Technology

Mengenal Update Algoritma Google Penguin

 

Loading...

Setiap kali Google memperbaharui algoritmanya, selalu ada pemberitahuan yang besar di dunia internet marketing yang turut mengikutinya. Dan akhir pekan lalu tepatnya Google baru saja mengupdate algoritma menjadi algoritma Penguin. Nama yang lucu memang, tapi apa sebenarnya Google Penguin ini? Dan apa pengaruhnya terhadap internet marketing yang akan digunakan oleh para pebisnis di dunia digital seperti sekarang ini. Karena seperti yang kita tahu bahwa setiap pembaharuan algoritma Google akan berpengaruh pada SEO dan websmaster yang banyak digunakan oleh para internet marketing untuk bisnis mereka. Mari kita mengenal dan mempelajari apa itu Google Penguin?

Apa itu Penguin?

Google pertama kali meluncurkan algoritma Penguin ini pada bulan April 2012. Pada awalnya mereka memperkenalkan algoritma ini untuk tujuan memerangi webspam pada mesin pencari.

Fungsi utama dari algoritma Penguin adalah untuk menindak situs – situs yang mengandung spam atau sistem permainan yang membahayakan, seperti ketika kita harus membayar untuk sebuah link atau pada isian password. Algoritma ini menghukum segala macam hal yang melanggar pedoman webmaster pada Google.

Setelah beberapa kali melakukan update algoritma penguin dari 1.0, 2.0 hingga 3.0, Google manambahkah lebih banyak sinyal baik untuk algoritma yang mereka gunakan.

Data Refresh

Perubahan yang paling ditunggu adalah fitur refresh data yang dating dengan setiap update algoritma yang dilakukan, seperti pada Penguin. Pembaharuan Penguin ini lebih sensitive terhadap segala teknik SEO yang kita lakukan, sehingga kita harus menunggu sampai update berikutnya atau me-refresh untuk dievaluasi kembali.

Refresh data sendiri terakhir dilakukan pada bulan Oktober 2013 dengan nama Penguin 2.1. Ini mempengaruhi jutaan halaman terhapus dari peringkat mesin pencarian Google, dan pastinya ini juga melumpuhkan banyak bisnis di belahan dunia.

Karena setiap bisnis yang menggunakan layanan Google harus menunggu selama 1 tahun untuk me-refresh data baru yang mereka upload. Jika mereka membersihkan data tersebut dari web, maka Penguin 3.0 akan mengevaluasi kembali data tersebut, dan tentu saja berusaha untuk tidak ada tumpang tindih peringkat di Google.

Jika Anda adalah salah satu bisnis yang melakukan hal ini, mungkin Anda akan melihat tumpang tindih pada peringkat halaman. Anda tentu tidak akan merasakan dan melihatnya dalam waktu dekat, karena ini membutuhkan proses secara bertahap dari waktu ke waktu. Jadi, Anda harus tetap memeriksa peringkat dan lalu lintas website di mesin pencari. Dan dalam beberapa minggu, Anda mungkin akan melihat kenaikan pada peringkat di Google.

Namun, jika Anda terburu – buru membersihkan situs atau website, maka Anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari refresh data yang Google lakukan. Bahkan, jika Anda masih melanggar pedoman Google, Anda akan melihat peringkat Anda menurun secara bertahap. Dan ketika Anda benar – benar melanggar aturan Google, maka Anda akan mendapatkan hukuman dengan cepat dan lebih parah.

Dan berikut ini beberapa hal yang bisa Anda hindari untuk menghindari masalah pada algoritma Penguin:

  1. Menghindari atau tidak menggunakan Backlink berbayar
  2. Mengundang atau membayar pengunjung blog atau backlink  pada blog
  3. Jangan berlebihan dalam mengoptimasi konten, karena Google dapat membacanya
  4. Menghindari backlink berkualitas rendah

Cara terbaik untuk tetap dilindungi oleh algoritma pada masa depan adalah dengan menjauhi segala macam bentuk spaming dalam website. Jangan coba untuk mempermainkan sistem dengan link dan optimasi yang berlebihan. Gunakan dan optimasikan saja kata kunci yang terdapat pada website Anda.

Dan begitulah Algoritma Penguin berpengaruh terhadap situs/website kita. Dan pastinya itu juga berimbas pada bisnis yang kita jalankan, terlebih bagi bisnis yang mengandalkan internet marketing sebagai jalan atau media penjualan mereka.

Baca juga:

Pentingnya HTTPS (SSL) untuk Meningkatkan Rangking Website Anda di Google

Spam Filter, Senjata Google dalam Memerangi Gmail Phising

Cara Meningkatkan Bisnis Online Tanpa Selalu Bergantung dengan Google

Loading...

2 komentar

  • 5 November 2014 - pukul 9:20

    Wah dari tahun ke tahun google terus berkembang dan terus meningkat kepintarannya. Itu juga sebagai pembelajaran dan motivasi kita untuk lebih belajar.

    Terimakasih

    • Administrator
      5 November 2014 - pukul 9:58

      Benar Pak, Google selalu mengikuti dan bahkan mendahului pengetahuan kita akan teknologi :)

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *