Interviews

Muhammad Fuady, Seorang Apoteker yang Sukses Berbisnis Desain dan Konveksi Bersama Mbojo Souvenir

 
  • 1
    Share

Memiliki sebuah bisnis pribadi yang sudah dikenal dimana – mana bukanlah hal yang mudah untuk diraih. Terlebih ketika bisnis serupa sudah banyak muncul dan menjadi salah satu dari komtetitor di pasaran. Tapi Muhammad Fuady, S. Farm., Apt(25) tidak menyerah dengan semua hal itu. 7 tahun menjalani bisnis bersama Mbojo Souvenir yang bergerak dibidang desain dan konveksi. Kini bisnisnya sudah menjadi salah satu ekportir rutin ke beberapa negara di Asia. Mebiso berkesempatan mewawancarai owner dari Mbojo Souvenir ini, berikut ini ulasannya:

Halo Mas Fuady, Apa latar belakang pendidikan Anda?

Saya adalah lulusan Sarjana Farmasi Apoteker (S. Farm., Apt) di Universitas Islam Indonesia (Yogyakarta), Angkatan masuk 2006.

Bagaimana awal ketika Anda masuk ke dunia entrepreneur?

Masuk ke dunia enterpreneur sebenarnya sudah sejak lama, sedari saya duduk di bangku SMA dulu sudah membantu ibu saya untuk jualan sembako dan makanan anak-anak diwarung kecil yang ada dirumah saya, dan dari situ sampai saya kuliah saya berfikir, saya harus berpenghasilan sendiri tanpa harus meminta uang kepada orang tua saya untuk membeli dan membayar apa yang saya inginkan dan butuhkan.

Lambat laun, itu menjadi penghasilan aktif dan pasar menerima jasa dan produk yang saya produksi. Bisnis yang saya rintis benar-benar dari nol, pengembangan skill dan bagaimana membangun pasar adalah yang saya lakukan selama menjalan bisnis saya.

Bisnis saya bergerak di bidang desain dan konveksi (jasa produksi Jaket, sweater, varsity, hoodie, kemeja, blazer, almamater dll)

Apa pengorbanan terbesar Anda untuk menjadi seorang entrepreneur?

Pengorbanan terbesar untuk menjadi enterpreneur adalah saya harus memanage waktu saat kuliah, karena kuliah saya di bidang ke Farmasian, jadi harus membiasakan diri bagaimana efektif antara menjalankan bisnis dan kuliah. Saya ingin menepis mitos yang sempat booming dulu yang katanya “Kalau mahasiswa sudah berpenghasilan, maka dia tidak akan lulus Kuliah” Dan saya membuktikan jika ternyata mitos itu tidak benar. Saya bisa menyelesaikan studi saya hingga menjadi apoteker saat ini. Pengorbanan lainnya, bagaimana meyakinkan orangtua, untuk memberanikan diri dan yakin dengan bisnis yang kita bangun dan jalankan

Bisa diceritakan tentang bisnis Anda? Dan jenis produk apa yang Anda tawarkan?

Mbojo Souvenir adalah bisnis yang bergerak di bidang desain dan konveksi. Walau saat ini sangat banyak sekali bisnis yang bergerak dibidang konveksi, Mbojo Souvenir dengan ke-khasannya terus memberi apa yang pasar inginkan. Berinovasi dan terus berinovasi. Mbojo Souvenir memproduksi jaket, sweater, kaos, hoodie/jumper, varsity, Almamater, blazer, topi, stiker, pin, dan lain sebagainya. Selain itu juga, Mbojo Souvenir mendapat kepercayaan dalam pembuatan sebuah logo, konsultasi dalam menjalankan bisnis, merancang Blog/website dan juga poster.

Bagaimana latar belakang berdirinya bisnis yang Anda miliki ini?

Latar belakang terbentuknya Mbojo Souvenir, menjawab keinginan pasar yang dimanis dan terus berkembang dan begitu banyak hal baru yang harus jeli oleh setiap pelaku bisnis. Membuat kami terus memberi apa yang terbaik untuk konsumen. Dahulu Mbojo Souvenir hanya menjual merchandise khas daerah Bima (salah satu daerah di Nusa Tenggara Barat). Kami banting stir menjadi bisnis yang berbentuk jasa produksi produk keperluan distro, event, kantor, komunitas, sekolah dan universitas, dengan kualitas desain dan produk yang tetap dikontrol.

Ceritakan bagaimana Anda memasarkan bisnis Anda ini:

Untuk pemasaran Mbojo Souvenir melakukannya dengan menggunakan metode Offline dan Online. Seiring berjalannya waktu justru konsumen kami yang memasarkan produk kami. Metode yang sering dilakukan adalah metode Viral Marketing, yaitu bagaimana konsumen dapat berperan aktif untuk memasarkan produk yang dibelinya. Metode ini tidak semudah yang dibayangkan, karena kita harus tahu terlebih dahulu karakter konsumen kita seperti apa, pasar yang diinginkan segmentasinya kemana saja, beda pasar maka beda juga strategi pemasarannya. Overall, kami 80% menggunakan pemasaran media Online.

Saat ini kami ingin merancang sebuah website pribadi, yaitu mbojosouvenir.com untuk menguatkan pemasaran kami secara global. Jadi, selain kami bergerak di bidang Jasa Produksi, dengan adanya website kami akan menjual produk (jaket, kaos, asesoris) limited edition dengan konsep mengikuti pergerakan pasar dan bersifat dinamis.

Menurut Mas Fuady sendiri, sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Kalau yang membedakannya adalah pada konten dan gaya pemasaran yang kami lakukan, kami tak banyak melakukan pemasaran Offline, kami tidak memberi Diskon karena kami mengedepankan kualitas produk. Mbojo Souvenir terus berusaha menyapa semua konsumen tanpa pandang bulu. Konsultasi tiap desain dan produk sedetile – detilenya kami lakukan agar memberi kenyamanan ke konsumen kami. Pilihan desain yang bervariatif dan penyajian yang unik untuk semua segmen pasar yang membedakan kami dengan bisnis lainnya yang serupa.

Prestasi terbaik apa yang pernah diraih bisnis Anda? Dan pengalaman apa yang paling berkesan selama menjalankan bisnis ini?

Mbojo Souvenir sering menjadi sponsor di event – event kemanusiaan(penggalangan dana), donator di Panti Asuhan “BINA REMAJA”. Kami juga sempat diliput oleh bisnisTV.com, bisnisUKM.com, Tabloid PELUANG USAHA, masuk dalam 100 besar “Profesi Indonesia Award th 2013”, menjadi judul skripsi salah satu mahasiswa MSD (Yogyakarta), seminar terbuka bersama Himpunan Mahasiswa UNY (Universitas Negri Yogyakarta), dan saya (Muhammad Fuady, S. Farm., Apt) sekarang mendapatkan kepercayaan menjadi Mentor/consultant di bisnisUKM.com.

Untuk produk, saya sudah mengekspor ke Jepang(Bido Com community), Korea Selatan (Ga Bim South Korean) dan sudah berkerjasama jangka panjang. Dan saat ini Mbojo Souvenir juga sudah mengirim 90% daerah di Indonesia.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang? Dan Bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Market/ pasar sekarang sangat cepat sekali berubah. Pasar jenuh itu sudah biasa karena media informasi saat ini terus berkembang. Menurut saya “Jika sesuatu dilakukan dengan cara yang sama, maka hasilnya sama”. Inovasi tidak hanya pada produk, tetapi penyajian produk tersebut sangat perlu. Saat ini, pemasaran melalui media offline tidak terlalu berpengaruh banyak jadi sudah saatnya semua pelaku bisnis melakukan inovasi.

Tantangan dan kendala apa yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangan dan kendala yang dialami Mbojo Souvenir sekarang cukup berpengaruh ke perkembangan bisnis serupa. Jadi tidak heran kalau plagiator/follower sudah sangat banyak sekali. Yang perlu dilakukan, ya tetap berfikir positif dan tetap menjadi diri sendiri, karena konsumen tahu mana yang “berkualitas” dan mana yang kurang. Untuk kompetitor kami tidak menganggap mereka competitor. Tapi dengan adanya mereka, justru membuat kami terus bisa berinovasi dan terus mencari solusi. “Think right”.

Sedangkan untuk kendala produksi, mungkin terkait ketersediaan bahan, dan waktu produksi (karena permintaan meningkat). Jadi saat ini kami sedang mengembangkan lagi untuk SDM dan alat-alat yang digunakan

Apa rencana ke depan untuk mengembangkan bisnis Anda ini?

Rencana kedepannya yaitu menjual produk sendiri, menambah “Brand ambassador” di beberapa daerah di Indonesia, dan mengekspor produk pastinya.

Lalu siapa tokoh yang menjadi motivasi Anda? Dan apa Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai Enterpreneur?

Ibu Saya (Hj. Chairunnisa), bapak saya (H. Masryn Djamaluddin), saudara saya (Arief Solichin dan Ikhwan Setiawan), keluarga saya, teman-teman saya. Ibu dan bapak saya berkata “Teruslah, lakukan terbaikmu dan pertahankan itu, jangan lupa lihat disekitarmu dan rendah hati”

Untuk yang terakhir nih Mas Fuady, saran terbaik apa yang dapat Anda berikan seputar dunia entrepreneur?

Tetap belajar, tetap bertanya, tetap fokus, tetap rendah hati, tetap beribadah, tetap berbagi, dan tetap tersenyum. ;-)

Wah terimakasih banyak Mas Fuady, sudah mau berbagi kisah tentang perjalanan bisnisnya bersama Mbojo Souvenir. Semoga Mbojo Souvenir terus dan akan selalu maju :-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnis mediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun.

Dalam Artikel Ver 2

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!


  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *