Interviews

“Nikmati Setiap Prosesnya” Penyemangat Sun’an Arief Mahardika dalam Menggapai Kesuksesan bersama Soccerlandstore.com

 

Loading...

Berawal dari hobi bermain sepak bola dan mengenakan jersey atau pakaian khusus fans pesepak bola dunia, kini Sun’an Arief Mahardika(27) sukses membangun toko online khusus pakaian bertemakan sepak bola. Pria lulusan Teknik Elektro, ITS Surabaya ini sempat menjadi seorang pegawai, namun karena kecintaannya pada dunia wirausaha dan sepak bola, akhirnya ia memutuskan untuk mendirikan bisnisnya sendiri. Dan seperti apa kisahnya? Berikut ini ulasannya:

Halo Bapak Sun’an Arief, bisa dijelaskan terlebih dahulu apa itu Soccerlandstore.com?

Soccerland adalah toko online yang memproduksi dan menjual clothing bertema sepakbola, untuk fans fanatic sepakbola, khususnya klub besar dunia. Kami juga memproduksi dan menjual kaos polos. Produk yang bertema MU, Liverpool, Ac Milan adalah produk yang paling laris. Mungkin karena basis supporter ketiga tim tersebut adalah yang terfanatik dan terbesar di Indonesia.

Wah lalu seperti apa latar belakang berdirinya bisnis ini?

Berawal dari hobi, dan saya melihat kaos memiliki pasar yang sangat besar. Meskipun tingkat persaingan tinggi, namun permintaan pasar jauh lebih tinggi. Ini saya lihat sebagai peluang dan hingga pada akhirnya saya menciptakan bisnis ini.

Dan seperti apa cerita awal Anda menjadi seorang enterpreneur?

Berawal dari keisengan saat masih kuliah semester akhir tahun 2009, karena saya sangat suka memakai kaos dan hobi sepakbola, coba-coba membuat produk kaos bertema sepakbola dan memasarkannya melalui forum jual beli Kaskus. Setelah sempat vakum karena menjadi jobseeker menuruti keinginan orang tua, akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan usaha yang sudah menjadi passion saya hingga sekarang. Menjalankan bisnis inipun saya tidak merasa berkorban, karena saya sangat menikmati semua proses yang saya lalui sejak pertama mulai usaha hingga sekarang.

Bagaimana cara Anda dalam memasarkan bisnis ini?

Pemasaran utama adalah melalui iklan facebook dan melalui google. Kita juga beberapa kali mengikuti bazaar atau clothing expo. Kami juga menggunakan material bahan yang baik, sesuai standar bahan yang umumnya dipakai clothing distro, dan harga jual kami sesuaikan dengan kualitas material yang kami pakai. Ini yang menjadi cara kami dalam menyeimbangkan produk yang kami pasarkan dengan kualitas yang diberikan.

Apa sentuhan yang Anda berikan, sehingga membuat bisnis ini tampak berbeda dari lainnya?

Persaingan tinggi memang sangat sulit dihindari, untuk menghadapinya kami mengutamakan desain dari produk kami semenarik mungkin, provokatif, namun tetap elegan. Selain itu kami juga memberikan paket untuk pembelian retail yang mampu mendongkrak penjualan kami.

Pengalaman bersama pelanggan yang seperti apa yang pernah dialami selama menjalankan bisnis ini?

Banyak yang bilang menjalankan toko online jauh lebih mudah, kenyataannya sama saja seperti toko offline, bahkan harus ekstra sabar dalam menghadapi pelanggan. Karena kebanyakan dari mereka masih sangat berhati-hati dalam bertransaksi dikarenakan maraknya penipuan oleh penjual online yg tidak bertanggung jawab. Jadi kami harus mampu menjelaskan produk dan alur transaksi dengan baik, yang mampu meyakinkan pelanggan untuk akhirnya membeli produk kami. Dan ketika mereka sudah membeli, kebanyakan dari mereka menjadi loyal dan bergabung menjadi reseller kami.

Lalu bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang?

Jumlah penduduk Indonesia dan fanatismenya terhadap sepakbola yang sangat besar, membuat pasar produk kami adalah pasar jangka panjang dan potensial. Namun tingkat persaingan yang juga semakin tinggi membuat kami harus selalu berinovasi.

Berbisnis tentu memiliki tantangan dan kendala, lalu menurut Anda apa yang pernah Anda hadapi dan bagaimana mengatasinya?

Kendala utama adalah dibagian penjualan dan produksi. Seringkali dulu saat kami masih produksi di tempat orang. Waktu produksi terlalu lama sehingga saat permintaan naik, kami kehabisan stock dan tidak mampu memenuhi permintaan. Akhirnya kami memutuskan membeli peralatan produksi sendiri untuk mempersingkat produksi dan meningkatkan kuantitas.

Apa rencana yang akan Anda lakukan kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

Kami sedang menyiapkan produk clothing baru dengan tema yang lain untuk memperbanyak variasi produk dan memperluas pasar.

Jika boleh berbagi cerita, siapa tokoh yang menjadi motivator Anda dalam menjalankan bisnis ini?

Nabi Muhammad SAW adalah entrepreneur terbaik sepanjang masa menurut saya. Beliau menjalankan bisnisnya secara sederhana dengan tujuan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk orang lain. Maka dari itulah, saya sangat mengidolakan Beliau.

Nah, yang terakhir nih Pak. Saran apa yang dapat Bapak sampaikan kepada para enterpreneur di luar sana?

Entrepreneurship adalah sebuah perjalanan, saya sendiri mungkin masih berada di dasar lembah, masih jauh dari puncak. Tetapkan tujuan yang baik, lakukan yang terbaik, nikmati setiap prosesnya.

Wah, benar sekali itu Pak. Berbisnis memang harus jelas tujuannya dan juga harus enjoy. Terimakasih banyak Pak untuk waktunya berbagai bersama kami. Semoga Soccerlandstore bisa terus dan selalu sukses :)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *