Technology

Microsoft Mulai Tinggalkan Windows XP

 

   

Microsoft telah mengumumkan pemberhentian dukungan untuk 2 produk lama mereka. Yaitu Windows XP dan Microsoft Office 2003. Anda bisa baca beritanya di sini: http://www.microsoft.com/en-us/windows/endofsupport.aspx. Artinya, Microsoft sudah tidak akan menyediakan pengembangan, bantuan, dan layanan terhadap 2 produk lama tersebut. Tampaknya mereka siap untuk membuka lembaran baru dengan produk Windows 7 dan 8. Padahal, sampai saat ini mungkin di sekeliling kita masih bisa ditemukan banyak sekali pengguna setia kedua produk ini. Mereka enggan untuk beranjak meskipun banyak sekali perkembangan-perkembangan baru yang bermunculan di dunia IT. Beberapa alasan melandasi fenomena ini. Yaitu:

1. Katanya, Windows XP dan Office 2003 lebih mudah digunakan

Katanya, “Windows XP dan Office 2003 lebih familiar, mudah digunakan, dan stabil”. Pernyataan ini mungkin dilandasi perubahan secara besar-besaran dari segi tampilan yang dilakukan oleh Microsoft pada produk setelahnya, yaitu Windows Vista dan Office 2007. Padahal, sebenarnya fitur-fiturnya sama.

kucing-pakai-laptop

2. Sudah tradisi

Ketika pertama kali mempelajari komputer, yaitu sekitar tahun 2003-2007, Windows XP dan Microsoft Office 2003 menjadi primadona. Tidak dapat dipungkiri bahwa kedua produk ini pula lah yang menginspirasi generasi mainstream untuk melek komputer. Meskipun kemudian banyak bermunculan produk terbaru, kedua produk ini dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan komputasi mereka. Maka, mereka pun enggan untuk beralih. Padahal Microsoft sendiri bilang kalau kedua produk ini sudah kuno.

steve-ballmer-microsoft

3. Masalah teknis

Alasan terakhir adalah masalah teknis, seperti kompatibilitas hardware dan lisensi. Katanya, hardware yang saat ini mereka miliki tidak mampu menjalankan sistem operasi terbaru. Jadi harus ganti dulu. Atau, harus beli lisensi OS yang original, lagi. Maka budget yang keluar akan membengkak. Padahal di sini Microsoft menyediakan opsi migrasi. Lagipula di dalam OS masa kini (Linux, Windows 8, iOS), sudah ada fitur sinkronisasi terhadap hardware masing2 sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah kompatibilitas.

hardware-compatibility-chec

Demikian pendapat saya. Jangan cemas dulu, berita ini efektif pertanggal 8 April 2014. Jadi anda masih bisa menyiapkan diri untuk beradaptasi pada OS terbaru. Sayonara Windows XP.

           

Artikel Terkait

1 komentar

  • 21 February 2013 - pukul 11:18

    Wah ni, sampai sekarang PC saya masih menggunakan OS Windows XP..
    cukup kecewa juga mendengar berita ini soalnya saya sudah amat terbiasa menggunakan os Windows XP

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *