Leadership

Merasa Tidak Mumpuni di Bidang Apapun? Lakukan 5 Tips Ini Untuk Menemukan Passionmu

 
  • 94
    Shares

   

Apa anda penggemar film? Terutama film dokumenter? Jika iya, anda pasti pernah menonton atau sekedar mendengar film dokumenter Coach Carter. Film garapan Michael Tollin ini mengangkat kisah nyata seorang pelatih basket di sebuah sekolah Amerika, Ken Carter yang berjuang menciptakan prestasi Basket bagi sekolahnya. Film yang di release di tahun 2005 ini banyak mendapat perhatian dari masyarakat. Sebab, jalan ceritanya banyak mengandung sisi leadership yang patut ditiru oleh banyak orang termasuk yang bercita-cita menjadi entrepreneur.

Mengutip dari artikel hasil wawancara Don Bova bersama Michael Tollin dalam entrepreneur.com, berikut hal-hal yang dapat anda pelajari dari sutradara film ini.

  1. Kesuksesan: Kerja Keras atau Talenta?

Banyak faktor yang tidak terlihat dan tidak terukur untuk menentukan kesuksesan seseorang. Salah satu pemain NBA, Stais Boseman harus mengakhiri karirnya karena hal diluar talentanya yang sangat berbakat. Sebagai pemain basket dengan kemampuan profesional, ia harus mengakhiri karir basketnya dengan rasa malu. Stais Boseman kedapatan menggunakan dan menjual narkoba sehingga ia harus masuk ke penjara dan mengakhiri cita-citanya sebagai pemain basket terkenal. Oleh karena itu, kesuksesan muncul dari berbagai faktor, selain kerja keras dan talenta.

  1. Buatlah plan A sebelum memikirkan plan B

Apa anda pernah memikirkan untuk membuat beberapa plan atau rencana dalam kehidupan anda? Biasanya rencana dibuat untuk menjadi patokan apa yang akan kita lakukan di masa depan. Namun, banyak yang keliru ketika membuat rencana. Kebanyakan dari mereka lupa bahwa dalam membuat rencana, diperlukan kematangan dalam memprediksi hal apa yang mungkin terjadi. Baiknya, matangkan setiap rencana dimulai dari yang paling prioritas.

  1. Definisi Sukses anda akan merubah anda seumur hidup

Bagaimana cara anda mendefinisikan kesuksesan akan mempengaruhi anda dalam segala hal, termasuk ketika mendefinisikan diri anda sendiri. Berbagai motivasi mendasari seseorang untuk bertindak. Ada yang termotivasi karena uang, jabatan, ketenaran bahkan aktualisasi diri. Berbagai motivasi ini akan berbeda antara satu dengan orang lainnya. Dulu, banyak ditemui orang-orang yang mendefinisikan kesuksesan mereka dengan seberapa banyak pemasukan yang diperoleh. Tetapi, kini, tren mulai berubah. Banyak anak muda yang mulai membangun bisnis dan bekerja dengan harapan untuk melayani banyak orang atau bahkan hanya untuk kepuasan dirinya sendiri saja. Sukses juga bisa didefinisikan sebagai mimpi dan harapan. Jadi, apa definisi kesuksesan untuk anda?

  1. Bangunlah tim yang dapat anda percaya

Anda tidak dapat bekerja sendirian. Anda pasti memerlukan tim untuk membangun sesuatu yang besar dan berjangka waktu panjang. Nilai kepemimpinan berikutnya yang disampaikan oleh Tollin adalah membangun rasa percaya kepada tim. Kepercayaan akan sangat membantu anda untuk memaksimalkan potensi tiap anggota tim anda. Ini berarti, kesuksesan siap anda jemput lebih cepat!

  1. Lakukan ‘Wednesday Test’

Apa itu ‘Wednesday Test’? Ini adalah bentuk test yang akan menguji minat anda. Seperti memilih apa yang anda sukai dan apa yang anda cintai. Tes ini sangat mudah. Jika anda sampai di hari Rabu, tanyakan ekspresi anda di hari itu. Apakah anda terkejut karena hari itu adalah hari Rabu, atau justru anda merasa senang karena akhirnya anda berada di hari Rabu. Jika anda terkejut berarti anda sudah melakukan passion anda dalam bekerja, dan begitupun sebaliknya.

Selamat mencoba! Jawabnya yang jujur ya!

 

sumber gambar : freepik.com


  • 94
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *