Running A Business

Tips Menjaga Kesehatan saat Bekerja Guna Tetap Produktif!

 

Menjaga Kesehatan Saat Bekerja – Tidaklah asing bagi sebagian besar orang mendengar istilah “Bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup”. Mengingat sebagian besar manusia pasti memiliki banyak keinginan dan cita – cita untuk memiliki suatu benda atau pun hanya untuk memenuhi hasrat yang belum terlaksana. Pengorbanan waktu dan tenaga yang dikeluarkan untuk mendapatkan segenggam harta memang menjadi tujuan utama dari setiap orang melakukan pekerjaan. Tak jarang, Anda pun jadi lupa menjaga kesehatan saat bekerja.

Nyatanya, sebagai manusia normal kita juga tidak boleh lupa akan batas – batas yang ada. Sekuat dan sehebat apa pun manusia itu, pasti memiliki batas ketahanan fisik. Kesehatan tubuh menjadi modal utama manusia dalam melakukan pekerjaan, karena tanpa badan yang sehat manusia tak akan dapat bekerja dengan maksimal. Lalu bagaimana cara agar tubuh tetap sehat walaupun pekerjaan kita setumpuk? Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini!

Asupan makan jadi tips dasar menjaga kesehatan saat bekerja

Salah satu cara agar tubuh kita tetap dalam kondisi fit adalah dengan tetap mengontrol asupan makanan yang kita makan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi asupan lengkap harian Anda yang terdiri dari sayur, buah, karbohidrat, protein, mineral.

Hindari mengonsumsi makanan tinggi gula, garam dan lemak secara berlebihan. Selain tak baik untuk kesehatan, kebiasaan ini memicu Anda tidak fokus saat bekerja.

Biasakan membawa makanan dari rumah

Makanan dari rumah lebih bisa sehat dan terjamin akan kesehatannya karena kita tahu bagaimana proses pembuatannya. Selain itu, dengan membawa makanan dari rumah, kita juga ikut melestarikan lingkungan dengan mengurangi limbah bungkus dengan menggunakan kotak nasi yang bisa digunakan kembali.

Penuhi kebutuhan air bantu Anda menjaga kesehatan saat bekerja

Mengonsumsi air mineral dengan jumlah yang cukup dalam sehari dapat mengurangi resiko terserang penyakit bagi para pekerja. Terutama bagi Anda yang lebih banyak melakukan aktivitas di atas kursi.

Usahakan konsumsi air minimal 1,5 liter di setiap jeda saat bekerja. Hal ini juga berguna untuk mengurangi risiko dehidrasi saat beraktivitas.

Gunakan transportasi alternatif

Tak ada salahnya untuk mencoba moda transportasi yang berbeda saat beranjak ke kantor. Terutama jika jarak rumah Anda ke kantor kurang dari 10KM. Anda bisa menggunakan sepeda untuk transportasi. Survey di lapangan, kecepatan seseorang bersepeda dengan normal adalah 15km/jam. Berarti untuk mencapai kantor, Anda sudah dapat berolahraga dan membutuhkan waktu tak lebih dari 60 menit.

Sempatkan aktivitas fisik secara teratur

Kebanyakan orang pekerja kantoran terkadang lupa akan pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh. Padahal perlu diingat kembali, bahwa pekerjaan dengan jumlah jam di atas kursi atau duduk yang lama itu merupakan pekerjaan yang sangat berpotensi membuat tubuh terserang berbagai macam penyakit berbahaya. Mungkin mereka kurang olahraga beralasan karena tidak ada waktu, padahal bila kita lebih cermat kita bisa menemukan waktu yang dapat dimanfaatkan untuk olahraga. Anda bisa memulainya dengan kebiasaan berjalan di dalam ruangan selama beberapa menit sekali.

Tekun dalam pekerjaan memanglah wajib bagi siapa saja yang ingin sukses. Namun, tetap jangan lupakan kesehatan Anda ya!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *