Start A Business

Mengenal 4 Jenis Bisnis E-commerce

 
  • 1
    Share

Loading...

Bisnis E-commerce berkembang dengan cepat di masyarakat. Pada awalnya bisnis ini hanya berkembang antara pemilik bisnis dengan customer atau biasa disebut B2C (Business to Customer). Namun seiring perkembangan zaman, kini bisnis E-commerce sendiri sudah sangat banyak jenisnya, seperti B2B, C2C, B2E dan masih banyak lagi. Namun disini kita coba share apa pengertian dari keempat jenis E-commerce ini. Berikut ini ulasannya:

1. B2B – Business to Business

Jenis yang pertama adalah B2B. Jenis marketing ini biasanya terjadi antar satu perusahaan dengan perusahaan lain. B2B juga bisa terjadi pada produsen dengan grosir atau grosir dengan pengecer. Skala marketing untuk B2B jauh lebih besar dibandingkan dengan B2C. B2B juga biasa menggunakan email untuk berkomunikasi dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain, dalam rangka membeli suatu produk atau jasa dari perusahaan lain untuk kelangsungan atau jalannya proses produksi di perusahaan tersebut.

2. B2C – Business to Customer

Ini yang biasanya terjadi dan sudah sangat akrab dengan kita. Yaitu saat kita membeli dan bertransaksi dengan penjual atau pengecer. Business to customer merupakan kegiatan yang menggambarkan sebuah bisnis yang melayani antara konsumen akhir dengan produsen  atau jasa. Seperti halnya toko online yang menjual produk dari website mereka sendiri kepada konsumen. Proses transaksi antar bisnis dan customer akan terjadi disini.

3. C2C – Customer to Customer

Pada bisnis online, C2C biasa dicontohkan dengan sebuah transaksi antara konsumen yang satu dengan yang lain. Market place menjadi salah satu tempat yang bisa digunakan untuk bertransaksi C2C. Karena satu customer menjual dan customer lainnya mulai menawar hingga pada akhirnya membeli. Market place hanya menjadi wadah atau perantara dalam proses transaksi jual beli barang.

4. B2E – Business to Employee

B2E merupakan jenis electronic commerce yang menggunakan jaringan intrabusiness. Dengan menggunakan B2E, memungkinkan perusahaan mudah untuk menyediakan produk/jasa kepada karyawannya.

Ada banyak jenis E-commerce yang berkembang di masyarakat. Ini tergantung dari setiap orang yang ingin mengembangkan dari keempat jenis pokok diatas. Jika Anda memiliki pendapat lain, silahkan Anda share di kolom komentar :)

Baca juga:

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *