Leadership

Mengenal 4 Gelombang Evolusi Fungsi HR di Bisnis Anda

 
  • 1
    Share

Loading...

HR memiliki gelombang evolusi fungsional HR yang akan dilalui setiap perusahaan. Evolusi ini disesuaikan pula dengan perkembangan perusahaan Anda. Ada baiknya anda mengetahui sudah sampai dimana gelombang evolusi HR di perusahaan anda. Nah, berikut  diantaranya:

Gelombang satu 

Dimulai pada awal abad 20 sampai sekarang,  fungsi HR di dominasi pada pekerjaan administratif. Pada kondisi ini, HR fokus pada pemberian layanan SDM dan kepatuhan terhadap peraturan. Peran HR cenderung diisi dengan orang-orang yang melakukan pekerjaan yang sangat baik pada hal administrasi. Fungsi HR pada gelombang ini mungkin masih kental diterapkan pada bisnis UKM yang mana jumlah karyawannya masih kurang dari 5 orang dan bisa jadi fungsi HR dihandle oleh sang pemiliknya sendiri.

Gelombang kedua

Pada gelombang ini lebih menekankan desain SDM yang inovatif. Inovasi terjadi dalam rewarding, komunikasi, pelatihan, perekrutan, perencanaan suksesi dan bidang praktek SDM lainnya. Mereka juga terintegrasi satu sama lain untuk memberikan pendekatan yang konsisten untuk HR. Pada gelombang ini HR sudah memulai untuk menata dan mengembangkan perannya. Kebijakan-kebijakan sederhana sudah mulai dibentuk atas kesepakatan bersama.

Gelombang tiga 

Pada gelombang ini, fungsi SDM dipadukan dengan jalannya tujuan bisnis melalui strategi-strategi yang diciptakan HR. Mengingat fungsinya menciptakan strategi bisnis, HR akan dibebankan dengan tugas menambah nilai dan meningkatkan bakat, budaya, dan kepemimpinan untuk mencapai strategi. HR juga tidak menggarap strategi ini sendiri, namun HR sudah mulai berkolaborasi dengan pimpinan untuk menerapkan nilai-nilai tersebut.

Gelombang empat 

Pada tiga gelombang sebelumnya fungsi SDM yang masih harus dilakukan dengan baik adalah administrasi HR yang sempurna, praktik HR yang inovatif dan terintegrasi, selain itu HR juga harus dapat memberikan strategi dalam kegiatan bisnis. Dewasa ini, HR juga harus mampu melihat kondisi di luar organisasi mereka. Yang sebelumnya HR dituntut untuk menambah value, saat ini HR ditantang untuk menciptakan nilai itu sendiri bersama dengan direksi agar value yang diciptakan sesuai dengan identitas perusahaan itu sendiri. Hal ini dapat menjadi sebuah inputan bagaimana kita melayani pelanggan, investor, dan masyarakat guna terciptanya SDM yang sukses.

Jika fungsi HR anda sudah sampai di tahap ini (Gelombang empat), maka selamat, fungsi HR anda telah dijalankan dengan sempurna. Pertahankan.

Jadi sudah siapakah Anda untuk mengoptimalkan fungsi HR Anda?

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *