Technology

Cari Tahu Tingkat Uptime Data Center

 

Loading...

Performa sebuah server tidak lepas kaitannya dari keberadaan data center. Jika kita menginginkan sebuah kualitas, maka data center dengan availability (uptime) yang tinggi merupakan sebuah kebutuhan paling mendasar. Makanya, penting sekali bagi kita untuk mengetahui seperti apa klasifikasi data center yang akan dihuni.

Klasifikasi dalam dunia data center lebih dikenal dengan istilah “TIER”. Yang mana dalam kamus bahasa dapat diartikan sebagai sebuah ranking, level atau tingkatan. Tier merupakan metode paling standar untuk mengetahui uptime sebuah data center. Hal ini sangat berguna untuk mengukur:

1. Performa Data Center

2. Investasi

3. Profit sebuah investasi

Tier level dapat diistilahkan sebagai kelas sebuah data center dengan ranking 1 sampai 4. Konsep ini hampir sama dengan konsep hotel berbintang 1 sampai 5. Berdasarkan penggolongan yang dilakukan oleh American National Standart Institute (ANSI) dalam ANSI/TIA-942, tier level dijelaskan sebagai berikut:

 piramida-tier

TIER 1 : Merupakan Data Center yang diperuntukkan bagi bisnis kecil dengan jaminan uptime 99,671% pertahun atau 28,8 jam downtime. Tanpa redudansi perangkat.

TIER 2 : Digunakan oleh bisnis menengah, dengan jaminan uptime 99,749% pertahun atau 22 jam downtime. Merupakan TIER 1 dengan tambahan redudansi power dan AC.

TIER 3 : Digunakan oleh bisnis besar, dengan jaminan uptime 99,982% pertahun atau 1,6 jam pertahun. Merupakan TIER 1 dan TIER 2 dengan tambahan N+1 toleransi kesalahan. Power backup untuk 72 jam.

TIER 4 : Digunakan untuk perusahaan korporasi dengan jaminan uptime yang sangat tinggi, yaitu 99,995% atau 2,4 menit. Merupakan TIER 1, TIER 2 dan TIER 3 dengan 2N + 1 dan full redudansi untuk seluruh perangkat.

Selama ini, data center TIER 4 belum umum beredar di Indonesia. Namun, dilansir dari detikInet, katanya PT. DCI (Data Center Infrastruktur) tengah mematangkan kerja sama dengan Equinix (Perusahaan data center dari Amerika). Dari sini, kabarnya akan tercipta sebuah data center di Jakarta dengan kategori TIER 4 yang diharapkan dapat melayani pelanggan lokal dan global. Kita tunggu saja ;-)

Loading...

2 komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *