Technology

Mengetahui Bagaimana Google Sitelinks dapat Meningkatkan SEO Anda

 

Loading...

Sitelinks adalah cara yang ampuh untuk mendominasi SERPs(halamana hasil mesin pencari). Sitelinks dapat meningkatkan kepercayaan dan lalu lintas yang ditargetkan langsung ke halaman internal website kita. Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki Sitelinks? Bagaimana kita mendapatkannya?

Apa itu Sitelinks?

Sitelinks adalah format yang berisi daftar di SERPs yang menunjukkan halaman utama sebuah website serta beberapa link internal, yang diletakkan di bawah link utama, dan disusun dalam dua kolom. Biasanya yang ada pada sitelinks adalah kata kunci dari website Anda. Dalam hal ini sebuah bisnis memang harus membuat nama yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Mengapa demikian? Karena keunikan nama ini yang akan membuat Google mengerti bahwa keyword tersebut adalah milik Anda.

sitelinks

Sitelinks hanya menampilkan mereka atau navigasi utama pada website kita. Sebagai contoh, ketika pengunjung mencari Jagoanhosting, mereka mungkin bisa langsung mengunjungi Jagoanhosting.com. Karena Google Algorithmically mengintuisi ini, lalu mereka tidak hanya menampilkan Jagoanhosting.com sebagai hasil utama, tetapi juga beberapa menu utama yang mengarahkakan pengguna ke halaman internal. Maka dari itu pembuatan struktur website harus jelas baik tulisan hingga fungsinya. Seperti About Us, Contact Us, Home dan lain sebagainya.

Dalam menuliskan konten, kita juga harus membuat serelevan dan kaya akan informasi. Karena sedikit banyak dari kalimat yang kita tuliskan akan muncul di awal mesin pencari. Ketika informasi tersebut relevan, maka website kita akan dipercaya. Jangan lupa juga untuk mencantumkan link internal yang dapat memperkuat situs internal kita.

Ada banyak variasi dalam menampilkan tautan sebuah website. Bagi banyak mesin pencari, Google dapat menampilkan kedua grafik informasi dari hasil sitelinks.

Namun tahukan Anda? Bahwa banyak merek besar yang tidak menggunakan sitelinks untuk menuntun pengunjung ke situs mereka. Contohnya saja Coca – Cola. Mereka tidak menggunakan sitelinks, mungkin karena fakta yang didapatkan adalah bahwa peminat terhadap produk Coca – Cola ini sebagai besar tidak mengirimkan permintaan mereka ke website perusahaan, melainkan melalui berita, lokasi distributor, dan lain sebagainya. Sehingga bagi produk seperti ini, mereka hanya akan menggunakan peta atau gambar kecil untuk menjelaskan sedikit informasi tentang mereka. Mereka fokus pada pemberian hasil yang relevan langsung kepada pelanggan.

contoh yang tidak menggunakan sitelinks

Tapi ada juga bagi beberapa perusahaan yang tidak sebesar Coca – Cola juga mengkombinasikan lokasi dengan sitelinks mereka. Dari sini kita juga akan mengetahui jumlah yang mengunjungi website mereka melalui peta yang dipasang.

Google menyarankan supaya kita memperkuat judul halaman. Karena Google tergantung pada judul Рjudul itu untuk memberikan informasi tautan situs. Dari sini kita juga bisa meningkatkan SEO dari dalam supaya  situs kita berada pada urutan pertama Google.

Mengapa Google Sitelinks penting?

Google menjelaskan mengapa sebuah tautan website itu pentin. Adanya dan manfaat Google Sitelinks adalah untuk lebih memudahkan pengguna mendapatkan navigasi situs kita. Terkadang mereka hanya butuh tahu dimana lokasi bisnis kita tanpa ingin lama – lama mengunjungi website kita. Dengan adanya Google Sitelinks ini mereka juga akan membantu kita menurunkan tinkat atau jumlah Bounce Rate bagi situs kita.

Lebih dari sekedar memberikan kemudahan dan kecepatan mendapatkan informasi, Sitelinks dapat mempercaiki situs Anda dengan cara berikut:

  • Membangun reputasi merek
  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung
  • Meningkatkan CTR
  • Tutup ruang SERP lainnya
  • Mempersingkat saluran konversi
  • Meningkatkan kekuatan halaman internal

Baca juga:

4 Strategi SEO yang Dapat Menghancurkan Website Anda

Ilmu SEO Dasar yang Bisa Diterapkan di Website Anda

50 Tips SEO Google Terkini

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *