Technology

Migrasi Server Website ke VPS Linux CentOS

 
  • 69
    Shares

Saat website telah mengalami peningkatan pengunjung dan memerlukan kebutuhan sumber daya memory dan disk server yang lebih besar, maka migrasi ke VPS merupakan salah satu solusi yang bisa dipakai.

Untuk melakukan migrasi, pertama anda harus menyiapkan dulu agar VPS anda bisa menerima pemindahan. Di antaranya dengan menginstal beberapa service yang bisa mendukung website anda untuk tampil di internet. Service apa saja yang harus diinstal pada tahap persiapan, bisa dibaca di sini.

Kemudian, sama halnya seperti pemindahan website dari localhost ke hosting. Anda bisa menggunakan FTP untuk perpindahnya. Maka silahkan buat dulu akun FTP di VPS anda. Caranya:
1. SSH ke VPS anda, kemudian ketik command: adduser userftpanda
2. Untuk mengganti passwordnya bisa ketik : passwd userftpanda
3. Setelah FTP tercreate anda bisa menggunakan FileZilla atau FTPclient lainnya. Caranya bisa dibaca disini.
4. Silahkan arahkan/upload data file anda ke folder /var/www/html. Jika di cPanel, folder tersebut sama dengan folder public_html

Setelah file diupload, berikutnya import database ke VPS anda. Caranya:
1. Masuk ke phpmyadmin VPS anda dengan mengakses contohnya http://abc.com/phpmyadmin (ganti abc.com dengan nama domain anda)
2. Masukkan user root dan password mysql user anda
3. Create database  baru untuk menerima import tabel dari database lama anda. Setelah tercreate, select database tersebut kemudian klik tab Import. Browse file database backup .sql dari server lama anda.

Setelah file dan database anda berhasil dipindah, anda bisa mengatur script koneksinya. Sesuaikan nama user dan nama database baru yang telah anda create.

Semoga berhasil :-)


  • 69
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *