Running A Business

Meningkatkan Nilai Jual Online melalui Aspek Gambar

 
  • 69
    Shares

Loading...

Elemen image / gambar merupakan salah satu komponen penting sebuah toko online. Tetapi tidak jarang keberadaannya dinomor duakan oleh pemilik toko online. Memang mungkin masih banyak yang belum begitu mengetahui tentang pentingnya elemen ini. Maka berikut akan saya share mengenai bagaimana memanfaatkan image produk Anda untuk mencapai peningkatan pendapatan jualan online secara maksimal.

Penamaan

Ketika search di Google, pada baris kedua / ketiga, anda mungkin menjumpai beberapa tampilan dari “pencarian image” berdasarkan keyword yang kita ketikkan.

Selain itu, anda mungkin seringkali tidak puas dengan hasil yang diberikan oleh pencarian website, kemudian beralih pada “pencarian image”. Nah, disini letak peluang untuk menjaring pelanggan. Yaitu dengan menempatkan posisi gambar produk anda di puncak “pencarian image”. Caranya seperti apa? Yang paling penting adalah “nama” image anda. Jangan gunakan nama seperti “produk1.jpg”, “gambar2.jpg”, dst untuk produk Anda. Melainkan gunakan nama-nama SEO seperti “baju-hamil-modis.jpg”, “tas-wanita-kulit-asli.jpg”, “sepatu-adidas-original.jpg”, dlsb. Begitu pula dengan alternatif pendukungnya seperti penamaan “alt” dan “title” pada properties HTML nya.

Watermark

Watermark adalah salah satu cara untuk mencantumkan logo, tulisan, atau gambar lain pada gambar produk kita.

Kenapa harus watermark? Alasan utamanya tentu saja untuk memberi identitas pada image produk kita. Sehingga orang yang melihat gambar produk itu bisa langsung tahu bahwa image tersebut adalah milik perusahaan/website kita. Semakin bagus sebuah watermark, maka orang bisa semakin gampang untuk diingatkan pada website kita.

Size

Masih ada hubungannya dengan Google Image Search. Di bagian sidebar, anda mungkin bisa menemukan filter untuk gambar berukuran “icon”, “sedang”, dan “besar”.

Nah, saran saya adalah menggunakan image pada semua kategori  tersebut. Sebab, jika selalu tampil di setiap kategori, maka besar kemungkinannya orang lain akan mengetahui keberadaan produk Anda. Engine JagoanStore sengaja diprogram untuk memecah image produk Anda secara otomatis menjadi image yang besar, sedang, dan kecil. Dari sini user cukup upload image produk sekali saja dengan ukuran yang besar, maka secara otomatis nantinya akan terpecah menjadi ukuran yang sedang dan kecil.

Kualitas

Kualitas Image yang saya maksud disini adalah tentang ukuran dan desainnya. Untuk ukuran, pastikan jangan terlalu “besar”. Maksimal 50kb. Selain itu, jangan gunakan ekstensi “.png” untuk gambar yang kaya warna seperti foto, karena ukurannya akan jadi terlampau besar. Cukup gunakan “.jpg” saja yang bisa diatur antara kualitas dan ukuran melalui software seperti Adobe Photoshop. Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa di Photoshop tersedia pilihan File > “Save for Web” di mana anda bisa menyeimbangkan antara kualitas dan ukuran sebuah gambar.

Sekedar tips, untuk menemukan kualitas dan ukuran yang tepat bagi sebuah image “.jpg”, pada saat membuka fitur “Save for Web” gunakan kualitas “medium” atau “high” dan pastikan centang option “progresif”.

Latar Belakang

Gunakan warna-warna yang “smooth” sebagai background. Karena warna yang terlalu mencolok untuk produk akan membuat pengunjung cepat jenuh. Selain itu, sebisa mungkin jangan menyertakan ornamen-ornamen yang berlebihan. Cukup gunakan ornamen tambahan seperlunya saja. Karena pemberian ornamen tambahan yang berlebihan, malah akan mengurangi nilai estetika dari produk itu sendiri. Ornamen-ornamen sampingan juga pada dasarnya akan menambahkan warna pada foto yang kemudian akan menjadikan ukuran gambar anda jadi lebih besar.

Originalitas

Jangan gunakan foto yang anda dapat dari hasil pencarian Google. Kenapa? Yang pertama, toko online anda jadi terkesan pasaran dan menurunkan minat calon pembeli. Yang kedua, pelanggan bisa saja kecewa karena barang yang mereka terima tidak sesuai dengan di foto.

Yang Pelu Anda Ketahui tentang Banner

Elemen gambar terakhir adalah banner. Tampilan banner pada halaman home sebuah website tidak perlu dipungkiri bisa membuat sebuah website lebih atraktif. Jadi, menampilkan banner yang berukuran besar, selain sebagai “highlight” produk dan kelebihan-kelebihan produk anda, pada dasarnya juga sekaligus meningkatkan kualitas halaman home anda.

Nah, sekian dulu beberapa aspek mengenai elemen gambar yang perlu anda ketahui untuk meningkatkan nilai jual toko online anda. Semoga bermanfaat ;-)

Loading...

  • 69
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *