Technology

Mengenal Bentuk Penipuan di Internet

 

Loading...

Pasti anda pernah mendengar istilah “Phishing” kan? Memang di internet, Phishing merupakan idiom yang umum beredar. Karena phishing adalah sebuah bentuk penipuan melalui media elektronik, salah satunya internet.

Phishing terbanyak disebarkan lewat email dan website.

Phishing dilakukan untuk membuat korban mau membagi informasi sensitifnya kepada pihak penipu dengan memanfaatkan kredibilitas dari perusahaan besar / ternama (misal: bank, asuransi, kartu kredit, penyedia layanan internet, dan lain-lain). Informasi ini kemudian disalahgunakan untuk menipu pihak lain, atau mengambil keuntungan dari korban tanpa sepengetahuan sang korban.

Mengenal Teknik-teknik Phishing.

1. Phiser (pelaku phising) umumnya menggunakan alamat email palsu, atau email Botnet (Lindungi Website dari Bahaya Botnet) untuk mengirimkan grafik yang dapat menyesatkan pengguna internet sehingga mereka terpancing untuk menganggap email tersebut absah. Agar tampak meyakinkan, pelaku juga seringkali memanfaatkan logo atau merk dagang milik lembaga resmi seperti bank atau penerbit kartu kredit. Pemalsuan ini dilakukan untuk memancing korban menyerahkan data pribadi, seperti password, PIN dan nomor kartu kredit.

2. Phiser juga seringkali membuat website palsu yang sama persis dengan situs resmi, dengan nama domain / URL yang jika dicermati ada sedikit kata yang terpeleset. Misalnya citibank dengan c1t1bank. Pada font tertentu, kedua kata ini seolah tidak ada bedanya. Terutama jika link palsu dikirimkan melalui email. Hati-hati, cermati dulu sebuah halaman sebelum anda login ke sana.

3. Membuat website palsu atau menyediakan form isian yang ditempelkan pada e-mail yang dikirim. Maka, jangan pernah submit apapun kecuali dari website resmi.

4. Media elektronik lain yang seringkali dimanfaatkan phiser untuk melancarkan aksinya adalah media telepon. Misalnya bila anda ditelefon soal undian berhadiah. Faktanya, telefon adalah bentuk penipuan yang sulit sekali dikenali.

Tips Mengamankan Diri Anda dari Bahaya Phishing.

1. Cek dengan teliti URL atau address yang sedang anda tuju. Pastikan alamat yang tertera di address bar adalah benar, bukan plesetan atau kesalahan eja.

2. Biasakan mengetik sendiri URL atau alamat situs yang anda tuju. Hindari hyperlink dari web yang anda rasa mencurigakan.

3. Ganti password secara berkala, 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan, atau pada periode tertentu. Hal ini bermanfaat agar password Anda sulit dilacak.

4. Jangan pernah mengirimkan data pribadi seperti nomor kartu kredit, PIN atau apapun melalui email sekalipun diminta oleh bank, perusahaan kartu kredit atau apapun dimana Anda terdaftar didalamnya. Karena perusahaan tidak pernah dan tidak akan pernah meminta data pribadi melalui email.

5. Perhatikan setiap pesan yang masuk. Sebelum membuka Email yang terkesan penting (resmi) sebaiknya pastikan bahwa domain yang digunakan adalah domain resmi dan bukan domain gratisan seperti weebly, blogspot, wordpress.com, dlsb.

6. Jangan sembarangan mengklik link yang disertakan di dalam sebuah pesan. Highlight link yang tampil dan perhatikan URL arahan yang tercantum pada status bar (bagian bawah Browser anda).

7. Jika ingin login ke situs tertentu sebaiknya langsung mengetikkan alamat URL resmi.

8. Selalu periksa address bar ketika anda akan login, biasanya untuk halaman web dengan security yang tinggi menggunakan awalan https.

Sedangkan untuk phone phishing, berikut tips yang dapat anda gunakan:

1. Jangan cepat percaya terhadap informasi yang belum tentu benar apalagi menjanjikan sejumlah uang.

2. Jika Anda mendapatkan hadiah sejumlah uang dari perusahaan tertentu, ada baiknya Anda menghubungi saluran telepon resmi (bukan nomor yang diberikan melalui SMS) untuk mengetahui kebenarannya. Biasanya perusahaan besar yang berani memberikan hadiah akan menyediakan layanan call center. Anda dapat memanfaatkan call center tersebut untuk mengetahui kebenaran hadiah tersebut.

3. Jika Anda mengetahui sesuatu hal yang aneh, beritahulah orang-orang disekitar anda agar mereka tidak menjadi korban penipuan jika memang benar bahwa hal yang anda curigai adalah penipuan.

4. Jangan mudah percaya jika anda diminta membayar sesuatu atas hadiah yang telah anda menangkan tanpa melakukan pemeriksaan kepada pihak yang terkait.

Semoga dengan adanya artikel ini, kita bisa saling berhati-hati dan waspada. Jagalah diri anda, keluarga anda, dan orang di sekitar anda dari bahaya phishing.

Loading...

2 komentar

  • 7 Mei 2013 - pukul 13:03

    Infonya sungguh sangat membantu sekali.. bagi orang yang masih pemula di dunia internet..

  • 6 Oktober 2013 - pukul 10:44

    Good, informasi ini penting dibaca oleh peselancar dunia maya, agar g’ ketipu

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *