Technology

Menjalankan Linux Shell pada Android melalui Terminal IDE

 

Loading...

Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas Secure Shell (SSH) ke VPS melalui device Android, kali ini kita masih berada pada topik yang sama. Yaitu penggunaan Android untuk aktivitas yang berhubungan dengan console server. Namun di samping menggunakan aplikasi Connectbot, kali ini kita akan menggunakan aplikasi Terminal IDE sebagai alternatifnya.

Instalasi Terminal IDE

1. Silakan ke Google Play untuk download aplikasi Terminal IDE.

2. Silakan buka aplikasi Terminal IDE anda. Kemudian silakan pilih opsi Install System. Disini akan kelihatan apakah system sudah pernah terinstall atau belum. Jika belum, silakan Install dulu.

3. Pada opsi Option, Anda bisa mengubah-ubah setting keyboard sesuai dengan keinginan. Salah satunya adalah fungsi CTRL yang bisa diwakili oleh tombol pengeras suara. Sehingga anda tidak perlu aplikasi tambahan seperti Hacker’s Keyboard untuk memperoleh fungsi CTRL.

4. Kembali ke tampilan awal IDE, sekarang Terminal IDE sudah siap digunakan sebagai pengganti console Linux pada Android anda.

SSH pada Terminal IDE 

Sebagai praktek dari Terminal IDE, kali ini kita akan SSH ke server melalui aplikasi ini.

1. Silakan buka Terminal IDE

2. Pilih opsi Terminal IDE. Di sini ada 4 window yang bisa Anda gunakan. Sehingga memudahkan kita mengerjakan banyak tugas sekaligus.

3. Silakan SSH ke server. Dari gambar di bawah bisa kelihatan jika SSH nya sama mudahnya seperti SSH melalui konsol Linux.

4. Aplikasi Terminal IDE yang tanpa menggunakan rooting Android, sudah bisa digunakan untuk melakukan beberapa fungsi konsol seperti di Linux. Anda bisa membuat file baru dengan perintah vim, cek free space Android, bahkan anda bisa telnet ke Mikrotik seperti berikut ini.

Nah, selamat mencoba ;)

 

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *