Interviews

Menjaga Kualitas Barang dan Kepercayaan Pelanggan adalah Kunci Keberhasilan Toko Online Mainan, Inibarumainan.com

 

   

Menjalankan bisnis dari sebuah hobi memang menjadi dambaan setiap enterpreneur. Karena selain dirasa mudah dalam mengelola, juga mampu memberikan hasil yang banyak saat menjualnya. Begitulah yang terjadi pada bisnis online David Budiono(40). Bermula dari hobi mengutak – atik mainan sejak kecil, kini pria lulusan Teknik Mesin, Universitas Kristen Petra Surabaya ini sukses membangun dan membesarkan toko online dan offlinenya. Inibarumainan.com atau yang lebih familiar Speeometer Toys adalah sebuah toko mainan yang ia besarkan dengan selalu menjaga setiap kualitas dan kepercayaan pelanggan. Dan untuk mengetahui lebih dalam cerita dibalik suksesnya Bapak David membangun bisnisnya, berikut ini uraian dari sesi wawancara kami bersama beliau:

Halo Bapak David, sebelumnya bisa dijelaskan terlebih dahulu apa itu Inibarumainan.com?

Inibarumainan atau yang lebih dikenal dengan Speedometer Toys yaitu sebuah toko online yang bergerak di bidang penjualan mainan. Selain itu kami menerima jasa pengecatan & modifikasi figure, diecast & sejenisnya. Mainan di toko kami lebih difokuskan pada mainan yang menggunakan remote control (RC), seperti RC helicopter, mobil, kapal, tank, alat berat, robot. Ada juga diecast & mainan edukasi untuk anak – anak.

Untuk saat ini produk best seller kami bisa berganti-ganti mengikuti trend. Saat ini yang banyak diminati adalah RC helicopter & RC drift car. Sedangkan untuk custom painting, saya paling banyak mengerjakan orderan diecast, Ironman & superhero lainnya.

Nah, latar belakang mendirikan bisnis mainan ini dari mana Pak?

Latar belakang saya mendirikan bisnis jual mainan ini mungkin lebih saat saya melihat jika mainan untuk anak – anak akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Bukan hanya dari jenis dan cara permaianannya, namun juga dari sisi penjualannya yang terus mengikuti perkembangan zaman. Salah satu contohnya yaitu mainan saat ini sudah bisa dijual secara online. Dan itupun yang terjadi pada saya. Bisnis saya menggunakan sistem penjualan secara online. Dan dari penjualan online ini, saya mampu menjangkau hampir seluruh pasar di Indonesia.

Lalu bagaimana kiat Bapak dalam menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang ditawarkan ini?

Saya memilih untuk menjual barang dengan kualitas sedang sampai bagus dengan harga lebih murah daripada yang dijual di mall.  Untuk custom painting, saya sangat memperhatikan detail & kerapian pengerjaan.

Nah, ngomong – ngomong cerita bisnis Bapak. Bagaimana awal Bapak menjadi seorang enterpreneur online ini?

Berawal dari sejak kecil hobby otak atik mainan seperti model kit, Tamiya, memodifikasi & mengecat sepeda motor. Berlanjut memanfaatkan peluang untuk menjual mainan & memberikan jasa custom painting figure, diecast, dll. Memilih menjadi enterpreneur karena melihat ada kesempatan dibidang ini.

Dan mungkin jika ditanya mengenai pengorbanan yang pernah saya lakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah sama seperti umumnya bisnis yang baru mulai, pasti banyak waktu & tenaga yang dikeluarkan untuk menjalankannya. ‘

Apa yang membedakan bisnis Bapak ini dengan bisnsi lain yang menjual atau menawarkan produk sama dengan Bapak?

Personal approach adalah sesuatu yg penting. Misalnya siapa yang akan memakai mainan itu. Kalau ada anak – anak  ingin membeli RC heli, saya sarankan yg ukurannya kecil karena lebih aman. Jadi tidak asal jual hanya mencari keuntungan. Untuk custom painting, detail kerapian & ketahanan sangat saya perhatikan supaya customer mendapatkan kualitas sesuai dengan yang dibayarkan.

Menurut Bapak prestasi dan pengalaman apa yang sudah pernah diraih selama menjalankan bisnis ini?

Jika prestasi, saya sudah beberapa kali menjuarai lomba atau kompetisi custome painting.

Dan untuk pengalaman yang paling berkesan adalah ketika customer painting yang dibuat mampu menjuarai suatu perlombaan atau kompetisi.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada saat ini?

Di beberapa daerah, terutama di luar pulau, agak sulit mendapatkan mainan – mainan seperti yang ada di Speedometer Toys. Dengan menjual secara online, mereka dengan mudah bisa mendapatkannya.

Lalu apa tantangan dan kendala yang pernah Anda hadapi selama menjalankan bisnis ini?

Waktu pengiriman yang agak lama ke daerah – daerah tertentu. Diatasi dengan mengirimnya lewat kurir yang terpercaya & khusus ke daerah tersebut.

Apa nih rencana Bapak untuk mengembangkan bisnis ini kedepannya?

Saya ingin membesarkan toko offline yang sudah ada, dan lebih memperbanyak jenis produk yang dijual.

Apakah ada saran yang ingin Bapak sampaikan kepada para pelaku bisnis online lain di luar sana?

Untuk semua enterpreneur baik online ataupun offline, jaga sebaik mungkin kepercayaan dari customer Anda.

Karena kepercayaan mereka adalah kunci sukses bisnis kita.

Wah, terimakasih atas waktunya untuk berbagi kisah suskes bersama kami Pak. Semoga Inibarumainan selalu dan semakin sukses :)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *