Start A Business Tips Bisnis

Dropship Internasional: Modal Wirausaha Ringan, Peluang Untung Menjanjikan

 

Modal Wirausaha – Bisnis dropship yang sudah menjamur di Indonesia selama beberapa tahun belakangan, dikenal menjadi salah satu peluang bisnis yang mengandalkan modal wirausaha ringan. Mengapa demikian?

Sebab, bisnis dropship menjadi salah satu model bisnis yang unik dan berbeda jika dibandingkan dengan model bisnis pada umumnya. Bahkan, ini menjadi pekerjaan yang sangat cocok bagi yang sudah memiliki pekerjaan utama dan ingin menambah penghasilan sampingan, tapi tidak mau repot dalam membagi waktu atau stok barang di rumah.

Apa itu dropship?

Mengenal apa itu dropship
Sumber: Artem Beliakin di Unsplash

Bisnis dropship merupakan kegiatan menjual produk yang mengandalkan barang dari supplier. Sehingga, pemilik bisnis dropship tidak harus produksi sendiri atau bahkan sedia stock barang setiap saat.

Meskipun sekilas peran dropshipper hampir mirip dengan reseller, yang dalam artian menjual barang dari supplier ke pembeli. Namun, terdapat perbedaan yang paling mendasar antara reseller dan dropshipper.

Salah satunya, yaitu reseller harus membeli barang sebagai stok dengan jumlah lebih banyak dari supplier. Hal ini dilakukan supaya harga barang yang diperolehnya kompetitif sehingga selisih harga pembelian dengan harga penjualan yang didapat semakin besar.

Sementara sistem Dropship tidak perlu memiliki stok barang dan hanya fokus mencari konsumen saja. Selain itu, dropshipper dapat menentukan harga jual yang berbeda dengan supplier. Sehingga, selisih harga itulah yang menjadi keuntungan bagi dropshipper.

Jika Anda masih pemula dalam mengenal bisnis dropship dan mulai tertarik untuk mencobanya, simak artikel Mebiso seputar panduan bisnis dropship , ya!

Lalu, bagaimana dengan bisnis dropship internasional?

Tidak jauh berbeda dengan bisnis dropship domestik atau dalam negri, dropship internasional pun cukup mengandalkan barang yang dijual dari supplier. Bedanya, dropship internasional lebih fokus mengandalkan supplier dari luar negri.

Penjual atau dropshipper pun tidak perlu sedia stok barang setiap saat, karena penjual hanya perlu meneruskan order pada distributor/supplier internasional. Kemudian langkah selanjutnya, supplier lah yang akan mengirim barang tersebut kepada pembeli dengan menggunakan nama penjual.

Di sisi lain, terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapat dari bisnis dropship. Salah satunya yaitu minimnya modal bagi Anda untuk memulai usaha. Karena tidak harus sedia stok barang setiap saat.

Anda pun tidak perlu repot produksi, quality control, bahkan mengurusi packing dan proses pengiriman. Karena semua hal tersebut menjadi tanggungjawab supplier Anda.

Selain itu, keuntungan menjalani bisnis dropship internasional adalah variasi produknya yang cenderung tak terbatas jika dibanding dengan bisnis dropship lokal. Sebab, sebagian besar produk yang didatangkan dari supplier China atau negara lainnya di luar Indonesia serba tersedia, lengkap dan unik. Sehingga, cukup jarang ditemukan di Indonesia.

Meski punya modal wirausaha kecil, lakukan ini sebelum memulai dropship internasional

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis dropship internasional
Sumber: Green Chameleon di Unsplash

Sama halnya dengan model bisnis biasa, untuk memulai bisnis dropship pun diperlukan strategi yang tepat. Gunanya, supaya Anda dapat membangun bisnis yang aman dan terpercaya baik bagi konsumen maupun bagi diri Anda sendiri.

Mulailah perbanyak riset sebelum menentukan jenis produk yang ingin dijual, Sebaiknya prioritaskan terlebih dulu produk-produk yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

Jangan lupa perhatikan juga target pasar yang ingin Anda sasar. Baik dari segi usia, gender, penghasilan, dan gaya hidup. Karena hal-hal itulah yang menentukan kebiasaan konsumen dalam berbelanja.

Lanjutkan pula dengan memanfaatkan media sosial dan website untuk mencari target konsumen dan memasarkan produk. Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan website atau jasa digital marketer untuk membantu memasarkan produk dengan lebih masif.

Adapun hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam bisnis dropship internasional adalah menentukan supplier. Pastikan Anda mencari tahu reputasi supplier dari rating toko, ulasan di marketplace, dan media sosialnya.

Jangan lupa perhatikan pula kualitas, variasi, beserta harga produk yang dijual oleh supplier. Serta opsi pembayaran dan jasa ekspedisi yang dipakai supplier. Karena perlu diingat, koneksi Anda dengan supplier menjadi salah satu kunci terpenting dalam membangun bisnis dropship internasional.

Setelah mengenal bisnis dropship internasional, semoga membuat Anda jadi semakin paham bahwa siapa saja bisa merintis usaha sendiri. Bahkan, dengan modal wirausaha yang tidak memberatkan. Jadi, masih mau tunggu apa lagi? Mulai rintis bisnis Anda dari sekarang!

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *