Technology

Cara Mencari Icon untuk Desain Website dengan Cepat

 

Icon merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah desain website. Selain membuat tampilan menu tampak lebih kontras, icon juga bisa membuatnya lebih menarik. Nah, menemukan icon yang paling tepat untuk dipasang di website Anda bisa dibilang merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Hal ini bisa jadi cukup membosankan dan membuang waktu (Bayangkan jika kita harus mencari melalui berbagai situs penyedia icon). Maka tulisan saya mungkin bisa sedikit membantu memecahkan masalah anda. Di sini, saya kumpulkan sejumlah mesin pencari icon. Melalui mereka, Anda tinggal cari berdasarkan kata kunci, maka keluarlah icon yang Anda inginkan. Berikut di antaranya:

IconFinder.com

1-iconfinder

Website ini dibuat khusus untuk web designer dan developer yang sedang mencari opsi icon. Halaman homepage yang mirip Google membuat pengunjung tidak akan pernah tersesat ketika pertama kali mengunjungi website ini. Tidak hanya icon gratisan, anda dapat menemukan sejumlah icon premium dengan harga yang variatif. Fitur lain dari website ini adalah filtering, dimana pengunjung website dapat memilah Icon berdasarkan format file, harga, lisensi, dan ukuran. Anda dapat submit icon juga di sini jika anda ingin menyumbangkan icon buatan anda sendiri, misalnya untuk mendapat pemasukan, maupun secara sukarela.

IconArchive.com

2-iconarchive

Dibanding IconFinder, saya menemukan kalau IconArchive mempunyai icon yang lebih bervariasi, misalnya icon yang digunakan untuk mengganti icon Folder. Pada halaman pencariannya terdapat fitur filtering yang lebih banyak pula, filtering-nya sama dengan IconFinder tapi dengan tambahan parameter seperti pencarian berdasarkan warna, gaya icon seperti 3D, Hand Drawn, Photorealistic, dlsb.

FindIcons.com

3-findicon

Hampir sama dengan IconArchive (karena fitur-fiturnya memang tidak berbeda jauh), hanya saja dibagian footer ada fitur pilihan Bahasa dan pilihan ganti tema. Tapi ada satu fitur yang membuat FindIcons beda dari yang lain. Yaitu fitur konversi gambar. Di fitur ini, anda dapat mengubah jenis file yang Anda upload ke dalam format file gambar seperti GIF, PNG, SVG, dan beberapa format gambar lain.

IconsDB.com

4-iconsdb

Benar-benar berbeda dari yang website yang sebelumnya, website ini khusus menyediakan icon dengan gaya Flat Design. Yaitu kumpulan icon dengan style warna solid tanpa gradient ataupun efek lain. Jumlah icon nya pun tidak terlalu banyak, hanya ada sekitar 1541 icon saja. Tapi kita dapat membuat warna icon yang sesuai keinginan kita sendiri dengan memasukkan kode HEX warna pada text box di homepage.


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *