Running A Business

Mengenal 7 Jenis Digital Marketing Dalam Bisnis

 
  • 26
    Shares

   

Perkembangan teknologi membawa pengaruh besar terhadap setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Termasuk untuk sebuah kegiatan bisnis yang tentu saja akan merasakan dampak perkembangan ini secara luar biasa. Digital marketing, menjadi sebuah trend yang saat ini sudah banyak dilakukan oleh sebagian orang di dunia bisnis. Mereka beranggapan bahwa dunia digital akan terus berkembang seiring perkembangan zaman dan kebutuhan manusia. Itu sebabnya digital marketing sangat membantu setiap kegiatan masyarakat terutama dalam proses pemasaran bisnis mereka. Dan bagi setiap pelaku digital marketing tentu saja berbeda – beda. Mulai dari apa yang mereka kerjakan, mereka amati dan dari jenis sosial media yang menjadi favorit mereka. Ini sebabnya, Mashable.com memberikan sebuah pengetahuan tentang 7 jenis digital marketing yang ada dalam sebuah bisnis.

1. The data whiz

Untuk jenis digital marketing yang pertama adalah mereka yang memang menyukai tentang bagaimana menganalisa dan mengelola data dari sebuah kegiatan promosi melalui media digital. Mereka juga menganalisa setiap data yang didapatkan ketika mereka mengirimkan sebuah email penawaran kepada pelanggan. 43% dari mereka melakukan pengujian terhadap siapa saja yang melakukan call to action terhadap email yang dikirim. 50% dari jenis digital marketing ini akan menganalisa untuk waktu pengiriman email marketing. Dan sekitar 97% akan menganalisa dan menguji tentang subject email yang benar – benar menarik perhatian pembaca.

2. The E-Artiste

Untuk jenis yang kedua adalah mereka yang suka mendesain bagaimana sebuah tampilan digital marketing mampu menjadi daya tarik bagi siapapun yang melihatnya. Mereka lebih menyukai mendesain sebuah tampilan konten yang akan dimuat di sosial media. Mereka juga akan menguji berapa banyak yang menyukai konten visual ketimbang hanya sebuah tulisan. Untuk saat ini memang konten visual menjadi daya tarik yang cukup besar untuk proses promosi dimedia apapun. Masyarakat lebih menyukai sebuah informasi yang disajikan dengan singkat, padat, jelas dan juga menarik.

3. The social media master

Dan yang satu ini adalah jenis untuk mereka yang terus melihat dan mengamati perkembangan sosial media. Mereka akan terus menganalisa apakah satu sosial media memiliki sebuah bug yang nantinya akan berpengaruh terhadap penggunaannya. Karena sosial media menjadi satu tempat untuk promosi bisnis yang mudah digunakan, sehingga akan banyak yang menggunakannya sebagai sarana promosi bisnis. Lebih dari hampir 90% dari pengguna sosial media akan membagikan konten yang mereka sukai kepada orang lain. Ini akan menjadi peluang bagi sebuah bisnis yang menggunakan sosial media untuk promosi. Konten yang dibuat haruslah menarik sehingga mampu membuat pengguna sosial media tertarik dan membagikannya.

4. The beta taster

Untuk jenis digital marketing yang satu ini mereka lebih menyukai sosial media apapun yang masih dalam versi beta. Mereka terobsesi dengan segala kegiatan digital marketing yang baru. Mereka mendapatkan data tentang penggunaan perangkat dalam kegiatan digital marketing mereka. 1 dari 5 orang dewasa menggunakan lebih dari 4 perangkat untuk bersosial media perminggunya, ini dilakukan untuk memudahkan mereka dalam melakukan kegiatan digital marketing.

5. The marketing megaphone

Jenis digital marketing yang satu ini lebih menyukai menggunakan sosial media Twitter. Mereka akan menggunakan simbol – simbol ataupun hashtag untuk memperjelas maksud dari kegiatan marketing mereka. Mereka juga menganalisa berapa banyak yang tertarik dengan sebuah konten yang menggunakan simbol dengan menggunakan hashtag. Sekitar 15% dari pengguna Twitter akan menyukai konten yang menggunakan simbol – simbol, sedangkan 4.8% lainnya menyukai konten yang ditambahkan sebuah hashtag didalamnya. Mereka juga menemukan jika sebuah email marketing dengan ucapan terimakasih untuk ikut bergabung dalam milis pelanggan memiliki target respon sebesar 15x lebih besar dari lainnya.

6. The old school advertiser

Jika dari Anda pernah mengenal, mengetahui atau menggunakan sosial media “MySpace”, itulah sosial media yang juga menjadi favorit dari jenis digital marketing ini. Bukan tidak baik untuk digunakan saat ini. Sekalipun sudah menjadi sosial media yang lama tapi ternyaat MySpace masih digunakan oleh beberapa orang untuk melakukan digital marketing. 1 dari 4 pemasaran digital juga masih menjaga kegiatan promosi secara offline disamping terus mengembangkan proses digital marketing online mereka.

7. The snarky marketer

Dan untuk jenis digital marketing yang terakhir ini adalah mereka yang selalu tahu apa yang dilakukan oleh timnya benar atau salah. Sosial media favorit mereka adalah blog pribadi mereka sendiri. Mereka akan mengutamakan proses analisa dan kontrol untuk setiap proses marketing digital yang dilakukan. Mereka juga menyarankan agar para marketers memanfaatkan digital multi channel.

Nah, kini dimanakah diri Anda berada?

Dimanapun itu, saya yakin Anda mulai menyadari bahwa digital marketing sangatlah penting untuk pengembangan bisnis Anda saat ini. Pasti Anda juga mulai bergumam “digital marketing kan tidak semudah yang kita kira, butuh keterampilan khusus untuk bisa membuat konten yang menarik”

Saat Anda mengatakan ini, saya yakin Anda pun mulai penasaran bagaimana cara membuat konten digital marketing yang menarik dan juga menjual. Salah satunya melalui email marketing. Dan sebelum Anda membuat konten email marketing yang lebih menarik, Anda perlu memahami apa saja komponen yang penting Anda perhatikan di dalam email marketing. ARTIKEL INI akan membantu menjelaskan kepada Anda apa saja yang Anda harus perhatikan sebelum menciptakan email marketing yang meningkatkan penjualan produk dan jasa Anda.

 

                              

Loading...

  • 26
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *