Running A Business

Meningkatkan Nilai Transaksi Melalui Metode Up Selling

 

Loading...

Setelah sebelumnya saya telah membahas tentang metode cross selling untuk meningkatkan jumlah sales, maka saat ini saya akan mengajak anda untuk mengetahui sebuah metode lainnya yang efektif untuk meningkatkan nilai dari transaksi. Namanya metode Up Selling.

[message_box color=”green”]Barangkali anda pernah mendengar cerita dari rekan anda yang awalnya hendak membeli laptop model A, namun pada akhirnya memutuskan membeli model B, entah karena spesifikasinya atau bentuknya yang lebih bagus, tetapi yang jelas harganya juga lebih mahal. Nah, yang terjadi pada rekan anda inilah yang disebut Up Selling dari sang penjual.[/message_box]

Saya pikir metode Up Selling cukup menarik untuk diterapkan di bisnis. Sebab dengan metode ini, peningkatan nilai penjualan tentu saja akan berujung pada peningkatan nilai income bagi kita. Tetapi Up Selling sendiri pada dasarnya tidak selalu berhasil dipraktekkan. Ada beberapa tahapan-tahapan yang harus anda ikuti jika ingin meningkatkan presentase keberhasilan dari metode Up Selling. Berikut di antaranya:

1. Berikan kesempatan bagi pelanggan untuk memilih

Beri kesempatan pelanggan Anda untuk memilih sampai memutuskan membeli, kemudian tawarkan produk lainnya.

2. Dapatkan informasi

Jika pelanggan tidak yakin dengan apa yang mereka cari, maka ini saatnya untuk menggali kebutuhan mereka.

3. Penawaran yang wajar

Tanyakan juga anggaran pelanggan Anda ketika melakukan Up Selling. Tujuan dari upselling memang untuk menaikkan penjualan, namun kita juga harus memberikan penawaran yang memungkinkan bagi pelanggan.

4. Selalu berikan nilai tambah

Ini adalah poin paling penting. Anda tidak boleh selalu terpaku dengan tujuan pendapatan yang lebih tinggi. Tetapi kita harus benar-benar menyajikan kelebihan dari produk yang kita Up Sell. Jika anda dapat menyampaikan nilai tambah produk anda dengan baik, maka presentase pelanggan untuk memutuskan membeli produk tersebut jadi lebih besar.

Up Selling merupakan metode yang menarik untuk dipraktekkan di bisnis apapun begitu pula dengan Cross Selling. Bahkan, saya pikir keduanya bisa disinkronisasi untuk diterapkan dalam 1 transaksi. Untuk ini tentu saja anda harus membekali CS dengan skill dan motivasi yang memadai. Selamat berlipat keuntungan. :-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *