Technology

Mengenal Bitcoin, Sistem Mata Uang Digital Baru dan Bagaimana Dia Bekerja

 
  • 9
    Shares

   

Beberapa bulan yang lalu, nama Bitcoin sebagai mata uang digital mungkin masih asing di telinga kita. Hanya sedikit yang mengetahui. Profil pelanggan paling besarnya pun hanyalah Wikileaks. Tapi sekarang, sejumlah laporan media menyebut bahwa pembajakan komputer dan demam emas telah meledak di dunia internet. Alistair Charlton, reporter International Business Times menjelaskan apa itu Bitcoin dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang digital yang diperkenalkan oleh seorang programmer yang menyebut dirinya bernama Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Bitcoin merupakan implementasi pertama dari konsep uang kripto dimana kontrol, penerbitan, dan transaksi uangnya diatur oleh algoritma kriptografi yang diciptakan penemunya.

Perlu diketahui bahwa mata uang digital ini tidak memerlukan perantara atau bank sehingga tidak ada biaya administrasi yang dikenakan dalam suatu transaksi menggunakan Bitcoin. Pengguna juga tidak perlu mencantumkan identitas asli saat transaksi. Hal ini memungkinkan siapa saja melakukan transaksi online secara anonimous. Selain itu peraturan dan batasan negara mengenai transaksi tidak  berpengaruh pada Bitcoin. Berbeda dengan mata uang sekarang yang memiliki kurs masing2 terhadap mata uang lain.

Mendapatkan Bitcoin

Siapa saja bisa mendapatkan Bitcoin dengan cara menambangnya (Bitcoin Mining). Menambang Bitcoin tidak memerlukan cangkul atau kapak. Anda hanya harus menyelesaikan rumus matematika untuk menemukan blok kode (terdiri dari 34 karakter alfa numerik) Bitcoin yang tersembunyi. Dimana 1 kode yang Anda dapatkan bernilai 1 Bitcoin. Kode yang sudah didapatkan dan dijadikan Bitcoin tidak akan dapat digunakan lagi oleh siapapun. Selain itu, sang penemu Bitcoin hanya mengizinkan 21 juta Bitcoin yang dapat beredar. Sehingga mendapatkan Bitcoin saat ini tidaklah semudah dulu.

Menukar Bitcoin

Kode-kode Bitcoin yang didapatkan, selanjutnya disimpan dalam suatu aplikasi dompet digital yang dapat diintegrasikan pada sistem cloud, flashdisk, maupun komputer lokal Anda. Perlu diketahui bahwa  dompet digital ini tidak dilengkapi dengan asuransi, sehingga jika dompet ini terserang virus atau Anda tidak sengaja menghapusnya, tidak akan ada yang memberikan tanggungan.

Bitcoin juga dapat ditukar dengan mata uang resmi sesuai nilai tukarnya pada saat itu. Pada saat awal dikembangkan, nilai tukar Bitcoin sangat kecil. Bahkan seseorang pernah bertransaksi membeli pizza seharga 10.000 Bitcoin. Saat ini, nilai tukar 1 Bitcoin kurang lebih sekitar $98. Fantastis.

Saat ini sudah mulai banyak pihak yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayarannya. Seperti WordPress, Reddit, dan lain-lain. Disamping penggunanya yang semakin banyak, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dengan mata uang digital ini. Mungkin saja akan segera ada aturan resmi, atau justru bisa jadi Bitcoin menjadi alat tukar global transaksi online di seluruh dunia.

source: ibtimes.co.uk
           
  • 9
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *