Start A Business

Mulai Bisnis UKM di Luar Keahlian, Apakah Bisa?

 

Mulai Bisnis UKM – Sebagian besar pebisnis umumnya memilih model bisnis yang sesuai dengan bidang keahliannya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan sistem bisnis yang dijalani. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mulai bisnis UKM di luar bidang keahlian Anda, lho.

Memulai bisnis usaha di luar keahlian Anda bukanlah hal yang mustahil. Hanya saja Anda butuh ide kreatif yang dapat mengubah apa yang ada disekitar menjadi lebih berpeluang menghasilkan. Lantas, bagaimana bisa membangun bisnis UKM di luar keahlian? Ini jawabannya!

Awali mulai bisnis UKM dengan ubah mindset

Meski keahlian dan keterampilan adalah hal yang penting dalam memulai sebuah bidang bisnis. Namun, keahlian yang tidak sesuai dengan bidang bisnis yang akan atau sedang Anda jalani bukan berarti akan membawa Anda dalam kegagalan.

Nyatanya, banyak kisah sukses para pebisnis yang membangun usaha di luar keahliannya. Oleh karenanya, perbaiki dulu mindset Anda dalam mempertimbangkan keahlian pada bisnis Anda. Perlu di ingat bahwa membangun bisnis tidak hanya menyangkut satu hal saja, tetapi berbagai aspek, termasuk pemasaran, strategi bisnis, membangun jaringan baru, dan sebagainya.

Jangan malu belajar hal baru

Hal yang wajib Anda lakukan saat menjalankan bisnis yang bukan merupakan bidang yang Anda kuasai adalah banyak-banyak belajar. Berbagai sarana dan media belajar dapat Anda gunakan untuk menambah wawasan Anda. Mulai dari kelas belajar online, webinar, bergabung dengan komunitas, dan lainnya.

Dengan semakin fokus mempertajam pengetahuan dan keterampilan Anda pada bidang bisnis tersebut, maka akan lebih mudah meningkatkan kinerja bisnis Anda serta tidak akan mudah ditipu orang lain.

Cari rekan bisnis yang tepat untuk mulai bisnis ukm

Tak masalah jika Anda minim akan wawasan dan keahlian dari bidang usaha yang ingin digeluti. Sebab, Anda bisa menyeimbangkannya dengan mencari seorang rekan bisnis yang lebih ahli dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Jika Anda akan membangun bisnis dengan skala yang lebih besar, maka Anda sebaiknya membentuk tim ahli. Namun, pastikan Anda sudah melakukan banyak riset dalam mencari rekan bisnis atau membentuk sebuah tim. Dukung pula dengan memperbanyak relasi di setiap kesempatan yang Anda miliki. Denagn demikian, Anda bisa semakin berpeluang menemukan rekan bisnis yang tepat.

Selalu perhatikan kompetitor

Salah satu yang dapat Anda gunakan untuk membantu dalam mengamati perkembangan bisnis Anda adalah kinerja para pesaing Anda. Mereka dapat menjadi salah satu sumber belajar bagi Anda dalam membangun jiwa entrepreneurship.

Oleh karenanya, selalu sempatkan untuk mengamati perkembangan bisnis para kompetitor Anda. Dengan demikian, Anda tidak tertinggal dengan progress para kompetitor.

Jangan pernah takut memulai bisnis di luar zona nyaman Anda. Perbanyak belajar, riset dan relasi agar Anda dapat sukses membangun bisnis UKM. Semoga berhasil!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *