Technology

Mereview Fitur Terbaru di WordPress 3.8

 

Loading...

Hai pembaca, kali ini saya akan membahas tentang versi terbaru dari WordPress. “Parker” itu adalah sebutan dari versi terbaru WordPress ini. Sekitar satu bulan yang lalu wordpress 3.8 telah dirilis, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas user interface yang selama ini dianggap sudah ketinggala zaman. Berikut akan dibahas perubahan dan fitur apa saja yang di tawarkan oleh WordPress 3.8 dan bagaimana anda bisa menggunakannya dengan benar:

Tampilan baru antarmuka pengguna untuk WP-Admin

Sebelumnya, banyak artikel yang menyebutkan bahwa MP6 bisa menjadi pandangan yang cocok untuk digunakan di WordPress, dan sekarang sudah diresmikan bahwa MP6 akan menjadi bagian inti dari wordperss 3.8. Tampilan wordpress baru ini sangat modern, sederhana, namun sangat elegan.

Screenshot_14

Fitur MP6 di administrator area menampilkan mode streamline dengan ikon yang diratakan dan skema warna yang indah. Anda dapat memilih skema warna dari Pengguna » Profile.

Tampilan dashboard yang tidak terlalu ramai

Layar dashboard juga akan mendapatkan perubahan di WordPress 3.8. Berdasarkan plugin dashboard yang dibuat oleh @lessbloat dan tim, dashboard WordPress baru hanya akan menampilkan sedikit widget .

Sebagai contoh, link “masuk” widget akan dihapus. ‘Sekarang’ widget akan digantikan oleh widget ‘Activity’. QuickPress pada layar dashboard akan berganti nama menjadi QuickDraft dan akan jauh lebih sederhana .

Screenshot_15

Live previews tema yang lebih menarik

Layar Tema di WordPress saat ini memiliki terlalu banyak teks. WordPress 3.8 akan menggunakan tema dan plugin experiense (codename Thx38) ke dalam corenya. Ini akan mengubah tema dalam layar admin area WordPress. WordPress versi Ini memiliki screenshot tema yang lebih besar dan dan antarmuka pengguna yang lebih bebas. “Search” menu dipindahkan ke sudut kanan atas layar. Seperti menu “Search” pada WordPress 3.7 atau sebelumnya , namun diversi sebelumnya anda perlu mengintall plugin MP6.

Screenshot_16

Parker adalah versi wordpress yang mengutamakan pengalaman antarmuka pengguna. Tidak terlewat pula di preview tema. Anda masih bisa melihat preview theme di WordPress 3.7 tanpa mengaktifkan tema . Namun parker menyediakan antarmuka pengguna yang lebih baik untuk melakukan itu. Anda benar – benar dapat meng-collapse bagian sidebar dan melihat preview tema dalam bentuk layar penuh. Hal ini juga jauh lebih cepat dan lebih cantik dari layar tema sebelumnya .

Screenshot_17

Antarmuka yang lebih mudah dalam pemilihan Widget

Widget adalah cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk menambahkan element ke sidebar dan daerah lainnya didalam WordPress tanpa perlu merubah script secara custom. Hal ini memungkinkan pengembang untuk membangun tema yang sudah ada untuk membuat layout situs mereka sendiri. Pada WordPress versi sebelumnya, cara untuk memindahkan widget ke sitebar adalah dengan merubah widget areanya, namun pada versi 3.8 ini kita para pengguna bisa dengan mudah melakukan drag and drop untuk memindahkan widget.

Screenshot_18

Tema Default Baru – TwentyFourteen

Screenshot_19

TwentyFourteen akan menjadi tema default baru untuk tahun – tahun kedepan yang dipasangkan dengan WordPress 3.8. Ini adalah tema gaya majalah dengan dukungan untuk menampilkan konten yang akan ditampilkan secara jelas di seluruh situs. Jika situs Anda tidak memiliki fitur gambar, TwentyFourteen juga memastikan bahwa wordpress anda akan tetap terlihat cantik dan “Out of The Box” meski tanpa gambar.

Screenshot_20

Twentyfourteen akan memungkinkan pengguna untuk merubah tampilan default mereka. Mereka dapat memilih gaya grid atau slider. Pengguna dapat memilih konten yang akan ditampilkan dengan menambahkan tag dalam theme customizer. TwentyFourteen kemudian akan mencari posting dengan tag dan menampilkan mereka di daerah utama.

Fitur Lain

Fitur lain yang banyak ditunggu adalah Omnisearch. Ini adalah fitur pencarian admin global yang dapat Anda gunakan untuk mencari media, posting, halaman, konten, file, plugin dan tema di situs WordPress Anda.

Hai pembaca, dari fitur-fitur tersebut adakah fitur lain yang kalian tunggu dari versi WordPress terbaru ini? Dan bagaimana pendapat kalian tentang WordPress versi kali ini? Anda bisa share dengan comment dibawah ini :-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *