catatan pengeluaran, kamu pun bisa mengantisipasi celah kebocoran dari pengeluaran yang tidak semestinya.

Memiliki catatan pengeluaran setiap hari dapat membuat Anda lebih mempertimbangkan hal-hal yang akan dibel tanpa keluar dari daftar rencana pengeluaran bulanan.

4. Bijak dalam Membeli Sesuatu

Mengatur keuangan
Sumber: unsplash.com

Yang terakhir dan tak kalah penting ialah menjadi bijak ketika Anda mulai berpenghasilan. Semakin bijak Anda membuat keputusan pada dana yang dimiliki, berarti semakin baik pula Anda dalam mengatur keuangan.

Tegaslah pada diri Anda. Selalu berpikir dua kali untuk mengalokasikan dana agar Anda dapat lebih menghemat pengeluaran yang sekunder. Karena keputusan Anda akan menentukan seberapa berhemat Anda.

Jika memungkinkan untuk membeli barang yang Anda inginkan dengan harga murah namun perlu effort lebih, baiknya lakukan saja karena sering kali ego membuat Anda lebih tergesa-gesa.


Keempat cara untuk mengatur keuangan seperti di atas hanya dapat membuahkan hasil jika Anda mulai melakukannya dan konsisten dalam menjalankannya.

Untuk itu, bulatkan tekad untuk masa depan generasi milenial yang lebih baik!


  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *