Technology

Mengenal DDOS dan Cara Pencegahannya

 
  • 87
    Shares

Loading...

DDOS (DENIAL DISTRIBUTE OF SERVICE) adalah sebuah aktifitas yang mampu menghambat atau mematikan jaringan di sebuah jalur internet. DDOS adalah salah satu jenis serangan yang menyebabkan penuhnya sebuah trafik pada sebuah service hingga batas maksimal.

Salah satu bentuk sederhana dari serangan DDOS ini adalah seperti sebuah perintah “ping” di network. Apabila perintah ping tersebut hanya dilakukan oleh satu user, maka server tidak akan mengalami masalah apapun, namun apabila “ping” tersebut dilakukan oleh ratusan, ribuan, bahkan jutaan user, maka sudah dapat dipastikan bahwa trafik di server akan sangat padat. Server akan bekerja keras dan menimbulkan menurunya performa server dan network.

Berikut ini adalah gambaran sederhana tentang serangan DDOS:

 DDOS

Sampai saat ini, tidak ada satupun cara yang bisa memastikan perangkat Anda bebas dari serangan DDOS. Namun jangan terlalu khawatir, apabila Anda adalah seorang webmaster atau administrator jaringan, tips dari kami adalah dengan Menginstall Software/Hardware Firewall atau yang sejenisnya. Fungsi dari perangkat firewall ini adalah dengan mencegah tindakan tindakan yang mencurigakan dan memblokirnya, agar tidak membahayakan perangkat yang dilindungi. Apabila Anda mempunyai alokasi dana yang lebih, mungkin perangkat keras firewall bisa menjadi salah satu cara dalam mencegah serangan ini. Namun seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwa tidak ada satupun cara yang bisa memastikan perangkat firewall Anda mampu mencegah secara optimal. Anda juga harus rajin melakukan pengecekan apabila network anda mengalami maslah, mungkin DDOS menjadi salah satu penyebabnya.

Baca juga:

Tips Meningkatkan Keamanan Jaringan WiFi Anda

Mengenal Network Attached Storage dan Sistem Operasinya

6 Tips Melindungi Kegiatan Berinternet Anda dari Bahaya Cyber Crime

Loading...

  • 87
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *