Start A Business

Strategi Mempersiapkan Modal Memulai Franchise, Pemula Pasti Bisa!

 

Modal Memulai Franchise – Terlepas dari latar belakang Anda yang sudah berpengalaman menjadi pebisnis ulung atau pun masih pemula, nyatanya bisnis waralaba atau franchise patut Anda jadikan pilihan. Sebab, menyiapkan modal memulai franchise bukanlah hal yang menakutkan seperti anggapan sebagian orang.

Anda dapat mencoba peruntungan bisnis franchise dengan melakukan sejumlah strategi berikut agar bisnis Anda dapat menghasilkan profit. Apa saja? Baca ulasan lengkapnya berikut ini!

Awali modal memulai franchise dengan riset bisnis mana yang akan dipilih

Sebelum Anda memulai bisnis franchise, pastikan Anda memperbanyak informasi dan melakukan riset terkait bisnis yang sesuai dengan bidang keahlian Anda atau yang Anda sukai. Setelah itu pilihlah usaha franchise yang sesuai dengan budget Anda.

Alangkah baiknya jika Anda tidak memilih franchise tertentu hanya karena harganya yang murah, tanpa didukung oleh sistem manajemen, pelatihan dan promosi yang kuat. Perlu diingat, pihak franchisor mengambil royalti dan fee dari pihak franchisee untuk membangun bisnis lebih besar lagi.
Oleh sebab itu, pilihlah franchise yang tepat dari segi budget, kualitas produk, sistem manajemen, dan legalitas berupa izin usaha untuk menghindari masalah hukum di suatu hari.

Pertimbangkan lokasi sebagai modal memulai franchise Anda

Salah satu yang menjadi modal penting menjalani bisnis franchise adalah pemilihan lokasi yang strategis. Oleh karenanya, pilihlah lokasi yang strategis agar memudahkan pelanggan Anda ketika ingin membeli produk Anda.

Pertimbangkan juga faktor pemilihan lokasi dari segi kepadatan penduduk, gaya hidup masyarakat setempat, serta keberadaan kompetitor yang berada di lokasi tersebut. Dengan memilih lokasi yang strategis, maka hal ini dapat membantu Anda meningkatkan potensi keuangan bisnis nantinya.

Pertimbangkan pinjaman yang digunakan untuk memulai bisnis franchise

Tak dapat dipungkiri bahwa pinjaman menjadi salah satu modal yang menentukan dalam perkembangan bisnis franchise Anda. Tugas Anda adalah memilih sumber pinjaman yang akan Anda gunakan.

Anda dapat memilih franchise tertentu yang pemiliknya membebaskan biaya franchise dan bermitra dengan pemberi pinjaman lain seperti bank komersial untuk membantu pebisnis franchise baru dalam meningkatkan modal dalam memulai bisnisnya. Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa perusahaan lain yang secara khusus mendanai pebisnis franchise baru yang mencocokkan peminjam dengan pemberi pinjaman yang tepat untuk kebutuhan keuangan Anda. Terakhir, cara lainnya yang bisa jadi alternatif yaitu melakukan pinjaman dari bank komersial biasa atau koperasi kredit. Perbanyaklah konsultasi dengan berbagai pihak dalam memilih sumber pinjaman agar Anda tidak salah memilihnya.

Kehadiran karyawan juga patut dipertimbangkan sebagai modal, lho!

Tak sedikit sebagian bisnis franchise yang membutuhkan kehadiran karyawan dalam pengoperasian bisnis. Namun, jika dirasa dana Anda pas-pasan, sebaiknya pilih franchise yang tidak memerlukan banyak karyawan. Sebab, hal ini akan memengaruhi dana operasional Anda.

Selain itu, pastikan Anda memlih karyawan yang berkualitas dan berpengalaman di bidang pekerjaannya. Sebab, kualitas karyawan juga memengaruhi kualitas bisnis Anda dalam melakukan penjualan dan melayani pelanggan.

Untuk langkah awal, sebaiknya jadikan bisnis Anda tidak terlalu dipenuhi banyak karyawan. Namun, jika selama beberapa bulan atau tahun bisnis Anda berkembang dan dirasa kekurangan tenaga operasional, barulah Anda disarankan untuk menambah karyawan sesuai kebutuhan.

Bisnis franchise memang menjadi salah satu alternatif dalam memulai sebuah usaha. Meski membutuhkan modal yang tak kecil, tapi bukanlah mustahil bagi siapa saja untuk mencoba bisnis ini selama mengimbanginya dengan strategi yang tepat. Jadi, apakah Anda tertarik dan siap mencobanya?
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *