Running A Business

Belajar Membuat Iklan dari MAERSK

 

Loading...

Siapa yang tidak suka dengan cerita. Kekuatan sebuah cerita mampu memotivasi kita untuk melakukan apa saja yang kita inginkan. Karena memang kisah yang diceritakan dengan penuh kesungguhan mampu menggerakkan pendengarnya. Sayangnya potensi ini masih belum banyak dilirik oleh para pelaku marketing di Indonesia.

Belakangan ini saya tertarik untuk mengamati sebuah iklan yang dikemas dalam bentuk cerita perjalanan. Yaitu iklan MAERSK, sebuah layanan jasa shipping kelas internasional.

Nah di sini, mari kita fokuskan pada nilai-nilai positif yang bisa diambil.

Di dalam film ini, MAERSK bercerita mengenai pola hidup masyarakat Indonesia yang daya konsumsinya telah semakin meningkat. Perubahan ini menjadi peluang positif bagi penyedia layanan shipping, di mana arus pemasaran dan distribusi berbagai produk dari luar negeri ke Indonesia, atau di dalam wilayah Indonesia menjadi semakin deras. Pemirsa digiring untuk mengetahui kondisi real yang ada di sekitarnya. Secara tidak langsung hal ini membuat pemirsa memahami akan kebutuhannya. Di akhir video disajikan bahwa MAERSK merupakan bagian dari solusi kebutuhan mereka khususnya perihal distribusi.

Menariknya, meskipun elemen brand awareness tidak sepenuhnya ditonjolkan di dalam film cerita perjalanan MAERSK, namun dia berhasil dibangun secara perlahan selama durasi video. Hal ini penting. Sebab pemirsa tidak lepas dengan prinsip, “what’s in it for me?”. Artinya, pemirsa jaman sekarang hanya akan menyaksikan informasi yang bermanfaat bagi mereka. Pendekatan secara frontal seperti yang selama ini kita saksikan dalam iklan-iklan konvensional pada dasarnya sudah ketinggalan jaman.

Selain didukung dengan narasi cerita yang runut dan teratur, video ini juga disajikan dengan kualitas shoot serta suara yang memukau. Sisi entertaining memang tidak boleh ditinggalkan dalam sebuah film.

Fokus MAERSK dalam membuat film cerita perjalanan mereka perlu diacungi jempol. Hal ini terbukti dengan pembuatan versi yang berbeda-beda pada setiap negara yang menjadi marketnya.

Alhasil, ketika kompetitor lainnya masih terlena dengan cara marketingnya yang konvensional, MAERSK mampu mencuri perhatian publik.

Anda pun bisa mencobanya ;-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *