Running A Business

Mengetahui Fungsi Survei Kepuasaan Pelanggan

 

Loading...

Apabila Anda mengharapkan kesuksesan, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat para pelanggan senang dan terpuaskan dengan layanan dan jasa yang diberikan. Bila konsumen senang dan puas, maka apa yang anda jual tentu akan mereka beli. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda memerlukan survei kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan sangat penting agar pemasaran anda bisa mencapai target yang diinginkan.

Salah satu tujuan penting dari survey kepuasan pelanggan adalah untuk mengetahui kepuasan para pelanggan dengan pelayanan jasa dan produk yang diberikan. Untuk bisnis yang mulai berkembang, penting sekali melakukan survei pelanggan, guna meningkatkan layanan yang kurang memuaskan pelanggan dan menciptakan inovasi-inovasi baru yang nantinya banyak diminati para pelanggan.

Beberapa faktor yang mengharuskan Anda melakukan survei terhadap pelanggan:

Mengetahui kualitas produk

Dengan melakukan survei pada pelanggan anda bisa melihat seberapa baguskan kualitas produk yang anda pasarkan. Jika peminat produk Anda banyak, bisa dibilang kualitas produk Anda bagus. Namun produk yang laris bukan hanya produk yang memiliki kualitas bagus, bisa juga karena harga yang murah.

Evaluasi produk

Dengan survei pelanggan, Anda akan mengetahui seberapa puas pelanggan dengan produk yang ditawarkan. Jika hasil survei menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, Anda bisa membuat inovasi baru untuk memperbaiki produknya.

Penilaian penjualan perusahaan

Survei sendiri juga bisa digunakan untuk menugukur seberapa banyak produk yang sudah terjual. Jika konsumen merasa puas, pasti banyak yang membeli produknya. Dari sini juga Anda bisa melihat seberapa besar produk yang akan Anda pasarkan untuk mencapai target.

Mengetahui kemampuan pesaing

Survey kepuasan pelanggan juga bisa digunakan untuk mengetahui seberapa besar kekuatan pesaing anda. Karena surveri sendiri tidak berfokus hanya pada pelanggan Anda, namun bisa juga ke pada pelanggan-pelanggan pesaing.

Jangan lupa menentukan target surveinya juga. Agar Anda mendapatkan pencapaian target operasi yang diinginkan.

Sumber

Baca juga:

Anda Yakin Sudah Mendengarkan Pelanggan?

4 Hal ini yang Pasti Diinginkan Pelanggan Anda

3 Cara Mendapatkan Feedback Secara Online

Loading...

1 komentar

  • 28 Oktober 2014 - pukul 14:31

    Yang jelas dengan adanya survey kita bisa mengetahui berbagai hal tentang keinginan pelanggan. Bagaimanapu pelanggan adalah raja, keluhan pelanggan juga harus kita tindaklanjuti supaya pelayanan kita menjadi maksimal, dengan demikian kepuasan pelanggan adalah suatu kebangganan dari pemilik produk.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *