Running A Business

Menguak Rahasia Menjadi Jutawan di Usia Muda!

 
  • 1
    Share

Loading...

Usia muda bukanlah suatu alasan untuk mencoba memulai bisnis dan bertransformasi menjadi jutawan hingga milyader. Memang benar adanya bahwa memulai bisnis membutuhkan banyak pengorbanan, tapi jika pengorbanan yang Anda lakukan menghasilkan hal yang luar biasa, kenapa tidak?

Kali ini mebiso membagi informasi mengenai tahapan yang sukses dilakukan oleh beberapa anak muda hingga mampu menjadi jutawan maupun milyader saat ini. Semua dari mereka melakukan dan mengalami hal serupa berikut:

1. Pekalah terhadap masalah

Masalah yang dimaksudkan bisa merupakan masalah pribadi maupun masalah orang lain. Yang patut kita ingat adalah setiap masalah adalah sumber aspirasi yang harus kita tampung dan kelola menjadi suatu hal yang memilki nilai.

2. Tukarkan solusi dengan nilai tertentu

Solusi dari suatu masalah adalah sesuatu yang memiliki nilai jual. Setiap jalan keluar yang kita sajikan memiliki potensi besar untuk dijual. Namun terlebih dahulu pastikan seberapa banyak orang yang membutuhkan solusi dari masalah tersebut, jangan hanya menjual suatu solusi jika masalahnya hanya terjadi pada Anda atau rekan Anda saja. Pastikan banyak pula orang yang membutuhkan solusi yang sama. Seperti halnya Facebook yang lahir dari masalah yang dialami Mark untuk membuat buku tahunan.

3. Ketahui bentuk solusi dan penawarannya

Bentuk solusi ada berbagai macam, ada yang merupakan jasa ada pula yang produk. Jika solusi Anda termasuk golongan produk maka jangan terburu-buru untuk memproduksinya dalam jumlah besar. Untuk mengetes respon pasar Anda bisa membuat sampelnya dahulu untuk dijajakan.Jika nanti ada pembeli, baru Anda membuatkan produknya lagi. Hal ini selain mengurangi resiko kebangkrutan juga berfungsi sebagai test and trial yang nothing to lose bagi Anda.

4. Cara menentukan harga

Ini adalah tahapan gampang-gampang sulit, karena jika harga terlalu murah maka margin yang kita dapatkan tidak akan mampu mengcover biaya yang dikeluarkan. Cara terbaik adalah melihat di pasaran mengenai harga suatu produk, jangan ambil harga terlalu bawah atau terlalu atas, setidaknya ambil harga yang pantas ditukar dengan produk Anda. Jika tidak ada produk sejenis di pasaran maka pertimbangkan seluruh biaya pemasaran dan pembuatan produk dan tambahkan sedikit minimal keuntungan untuk mendapatkan harga paling ideal menurut Anda.

5. Pasarkan melalui dunia digital

Cara paling mudah dan hemat bagi sebuah startup adalah menawarkan produk atau jasa melalui internet. Kenapa? Karena internet tidak memiliki batasan geografis sehingga pembeli dapat datang dari berbagai belahan dunia. Selain itu Anda tidak perlu memiliki toko dan pegawai serta dibuat pusing oleh biaya-biaya lainnya yang harus dikeluarkan.

Benar adanya bahwa teori merupakan hal yang sangat mudah dikatakan, namun untuk prakteknya sangat sulit dilakukan. Karena sebaik-baiknya ilmu adalah yang dipraktekkan.

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *