Running A Business

Menguak Rahasia Meningkatnya Rata-Rata Penjualan Dalam Sebuah Bisnis Online

 

Loading...

Bisnis online memang menjadi trend sejak akhir tahun 2013 lalu. Bahkan saat ini dan kedepannya, bisnis online dilihat mampu menjadi peluang yang sangat besar untuk kita yang ingin mendirikan bisnis dengan modal yang minim. Banyak hal memang yang harus dilakukan agar calon pembeli percaya dengan bisnis online kita. Apalagi saat mulai maraknya pemberitaan tentang bisnis online yang menipu orang. Banyak masyarakat yang juga khawatir dan takut untuk berbelanja online. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Tugas kita memang bukan hanya mengajak, tapi meyakinkan pelanggan agar mau memesan dan berbelanja lebih banyak produk. Ada banyak cara, contohnya saja seperti memberikan bonus atau hadiah tambahan untuk mereka yang berbelanja di toko online kita. Taktik seperti ini tentu hal yang biasa untuk membuat pelanggan senang dan meningkatkan kemungkinan mereka akan kembali dan membeli lebih banyak barang.

Lalu ada cara lainnya? Tentu saja, berikut ini ulasannya:

1. Pengiriman gratis

Bisnis online memnag identik dengan pengiriman barang melalui jasa atau kurir. Saat kita ingin meningkatkan kunjungan bahkan penjualan produk, kita bisa menawarkan pengiriman gratis untuk kota atau daerah tertentu. Namun tetap saja ada batasan untuk taktik ini. Karena tidak semua produk harus dikirim secara gratis. Seperti saat pembeli membeli produk dengan jumlah yang sangat banyak, di sinilah kita bisa menawarkan untuk mengirim barang tersebut secara gratis.

Untuk meningkat pemesanan produk, kita bisa mencantumkan keterangan maksimal atau minimal produk yang akan dikirim secara gratis. Dengan begitu, pembeli akan membeli sesuai atau bahkan lebih dari yang sudah ditentukan, demi mendapatkan fasilitas pengiriman gratis.

2. Diskon untu pembeli pertama

Selain pengiriman gratis, kita juga bisa memberikan penawaran diskon, khususnya untuk pembeli pertama di toko online kita. Tahu darimana jika mereka adalah pembeli pertama. Ada teknik yang cukup sederhana, yaitu pelanggan mengharuskan mengisi formulir sederhana, lalu kemudian data yang kita peroleh akan kita kirimi kupon diskon. Jika memang ada ketentuan seperti jumlah minimal pembelian, minimal waktu pembelian dan sebagainya.

Ya meskipun kita hanya akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan jumlah produk yang dibeli, tapi taktik ini cukup jitu untuk pelanggan baru. Kita tidak hanya mendapatkan pelanggan tanpa direncanakan, tapi juga teman-teman mereka. Apalagi saat pembeli merekomendasikan kita di sosial media mereka.

3. Bundling murah atau “Mix and Match”

Jika memang kamu tidak suka memberikan bonus berupa pengirian gratis atau diskon untuk pembeli pertama, kamu bisa coba dengan taktik bundling produk. Seperti saat kamu menjual produk pakaian. T-Shirt dengan harga 80.000 dan celana panjang dengan harga 100.000 bisa pelanggan dapatkan dengan harga hanya 150.000 dengan pembelian keduanya sekaligus. Terlihat biasa memang, tapi siapa yang akan menolak ketika mereka berbelanja dan mendapatkan harga yang murah untuk produk yang sudah mereka beli.

4. Halaman khusus untuk diskon

Entah kamu suka atau tidak, kemungkinan pelanggan mencari informasi diskon tentang suatu produk akan sangat besar. Kesempatan ini tentu tidak ingin kamu lewatkan kan? Apalagi saat kompetitor memberikan diskon besar-besaran. Cobalah buat halaman khusus yang memang mencakup semua penawaran terbaru di toko online kamu. Bisa dengan 30% untuk semua item, 10% diskon dari seluruh pesanan, atau potongan hingga 100.000 untuk pembelian produk pada moment liburan.

Ini akan membuat kita mendapatkan banyak kunjungan dan bahkan mengalahkan website kompetitor.

5. Penawaran khusus

Tidak banyak yang menggunakan taktik ini. Memberikan penawaran pada keranjang belanja yang digunakan oleh pelanggan. Kita cukup memberikan pelanggan kesempatan khusus untuk mendapatkan hadiah gratis, pengiriman gratis, ataupun diskon untuk seluruh barang yang dibelanjanya. Tapi cara ini hanya berlaku saat pelanggan berhasil berbelanja dan menyelesaikan segala prosesnya dalam jangka waktu tertentu. Ini akan memicu mereka berbelanja barang dengan jumlah besar dan dalam tempo yang singkat.

Nah, dari kelima taktik itu mana yang menurut kamu paling menarik? Kalau mau mencobanya, posisikan saja diri kita sebagai pelanggan. Tanyan juga pada teman-teman mereka akan lebih tertarik menggunakan yang mana. Memang tidak ada larangan jika kita menggunakan lebih dari 1 taktik, tapi akan lebih fokus jika memang hanya 1 atau 2 saja yang kita gunakan.

Selain itu, untuk meningkatkan jumlah pesanan, bisa kita optimasikan dari segi website toko online yang kita miliki. Website toko online dengan desain yang menarik, fitur yang lengkap dan mudah akan membuat pengunjung betah mencari barang yang mereka butuhkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan mereka akan meningkatkan jumlah pembelian pada toko online kita.

Seperti website toko online dari Jagoanstore. Dengan desain yang disesuaikan dengan kebutuhan dan masing-masing toko online, fitur yang disediakan juga tidak kalah lengkap. Mulai dari upload produk, report bulanan, hingga tools SEO yang akan membantu meningkatkan ranking website kita di Google. Ini jugalah yang akan membuat website kita mudah ditemukan oleh orang lain.

Bagimana menurut kamu? Mudah, memang tidak. Tapi tidak ada salahnya mencoba menerapkan salah satu taktik yang telah dijelaskan di atas.

Selama mencoba :)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *