Insider

Meningkatkan Engagement Instagram, Ini Caranya

 

Loading...

Meningkatkan Engagement Instagram – Instagram adalah salah satu ladang manis bagi pebisnis. Agar bisnis semakin dikenal, engagement merupakan aspek terpenting. Lantas, bagaimanakah caranya untuk meningkatkan engagement Instagram?

Berikut ini kami akan membahas langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan engagement Instagram. Cermati baik-baik, simak sampai habis!

Buat postingan menonjol dengan warna-warna mencolok

Pertama, Anda ingin membuat konten Anda terlihat. Artinya, konten yang Anda buat harus menonjol dari sekian banyaknya konten yang ada.

Hal ini dapat Anda siasati dari hal yang paling dasar, yakni mulai dari pemilihan warna. Warna-warna yang mencolok dapat membuat postingan Anda menonjol. Jangan lupa, buat desain semenarik mungkin, ya!

Call to action: cara memulai interaksi dengan audiens

Engagement terjadi ketika interaksi dengan audiens tercipta. Anda bisa menciptakannya dengan call to action, alias mengarahkan audiens untuk melakukan suatu tindakan.

Misalnya, Anda ingin postingan Anda mendapatkan banyak komentar. Anda bisa menulis pada caption postingan Anda: “Yuk, bagikan pengalamanmu di kolom komentar!”

Berdiskusi untuk meningkatkan interaksi

Diskusi adalah salah satu bentuk engagement yang powerful. Interaksi dalam bentuk diskusi dapat menarik lebih banyak pengguna untuk memberikan komentar.

Anda bisa memulai diskusi dengan memberikan suatu opini kuat serta berpotensi mengundang respon. Anda juga dapat memulai diskusi dengan memberikan suatu pertanyaan untuk dijawab para user.

Oh ya, hati-hati ketika membuat diskusi. Sebaiknya, hindari hal-hal bersifat politis atau kontroversial untuk menciptakan diskusi yang sehat.

Gunakan hashtag dengan baik dan benar

Menambahkan hashtag dapat membuat postingan Anda dilihat banyak orang. Namun, Anda perlu cermat memilih hashtag yang efektif bagi konten Anda.

Ingat, jangan hambur alias menggunakan terlalu banyak hashtag. Postingan dengan banyak hashtag malah membuat orang-orang jadi tidak tertarik.

Sesekali, buatlah postingan dengan gambar orang

Wajah adalah hal pertama yang menarik perhatian saat bertemu orang yang baru. Postingan Instagram dengan gambar wajah seseorang dapat menarik koneksi sosial dengan audiens Anda.

Jangan gunakan gambar orang dari stock images pada website pencarian foto, karena audiens lebih tertarik dengan figur-figur yang asli. Menggunakan model foto adalah langkah yang lebih bijak.

Temukan gaya caption yang tepat

Caption dapat menjadi senjata agar postingan Anda menarik hati pengguna. Perhatikanlah aspek-aspek dalam caption yang Anda buat: panjang kalimatnya, pemilihan katanya, apakah ada emoji, dan sebagainya.

Untuk membuat caption yang tepat, Anda mungkin harus berkali-kali mengetes berbagai gaya caption. Anda harus bersabar dalam proses ini, karena butuh waktu untuk melihat bagaimana pola caption yang disukai audiens.

Lakukan cross-promote agar bisnis semakin dikenal

Ada baiknya Anda melakukan cross-promotion untuk menjangkau lebih banyak audiens. Cross-promotion dilakukan dengan mempromosikan postingan kita pada platform lainnya. Jika Anda punya akun Facebook, Anda bisa membagikan postingan Instagram pada akun Facebook Anda.

Perhatikan masalah waktu

Walaupun tidak formula pasti akan waktu yang tepat untuk upload postingan, hal ini tidak menutupi kemungkinan bahwa waktu dapat menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan engagement Instagram.

Waktu sebenarnya bergantung pada audiens Anda, sehingga Anda harus cermat memperhatikan mereka. Waktu yang tepat bisa saja berbeda-beda, semuanya bergantung pada dinamika audiens.

Selain itu, janganlah terlalu kaku masalah waktu. Jika kita terlalu terjadwal dalam memposting, akun kita bisa nampak membosankan dan mudah diprediksi, lho.


Nah, ulasan tadi menunjukkan bahwa banyak langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan engagement Instagram. Jangan malas untuk mencoba satu-persatu dan menemukan langkah mana yang efektif bagi bisnis Anda. Baca juga informasi lainnya seputar Instagram marketing pada link di bawah:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/300259

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *